Contoh Surat Lamaran Kerja Umum untuk Berbagai Macam Jenis Profesi

Contoh Surat Lamaran Kerja umum untuk bermacam jenis profesi. Selain contoh surat lamaran kerja umum dibawah akan saya terangkan lebih dulu mengenai tips-tips cara membuat surat lamaran kerja yang benar dan dapat diterima dengan baik oleh HRD. Surat lamaran kerja ini ada bermacam-macam, ada surat lamaran kerja bahasa Inggris, tulis tangan dll.

Dalam pembuatan surat lamaran kerja tidaklah sembarangan, ada tatacara tersendiri agar maksud dari surat yang dibuat tersampaikan dengan baik. oleh karena itu, dalam membuat surat lamaran kerja perlu meneliti format serta kaidahnya seperti dibawah ini:

1. Gunakan Bahasa yang Benar
Pakailah bahasa baku dengan benar serta sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia (Standar EYD), sebab hal itu akan lebih mudah diterima dan disukai oleh HRD. Dan jangan gunakan bahasa gaul seperti ketika anda berkomunikasi dengan seorang teman.

2. Memakai Kalimat yang Sopan
Penggunaan kalimat yang santun serta tidak menonjolkan diri akan lebih mudah diterima oleh HRD. Sedangkan kelebihan yang dimiliki hanya diberitahukan sekedar sebagai informasisaja, bukan sebagai bentuk pamer.

3. Surat Ditulis Secara Manual Lebih Baik
Apabila dari perusahaan tidak menentukan penulisan surat secara khusus, maka menulis secara manual adalah lebih bagus. Bahkan ada diantara beberapa perusahaan yang mewajibkan calon pekerjanya untuk membuat surat lamarannya secara manual tulis tangan. Karena hal tersebut juga sekaligus menjadi penialaian terhadap pribadinya.

4. Lengkapi Syarat-syarat yang Dibutuhkan
Persiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan seperti CV, fotocopy ijazah, fotocopy transkip nilai, fotocopy sertifikat (opsional), dan pas foto terbaru.

5. Lampirkan Surat Pendukung Lainnya
Tambahkan lampiran sertifikat penghargaan lainnya jika ada sebagai tambahan nilai. Tambahan sertifikat dari kursus, pelatihan, atau penghargaan itu akan berguna untuk menambah nilai.

Sementara inti dari isi surat lamaran kerja terbagi menjadi tiga bagian , yaitu:
Pembukaan, pada bagian pembuka ini berisi mengenai sumber informasi lowongan pekerjaan yang didapat dari calon pegawai serta bagian apa yang ingin ditempati oleh calon pekerja tersebut.

Yang kedua adalah inti, pada bagian inti ini calon karyawan/pegawai menjelaskan bahwa dirinya telah memenuhi kriteria yang dicari oleh perusahaan, selain itu juga memberi keterangan tentang data diri dan menjelaskan keahlian yang dimiliki.

Dan yang terakhir adalah penutup, pada bagian penutup ini berisi tentang harapan dari calon karyawan/pegawai dan ucapan terimakasih.

Semua yang telah disebutkan diatas adalah hal terpenting dalam pembuatan surat lamaran kerja. Sebenarnya ada banyak macam dari surat lamaran kerja, diantaranya adalah surat lamaran kerja via email, surat lamaran kerja tulis tangan, surat lamaran kerja bahasa Inggris, dan surat lamaran kerja dari berbagai jenis profesi. Namun yang akan saya bahas disini adalah surat lamaran kerja umum.

Berikut adalah contoh surat lamaran kerja umum untuk semua jenis profesi:


Contoh Surat Lamaran Kerja Umum


Hal : Lamaran Kerja

Kepada Yth:
Kepala Bagian Personalia / HRD
PT. Modern Jaya
Jl. Raya No. 09
Semarang
Dengan hormat,

Bpk. Sofyan Aryanto, bahwa salah seorang dari asisten editor PT. Modern Jaya telah menginformasikan kepada saya akan adanya perencanaan mengenai pengembangan Departemen Finansial di PT. Modern Jaya.

Sehubungan dengan hal itu, perkenankan saya untuk mengajukan diri melamar kerja bergabung dalam perencanaan pengembangan PT. Sido Makmur tersebut.

Adapun tentang data diri saya adalah sebagai berikut:

Nama: M. Tohir
Tempat dan tanggal lahir: Kendal, 29 September 1994
Pendidikan Akhir: Sarjana Ekonomi Universitas Negeri Semarang
Alamat: Perum Pondok Asri, Blok X No.8, Pegandon, Kendal
Telepon / HP: 0294 – 7654321 / 081 123 432 345
e-mail: tohir.tohir@gmail.com
Status Perkawinan: Belum Menikah

Saya memiliki pengalaman kerja di PT. Sinar Terang Kendal sebagai akuntansi, dengan fokus kerja di bidang finansial.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

  1. Foto copy ijazah S-1.
  2. Daftar Riwayat Hidup/CV.
  3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
  4. Pas foto terbaru.

Harapan saya sangat besar untuk bisa wawancara menjelaskan diri saya lebih dalam lagi sebagai jembatan untuk bisa bergabung dengan PT. Modern Jaya. Seperti yang telah tercantum dalam daftar riwayat hidup, saya memiliki keahlian, pengalaman dan latar belakang pendidikan yang cukup bagus serta seorang pekerja keras.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya

M. Tohir


Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan


gambar contoh surat lamaran kerja umum tulis tangan
Contoh Surat Lamaran Kerja Umum via 2.bp.blogspot.com

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Umum Tulis Tangan:

  • Bahasa penulisan sesuai dengan EYD. Bentuk kalimat menggunakan bahasa baku, bentuk kalimat baku akan lebih diterima dan disukai oleh HRD. Isi surat menarik, simpel dan berisi, jangan terlalu bertele-tele dalam menyampaikan maksud.
  • Bolpen yang digunakan adalah bolpen dengan tinta warna hitam atau biru, tulis dengan rapi jangan sampai ada coret-coretan.
  • Penulisan data diri tertib dan runtut, dalam artian dahulukan data sesuai dengan tahunnya, misalnya penulisan dalam hal pendidikan, penulisan dimulai dari SD sampai jenjang pendidikan terakhir.
  • Jika memiliki pendidikan non formal, sertakan juga dibawah pendidikan formal.
  • Jika memiliki pengalaman kerja sertakan juga dengan menyebutkan nama perusahaan yang pernah ditempati serta menempati posisi bagian apa.
  • Semua tulisan adalah jujur sesuai kenyataan bukan rekayasa.

Leave a Comment