Gambar Bunglon salah satu contoh hewan Ovovivipar

Beberapa Contoh Hewan Ovovivipar Lengkap dengan Penjelasannya

Contoh Hewan Ovovivipar – Hewan Ovovivipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak, embrionya berkembang di dalam telur, dan telurnya tetap berada di dalam tubuh induknya sampai telur itu menetas. Setelah telur itu menetas, muncul lah individu baru yang keluar dari tubuh induknya.

Ciri khas dari hewan ovovivipar adalah embrionya berkembang biak dan tumbuh di dalam telur, dan setelah cukup umur telur tersebut akan menetaskan anak hewan yang keluar dari tubuh induknya. Embrio itu mendapatkan cadangan makanannya dari dalam telur yang ia tempati, jadi bukan dari tubuh induknya.

Tidak ada ciri-ciri khusus pada hewan ovovivipar. Bahkan beberapa contoh hewan ovovivipar banyak ditemukan secara acak dan tidak memiliki karakter tertentu.

Beberapa Contoh Hewan Ovovivipar

Hewan Ovovivipar Ikan hiu

Gambar hiu contoh hewan ovovivipar yang ada di laut.
Contoh hewan ovovivipar via disinisaja.com

Ikan hiu termasuk dalam contoh hewan ovovivipar yang hidup dalam ekosistem perairan. Perkembang biakan yang dilakukan Hiu adalah dengan menyimpan telur hasil pembuahannya di dalam tubuh. Setelah telur tersebut menetas kemudian Hiu akan melahirkannya jika pertumbuhan embrio sudah mencapai titik maksimal. Embrio Hiu tidaklah memiliki ari-ari, sehingga embrio Hiu tumbuh dengan cadangan makanan dari dalam telurnya.

Hewan Ovovivipar Ikan pari

Gambar ikan pari dari contoh hewan ovovivipar yang ada di laut.
Contoh hewan Ovovivipar via rudiyantoblog.blogspot.co.id

Contoh hewan ovovivipar selanjutnya adalah ikan pari yang masih dari ekosistem perairan. Ikan pari adalah hewan ovovivipar yang cara perkembang biakannya dengan cara bertelur, namun telur itu tidak dikeluarkan selagi belum menetas.

Embrio ikan pari tersebut tumbuh dan berkembang dengan menyerap kandungan nutrisi yang ada di dalam kuning telur. Induk betina ikan pari baru akan mengeluarkan anakannya apabila pertumbuhan embrionya telah mencapai titik maksimal. Dalam sekali hamil, ikan pari bisa mengandung antara 5-13 anakan.

Hewan Ovovivipar Kadal

Gambar kadal salah satu contoh hewan ovovivipar.
Contoh hewan Ovovivipar via pixabay.com

Secara umum, sebenarnya kadal berkembang biak dengan bertelur (ovipar). Namun, ada diantara beberapa jenis kadal di dunia yang tergolong sebagai hewan ovovivipar. Kadal jenis ovovivipar menyimpan telurnya di dalam tubuhnya.

Telur yang ada di dalam tubuhnya tumbuh dan berkembang dengan memanfaatkan kuning telur atau yolk sebagai nutrisi untuk tumbuh kembangannya. Setelah embrio tumbuh dengan sempurna sebagai individu baru induk kadal akan melahirkannya.

Hewan Ovovivipar Bunglon

Gambar Bunglon salah satu contoh hewan Ovovivipar
Contoh hewan Ovovivipar via singularination.blogspot.co.id

Seperti halnya kadal, perkembang biakkan bunglon umumnya juga dengan cara bertelur. Namun ada beberapa jenis diantara bunglon di dunia yang perkembang biakkannya dengan cara menyimpan telurnya di dalam tubuh induknya. Induk itu akan melahirkan bayi bunglonnya setelah telur yang dikandungnya menetas di kemudian hari.

