Jeruk merupakan buah untuk ibu hamil yang mengandung banyak nutrisi

Buah untuk Ibu Hamil yang Direkomendasikan Agar Janin Sehat dan Cerdas

Buah untuk Ibu Hamil sangatlah dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar tubuh dan janin yang dikandungnya tetap sehat. Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi buah antara 2-4 sajian per hari. Dan setiap 1 sajian itu terdiri dari 1 buah berukuran sedang atau 1 mangkuk berisi buah potong.

Buah memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi seperti vitamin C, asam folat, beta karoten dan kalium yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil dan pertumbuhan janinnya.

Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk memenuhi asupan gizi dan nutrisinya melalui buah-buahan yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Dan berikut adalah buah untuk ibu hamil yang direkomendasikan:

Kurma

buah untuk ibu hamil yang bagus
balihealthdigest.com

Buah kurma adalah buah yang memiliki kandungan glukosa tinggi yaitu antara 60-70 %. Sehingga sangat bagus untuk memenuhi asupan energi harian ibu hamil.

Kurma juga bermanfaat dalam meningkatkan rangsangan syaraf sehingga sangat baik untuk meningkatkan kecrdasan otak bayi. Kurma memiliki kandungan yang sangat baik untuk ibu hamil yaitu berupa vitamin B kompleks, zat besi dan kalium.

Alpukat

alpukat adalah buah untuk ibu hamil yang bagus
hellosehat.com

Alpukat adalah buah yang memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Sehingga buah ini bagus ini untuk kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Selain itu, alpukat juga memiliki banyak kandungan vitamin C, vitamin K, vitamin B, serat dan berbagai zat mineral.

Beragam mineral itu dapat membantu untuk mengatasi gejala kram atau mual yang sering terjadi pada ibu hamil. Sedangkan untuk janin, buah ini dipercaya berguna untuk perkembangan otaknya dan sistem syaraf.

Baca Juga: Susu Ibu Hamil dengan Nutrisi yang Tepat Agar Janin Sehat

Jeruk

Jeruk merupakan buah untuk ibu hamil yang mengandung banyak nutrisi
holisticare.co.id

Buah jeruk juga baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Jeruk sendiri memiliki banyak kandungan berupa vitamin C, serat, asam folat serta asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghindari terjadinya dehidrasi pada ibu hamil.

Selain buah jeruk, lemon juga bisa menjadi pilihan yang bagus untuk ibu hamil. Sebab lemon mengandung vitamin C yang tinggi dan dapat digunakan untuk mengurangi rasa mual serta membantu melancarkan pencernaan ibu hamil.

Mangga

Mangga merupakan buah untuk ibu hamil yang kaya gizi dan nutrisi
holisticare.co.id

Mangga adalah buah yang tumbuh subur di tanah Indonesia, sehingga tidak sulit untuk mendapatkan buah ini. Buah mangga ini bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada ibu hamil. Satu mangkuk buah mangga cukup untuk memenuhi kebutuhan vit C dalam sehari.

Selain itu, buah mangga juga melimpah akan kandungan vit A yang dibutuhkan oleh tubuh agar bayi nantinya terhindar dari penurunan serta gangguan pada sistem pertahanannya.

Baca Juga: Posisi Tidur Ibu Hamil yang Baik Agar Tidur Berkualitas

Apel

Buah apel untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil dan janin
m.detik.com

Buah apel ini memiliki banyak kandungan yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil. Diantara kandungannya adalah vitamin A, vitamin C, serat dan kalium yang merupakan nutrisi penting untuk ibu hamil.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa resiko terjadinya asma dan alergi lebih rendah terjadi pada bayi yang ibunya mengkonsumsi apel secara rutin dan teratur saat hamil.

Pisang

Buah pisang untuk ibu hamil
holisticare.co.id

Pisang merupakan buah yang kaya akan kandungan kaliumnya. Buah pisang berguna sebagai pemasok energi secara instan untuk ibu hamil. Selain itu, pisang ini juga sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil yang sering mengalami mual-mual.

Kandungan lain yang terdapat pada pisang adalah vitamin C, vitamin B-6 dan serat. Pisang juga dapat dikonsumsi dengan mengkombinasikannya dengan buah lain atau dicampur dengan yogurt.

Nanas

Buah nanas untuk ibu hamil
bumil-balita.blogspot.com

Selama ini nanas dianggap sebagai buah yang tidak baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, bahkan menganggapnya sebagai buah yang berbahaya. Namun, hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa buah nanas berbahaya bagi ibu hamil.

Nanas memiliki kandungan berupa bromelain yang pada jumlah dan kadar banyak dipercaya dapat mengakibatkan pendarahan. Namun bromelain yang terkandung dalam satu sajian nanas kecil kemungkinannya bisa mengakibatkan gangguan kehamilan.

Justru, nanas memiliki banyak kandungan seperti asam folat, vitamin C, vitamin B-6, zat besi, magnesium serta berbagai nutrisi lain yang bagus untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya.

Meskipun demikian, tidak dianjurkan juga untuk mengkonsumsi nanas secara berlebihan, lebih-lebih bagi ibu hamil yang sistem pencernaannya sensisitif.

Delima

Delima adalah buah untuk ibu hamil yang kaya nutrisi
hariansehat.com

Buah untuk ibu hamil selanjutnya adalah buah delima. Buah delima memiliki kandungan yang sangat berguna bagi kesehatan ibu hamil yaitu berupa mineral, vitamin dan asam folat yang tinggi. Hal ini dapat membantu dalam merawat prenatal untuk ibu hamil sehingga resiko bayi lahir premature lebih kecil.

Selain itu, delima yang di jus juga berguna dalam melancarkan peredaran darah yang sangat baik untuk perkembangan janin. Dengan mengkonsumsi delima secara rutin dan teratur juda dapat mengurangi resiko bayi lahir dengan kekurangan berat badan.

Demianlah beberapa buah untuk ibu hamil yang baik untuk kesehatan dan kecerdasan bayi.

Leave a Comment