manfaat nikah muda

Ini Lho 10 Manfaat Nikah Muda, Jangan Ditunda-tunda Lagi Ya! Lebih Cepat Lebih Baik

Salah satu manfaat nikah muda yang paling jelas adalah dapat menghindarkan dari dosa pacaran dan semisalnya. Dalam islam ada istilah Baligh sebagai tanda seseorang telah memasuki masa pubertas. Pada masa itu hormon kebutuhan biologis akan meningkat.Jika ada ketidak seimbangan dalam pribadi seseorang, bisa saja orang itu dalam memenuhi kebutuhannya melalui jalan yang tidak benar.

Misalnya seseorang yang secaraa biologis sudah membutuhkan kebutuhan seksualnya, namun dalam pribadinya ada ketidak seimbangan mental dan sikap yang belum siap untuk memikul beban dan tanggung jawabnya, maka untuk memenuhi kebutuhannya itu ia berpacaran yang jelas dilarang oleh syariat dan banyak mengandung unsur bahaya.

Maka dengan menikah di usia muda dapat menyelamatkan dari hal-hal yang tidak diinginkan dan dijauhkan dari perbuatan dosa pacaran dan semisalnya.

Berikut adalah beberapa keuntungan dan manfaat nikah di usia muda:

1. Lebih Cepat Dewasa

manfaat nikah muda
pixabay.com

Seseorang yang menikah di usia muda akan lebih cepat dewasa dibandingkan mereka yang menghabiskan masa mudanya untuk pacaran dan menunda pernikhannya. Sebab pada dasarnya seseorang yang berani mengambil keputusan menikah di usia muda telah siap dengan level kehidupan yang lebih tinggi, siap bertanggung jawab, siap memimpin, dan mantap dalam mengambil keputusan.

Mungkin untuk awal-awal memang belum cukup matang dalam perjalanan hidupnya, tapi dengan menikah di usia muda ini mereka akan belajar bersama-sama dalam membentuk kematangan satu sama lain. Justru mereka akan lebih cepat matang dalam perjalanan hidupnya dibanding orang seusianya yang masih menunda-nunda pernikahannya.

2. Menghabiskan Masa Muda dengan Pasangan

Manfaat nikah muda
pixabay.com

Sudah sewajarnya saat kita muda ingin menghabiskan masa muda dengan kebebasan, bersenang-senang dengan teman. Tapi percayalah, selain kedua hal itu seseorang juga akan merasa hampa bila masa mudanya tidak ada pasangan yang mendampingi hidupnya.

Dengan menikah di usia muda, seseorang akan merasa terpenuhi semua kebutuhannya. Ingin bersenang-senang dengan teman bisa, dengan pasangan bisa. Dan yang perlu diingat adalah, menikah itu bukan jalan untuk menutup kebebasan, tapi pembuka kebebasan.

Sebab dengan menikah jalan hidupnya diperluas, targetnya semakin bertambah, semangatnya semakin meningkat, dan hidupnya lebih tersusun dan terpola.

Yang sering disalah artikan orang itu kalau sudah menikah bebannya bertambah, tanggung jawabnya bertambah, dan tidak bisa bebas lagi. Orang yang seperti ini padahal sebelum menikah juga kehidupannya sudah seperti itu.

Oleh sebab itu, menikah muda bukan berarti kehilangan masa mudanya, justru melengkapi dan menyempurnakan masa mudanya. Karena dalam setiap waktu pasti ada kebutuhan, maka dengan mempercepat memenuhi kebutuhan bisa mencegah terjadinya penumpukan

kebutuhan yang bisa mengakibatkan penyimpangan bagi pelakunya untuk memenuhi kebutuhan yang sudah menumpuk-numpuk itu.

3. Memperoleh Dukungan dari Pasangan Dalam berkarir

Manfaat nikah muda
pixabay.com

Tidak ada lelaki hebat tanpa wanita hebat dibelakangnya yang senantiasa mendukung. Dukungan dari seorang istri akan membuat suami lebih semangat dan giat dalam merintis karir. Dan dukungan ini tidaklah bersifat sementara, bukan seperti semangatnya orang yang mendapat dukungan dari seorang pacar kemudian putus dikemudian hari semangatnya hilang.

Pengaruh psikologis sangat kuat dalam mempengaruhi cara fikir dan kerja manusia, saat sepasang pemuda menikah akan terjadi banyak sekali gejolak emosi yang melingkupinya. Jika gejolak emosi itu positiv, maka pengaruhnya pun akan sangat baik. Tapi sebaliknya jika gejolak emosi yang muncul adalah negativ, maka pengaruhnya pun akan buruk dalam kehidupannya.

