gambar kupu-kupu kertas. cara membuat hiasan dinding dari kertas karton atu asturo

Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kertas dengan Mudah dan Kreatif

Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kertas – Kamar dalam rumah ibarat hati dalam tubuh manusia, ia adalah tempat terbaik bagi kita untuk memulai segala hal maupun aktifitas. Di kamar pula kita kadang melampiaskan gejolak emosi kekecawaan dan kesedihan yang tak tertahankan. Oleh sebab itu, keindahan dan kemyamanan kamar sangat perlu untuk diperhatikan.

Ada banyak ide kreatif membuat hiasan dinding kamar dari kertas yang bisa kamu pakai untuk menghiasi kamarmu. Hiasan dinding dari kertas ini dianggap sebagai hiasan dinding yang paling cocok untuk menghiasi kamar karena tidak memerlukan biaya yang besar namun hasilnya memuaskan.

Sebenarnya hiasan dinding yang banyak dipakai orang bukan hanya hiasan dinding dari kertas saja, ada juga hiasan dinding yang terbuat dari sedotan dan hiasan dinding dari origami. Namun inti dari semuanya sama yaitu hiasan dinding yang mengandalkan keterampilan tangan dalam memanfaatkan barang-barang berkas.

Ada beberapa jenis kertas yang digunakan dalam pembuatan hiasan dinding ini, mulai dari kertas karton, koran, kado, asturo, dll.

Berikut adalah beberapa cara membuat hiasan dinding dari kertas:

1. Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kertas Karton

gambar kertas kartun dan gunting untuk cara membuat hiasan dinding dari kertas
Cara membuat hiasan dinding dari kertas via desainrumahideal.com

Kertas karton bisa dimanfaatkan menjadi hiasan dinding yang beraneka ragam. Tergantung pada keterampilannya masing-masing dan keinginannya membuat pola khusus. Kertas karton bisa dimanfaatkan menjadi hiasan dinding berupa bunga, kupu, hiasan 3 dimensi, dll. Kertas ini memang multifungsi.

Membuat Hiasan Dinding Bunga dari Kertas Karton

Cara membuat hiasan dinding dari kertas karton membuat bunga tempel
Cara membuat hiasan dinding dari kertas via berlinhappens.com

Kertas karton juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan hiasan dinding yang menarik. Pertama siapkanlah alat-alatnya lebih dulu berupa kertas karton (Akan lebih baik jika ada kertas karton dari bekas tisu gulungan), lem, pensil, penggaris, gunting, dan pewarna.

Kemudian potong karton menjadi lebih tipis jika itu karton bekas tisu gulung, jika bukan, potonglah menjadi sisi yang sama dengan memanfaatkan pensil dan penggaris dan buatlah pola dengan ukuran yang sama. Lalu rangkailah karton dengan lem atau double tape dan bentuklah empat potongan pola itu seperti kelopak bunga.

Setelah itu oleskan pewarna agar warnanya tampak lebih menarik. Dan pola bunga siap untuk ditempel pada bagian tembok yang kamu inginkan. Kamar pun terlihat lebih menarik dan hidup dengan hiasan bunga karton yang meramaikan dinding kamarmu.

Membuat Hiasan Dinding 3 Dimensi dari Kertas Karton

Gambar 3 dimensi. cara membuat hiasan dinding dari kertas karton hati 3 dimensi
Cara membuat hiasan dinding dari kertas via hipwee.com

Hiasan 3 dimensi bukanlah sesuatu yang tidak mungkin untuk diwujudkan pada dinding kamarmu. Sekarang kamu bisa menggunakan kertas karton yang beraneka warna untuk menghiasi ruang kamarmu agar tampak lebih atraktif. Caranya cukup mudah, tinggal gunting-potong-lipat.

Hiasan dinding 3 dimensi yang akan dibahas disini adalah hiasan dinding dengan bentuk hati 3 dimensi. Untuk pembuatan hiasan dinding 3 dimensi berbentuk hati ini, pertama buatlah pola gambar hati lebih dulu. Pastikan pada pangkal gambar hati tidak terlihat teralu lancip dan sisi sampingnya harus lebar.

Lalu jepitlah pangkal hati agar tercipta kesan menggembung. Hiasan hati 3 dimensi sudah siap untuk ditempel pada dinding kamarmu. Tempelkanlah pada dinding dengan menggunakan lem. Dan untuk menciptakan balon udara 3 dimensi, kamu dapat membuat pola dengan dua sisi sekaligus.

Membuat Hiasan dinding Polkadot dari Kertas Karton

gambar polkadot. cara membuat hiasan dinding dari kertas
Cara membuat hiasan dinding dari kertas via fellowfellow.com

Perhatikanlah hiasan dinding yang menempel pada gambar di atas. Hiasan itu berasal dari kertas karton biasa yang dibuat dengan memberi coretan spidol sehingga kertas yang menempel tampak bercorak dan menarik.

Dari situlah terlihat letak kreatifitasnya. Dengan sebuah dot (titik-titik) pada dinding, suasana ruangan lebih terkesan hidup penuh dengan titik-titik kehidupan seni. Buatlah dengan memilih warna yang bagus.

Untuk membuatnya kamu cuma perlu menyiapkan kertas karton, spidol, dan gunting. Dan silahkan berkreasi untuk menciptakan polkadot yang indah pada ruanganmu.

2. Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kertas Asturo

gambar kupu-kupu kertas. cara membuat hiasan dinding dari kertas karton atu asturo
Cara membuat hiasan dinding dari kertas via hipwee.com

Dinding yang hanya polos memang bisa membuat jenuh berdiam diri di dalam kamar. Kamu bisa membuat kamarmu menjadi lebih indah dan ceria dengan membuat hiasan dinding kupu dari kertas. Kupu-kupu yang mengisi kamarmu akan membuat kamarmu seperti berada dalam sebuah taman. Kamu pun akan lebih nyaman tinggal di dalam kamar.

Cara pembuatan hiasan ini juga cukup mudah. Siapkanlah kertas asturo dan double tape (selotip dua sisi). Disarankan pilihlah kertas yang warnanya kontras dengan warna dinding kamarmu agar hiasan tampak lebih hidup. Bentuklah kertas asturo dengan gambar pola kupu-kupu, lalu lipat pola dan pasang perekat dengan selotip pada salah satu sisinya.

Setelah itu tempel lah pola pada dinding dengan penataan yang kamu anggap tepat dan sesuai. Bentuklah pemasangan itu seindah mungkin. Dan kamarmu pun indah dengan kupu-kupu layaknya dalam sebuah taman.

3. Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kertas Kue

gambar hiasan kertas dari bekas. cara membuat hiasan dinding dari kertas bekas
Cara membuat hiasan dinding dari kertas via hipwee.com

Hiasan dinding dari keterampilan tangan memang tidak ada habisnya. Salah satu hiasan dinding yang mudah dibuat secara kreatif adalah dengan memanfaatkan kertas pada pembungkus kue atau semacamnya. Kertas-kertas ini bisa kamu manfaatkan menjadi hiasan dinding yang menarik seperti bunga atau semisalnya.

Cara membuatnya pun sangat mudah, cukup tempelkan kertas-kertas itu pada dinding yang kamu inginkan dengan menggunakan paku payung warna-warni. Tempel lah sebaik mungkin pada posisi terindah agar terlihat menarik.

Dan jika susah dalam mendapatkan paku payung warna-warni maka manfaatkan pewarna untuk mewarnai kertas agar hiasan tampak hidup dan cerah dengan warna.

4. Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kertas Bekas Majalah

gambar hiasan kipas kertas . cara membuat hiasan dinding dari kertas majalah bekas
Cara membuat hiasan dinding dari kertas via hipwee.com

Majalah bekas yang sudah tidak terpakai, daripada mengganggu kerapihan tempat dan menjadi sampah kertas, lebih baik kamu manfaatkan menjadi hiasan dinding yang menarik. Kmau bisa memanfaatkannya menjadi hiasan dinding yang berbentuk kipas.

Caranya cukup mudah, lipatlah kertas majalah menjadi bentuk kipas (seperti kamu membuat mainan kipas ketika kecil dulu). Kemudian satukanlah masing-masing kipas sampai membentuk sebuah lingkaran. Usahakan penempelan antar kipas serapat mungkin dan jangan terlalu renggang.

Kipas siap ditempel pada dinding sebagai hiasan yang indah dan menarik. Tempel lah kipas menggunakan lem. Atau jika kamu ingin memberi kesan lebih menarik dengan membuatnya saling tindih bisa menempelkannya dengan paku. Buatlah kipas dengan berbagai ukuran agar tampak lebih menarik.

5. Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kertas Kado

Gambar origami baju. cara membuat hiasan dinding dari kertas kado
Cara membuat hiasan dinding dari kertas via berlinhappens.com

Kertas kado juga bisa kamu manfaatkan untuk menghiasi dinding kamarmu. Kamu bisa memanfaatkannya menjadi sebuah origami baju untuk menghiasi dinding ruang kamarmu. Siapkanlah kertas kado persegi panjang, tali pengait, dan jepitan untuk menggantung kertas.

Cara 1

berlinhappens.com
berlinhappens.com

Lipat kertas menjadi dua bagian dan tahan agar terbentuk sebuah pola pada garis, lalu lipat dua sisi kertas itu bertumpu pada pola garis tengah bekas lipatan yang pertama. Kemudian balik (lihat foto) dan lipat dari bagian bawah keatas dengan memberi sisa pada bagian atasnya.

Cara 2

berlinhappens.com
berlinhappens.com

Setelah itu lipatlah pada bagian tengahnya dengan membentuk garis baru, lalu buatlah enggel baru pada bagian atasnya dengan membuat sudut. Sedangkan pada bagian bawahnya kamu bisa membuat pola garis baru. Setelah itu balik lagi dan buat garis baru lagi sehingga terbentuklah seperti sebuah kerah.

Cara 3

berlinhappens.com
berlinhappens.com

Cara terakhir meneruskan dari cara yang kedua tadi.

Lipat lagi kertas pada bagian samping dan tekuk pada bagian atasnya supaya terbentuk sebuah lengan tangan. Origami baju dari kertas kado pun sudah jadi dan siap untuk menghiasi dinding ruang kamarmu. Gantunglah baju origami dengan jepitan pada tali pengait. Ruang kamarmu pun akan tampak lebih menarik dari sebelumnya.

1 thought on “Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kertas dengan Mudah dan Kreatif

Leave a Comment