Hewan Ovovivipar Platyipus

Gambar Platypus contoh hewan ovovivipar.
Contoh hewan Ovovivipar via kids.nationalgeographic.com

Platypus sebenarnya berkembang biak dengan cara bertelur seperti haknya kelas aves yang lain. Namun nehnya, hewan ini memiliki kelenjar susu serta memiliki kebiasaan menyusui bayi-bayinya yang telah menetas seperti layaknya mamalia.

Dengan ketidaklaziman ini membuat para ahli biologi menyebutnya sebagai hewan peralihan dari evolusi yang sedang berlangsung dari kelas burung ke kelas mamalia. Platypus adalah hewan endemik yang berasal dari Australia.

Hewan Ovovivipar Kuda laut

Gambar kuda laut contoh hewan ovovivipar dari laut.
Contoh hewan Ovovivipar via pixabay.com

Kuda laut adalah hewan ovovivipar laut yang memiliki kebiasaan serta fisiologis tubuh yang sangat tidak lazim jika dibandingkan dengan jenis-jenis hewan lainnya. Umumnya, kebiasaan hamil dan melahirkan terjadi pada betina, namun pada kuda laut kebiasaan tersebut justru terjadi pada jantan.

Kuda laut jantan memiliki kantung pengeraman yang berguna sebagai tempat menyimpan dan mengerami sel telur di tubuhnya. Perkawinan akan terjadi jika betina matang gonad menyemprotkan sel telurnya ke kantong tersebut. Kuda laut jantan kemudian membuahi sel telur yang ada di dalam tubuhnya sehingga ovulasi pun terjadi.

Telur tersebut kemudian diproduksi dan berkembang dengan memanfaatkan nutrisi yang ada dalam cangkang sampai tumbuh besar dan terlahir dari kantung pengeraman tersebut.

Hewan Ovovivipar Iguana

Gambar Iguana contoh hewan Ovovivipar
Contoh hewan Ovivipar via animals.nationalgeographic.com

Iguana adalah hewan ovovivipar sejenis kadal yang hidup di daerah yang beriklim tropis di Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Karibia. Iguana pertama kali disebutkan oleh seorang naturalis yang berkebangsaan Austria Josephus Nicolaus Laurenti pada tahun 1768. Dari kadal ini ada dua spesies yang berbeda, yaitu iguana hijau dan iguana Antilles Kecil.

Kedua spesies kadal tersebut mempunyai lipatan kulit yang berada di bawah rahang, sekumpulan kulit mengeras yang berderet di atas punggungnya hingga ekor, serta mata ketiga yang ada di kepalanya. Mata itu disebut sebagai mata parietal yang mirip seperti tonggak di atas kepalanya.

Selain itu, di belakang leher Iguana terdapat sisik kecil seperti paku panjang, dan disebut sebagai tuberculate scale. di pipi Iguana juga terdapat sisik besar yang disebut sebagai selubung subtimpani.

Hewan Ovovivipar Ular Boa

Gambar ular boa contoh hewan ovovivipar
Contoh hewan Ovovivipar via pixabay.com

Hewan reptil yang memiliki ukuran cukup besar ini adalah hewan yang cara perkembang biakannya dengan cara bertelur melahirkan. Ular Boa hidup di malam hari secara soliter dan biasanya akan menjadi berbeda disaat musim kawin datang.

Hewan ini mampu hidup antara 20 – 25 tahun, namun baru siap kawin setelah ular boa berumur 2 sampai 3 tahun. Anak boa yang baru lahir memiliki panjang tubuh antara 50 sampai 60 cm, sedangkan ular boa dewasa mampu tumbuh antara 13-18 meter.

Dalam perkembang biakannya, ular boa tidak seperti layaknya ular lain, perkembang biakkan ular boa adalah dengan cara melahirkan dan bukan bertelur, hal ini terjadi karena telurnya menetas di dalam tubuh boa. Dalam sekali melahirkan Boa betina mampu melahirkan 10-40 anak.

Baca juga Contoh Hewan Omnivora

2 thoughts on “Beberapa Contoh Hewan Ovovivipar Lengkap dengan Penjelasannya

Leave a Comment