4. Belajar Mengendalikan Ego

Manfaat nikah muda
pixabay.com

Di usia muda biasanya sangat rentan sekali dalam hal mengendalikan egoisme, karena kurangnya rasa empati dan kepedulian terhadap yang lain. Tapi ketika sudah menikah, mengendalikan ego adalah wajib, karena mereka hidup bersama-sama, tidak sendirian lagi, jadi sudah seharusnya dalam hal apa-apa mereka memikirkan untuk kepentingan bersama, bukan pribadi lagi.

5. Lebih Nyaman dan Aman Menikmati Masa Tua

Manfaat nikah muda
www.kompasiana.com

Orang yang menikah muda akan merasa lebih nyaman dan aman di masa tuanya, sebab ketika tua nanti anak-anaknya sudah besar dan mandiri, sudah terlepas dari tanggung jawab anak-anaknya dan terbantu dengan kemandirian anak-anaknya.

Sehingga di masa tuanya sudah bisa tenang dari berbagai urusan dan kesibukan dunia, dan bisa fokus mengkonsistenkan ibadahnya untuk bekal akhiratnya kelak.

6. Lebih Terjaga dari Gangguan Orang Lain

manfaat nikah muda
pixabay.com

Jika sudah menikah, tentunya orang lain akan lebih menghormati dan menjaga jarak terhadapnya. Karena umumnya di usia muda dalam bergaul antara lawan jenis seakan tidak ada sekat penghalang baginya. Dengan menikah muda bisa menghindarkan dari gangguan-gangguan orang lain yang berniat menggodanya.

7. Gaya Hidup Lebih Baik

manfaat nikah muda
euanlife.blogspot.com

Umumnya di usia muda gaya hidupnya cenderung digunakan untuk hura-hura, dengan bertambahnya tanggung jawab akan menumbuhkan sikap kedewasaan untuk lebih bisa mengatur kehidupannya.

Dan juga saling menjaga agar tidak lepas kendali satu sama lain, dengan adanya sesuatu yang saling berkaitan dan keterikatan inilah yang menjadikan gaya hidupnya lebih baik.

8. Lebih Puas di Ranjang. Ups

manfaat-nikah-muda
thesheaf.com

Akan ada semangat tersendiri saat menikah di usia muda. Dalam urusan tenaga dan gairah, jelaslah yang muda lebih unggul dari yang tua. Baik itu pemain bola, perenang, dan atlet-atlet yang lain, kecuali soal kematangan hidup yang tua jelas lebih unggul.

Tidak terkecuali untuk urusan di atas ranjang, di usia muda akan lebih puas daripada melakukannya saat usia sudah tua. Sebab di usia muda gairahnya akan terus meningkat dan akan menurun seiring bertambahnya usia.

9. Mengurangi Resiko saat Melahirkan

manfaat nikah muda
pixabay.com

Masalah melahirkan sudah barang tentu menjadi perhatian khusus bagi pasangan suami-istri, baik muda ataupun tua, mereka mencari jalan terbaik untuk keselamatan ibu dan bayinya.

Untuk pasangan muda akan lebih diuntungkan karena menurut dunia medis melahirkan di usia muda akan lebih aman dan mengurangi resiko saat melahirkan. Sebab dari segi kesehatan wanita muda dikatakan lebih sehat dan siap melahirkan daripada wanita usia tua.

10. Hati dan Fikiran Lebih Tenang

manfaat nikah muda
www.keluargaharmonis.net

Di usia muda sangat rentan sekali dengan adanya gangguan jiwa dan fikiran, yang penyebabnya rata-rata sama, yaitu sebagian besar penyebab kegalauan seorang pemuda adalah masalah pasangan.

Mereka berputar-putar dalam siklus patah hati. Karena yang mereka jalankan adalah sebuah permainan dan kemenangannya mengandalkan untung-untungan.

Dengan menikah muda akan menghindarkan dari hal-hal tersebut, sebab tidak ada penyebab dan alasan untuk terjadinya kekacauan jiwa. Justru sebaliknya, yang orang-orang cari dalam siklus patah hati telah didapatkan semua.

1 thought on “Ini Lho 10 Manfaat Nikah Muda, Jangan Ditunda-tunda Lagi Ya! Lebih Cepat Lebih Baik

Leave a Comment