Daftar Riwayat Hidup / Curiculum Vitae (CV) Agar Diterima

Daftar riwayat hidup (CV: Curiculum Vitae) adalah suatu dokumen yang menggambarkan tentang data diri seseorang berupa pengalaman atau kualifikasi lainnya. Dalam sejumlah negara, daftar riwayat hidup adalah hal utama yang digunakan seorang HRD (Human Resource Development) untuk mencari tenaga kerja yang potensial.

Dengan begitu, daftar riwayat hidup juga bisa dikatakan sebagai suatu alat penyaring pelamar pekerjaan yang kemudian dilanjutkan dengan sesi wawancara. Isi dari daftar riwayat hidup itu sendiri berupa data diri, jenjang pendidikan, pengalaman serta keahlian seseorang.

Tips Penulisan Daftar Riwayat Hidup yang Baik

Gambar daftar riwayat hidup tulis tangan
Ilustrasi penulisan daftar riwayat hidup via Catatan Andreas Senjaya

Lebih Baik Ditulis Secara Manual dengan Tangan

Ada sejumlah study kasus yang mengatakan bahwa banyak diantara perusahaan serta perhotelan di Indonesia yang lebih menyukai surat lamaran dari calon pekerjanya yang ditulis secara manual, kecenderungan ini dikarenakan surat lamaran yang ditulis secara manual dengan tangan juga sekaligus menjadi penilaian terhadap kepribadian dari pelamar. Tapi tak ada salahnya pula mengirimkan CV/ Surat lamaran dari hasil cetak komputer.

Tulis dengan Rapi

Jika penulisan CV ditulis secara manual tulislah dengan rapi, jangan ada coret-coretan, dan gunakanlah bolpen dengan tinta warna hitam atau biru.

Data Diri dan Kontak Pribadi Ditulis Secara Detail

Informasi yang berhubungan dengan data dan kontak pribadi ditulis secara lengkap dan detail, penulisan kontak yang jelas akan memudahkan pihak perusahaan dalam menghubungi kita jika nantinya lolos seleksi.

Diawali dengan Paragraf Pembuka yang Menarik

Perekrut dari sebuah perusahaan pastinya tidak hanya menerima surat lamaran dari anda. Dan biasanya, perekrut tidak membaca surat lamaran satu persatu secara detail dan saksama. Mereka biasanya hanya membaca surat secara sekilas saja pada bagian intinya, dan tentunya yang mereka baca pertama kali adalah paragraf pembuka lebih dulu.

Oleh karenanya, buatlah pembukaan pada paragraf pertama dengan sangat menarik hingga membuat HRD tertarik untuk membaca surat secara keseluruhan.

Cantumkan Pengalaman Kerja, Keahlian, Kelebihan Serta Kelemahan yang Dimiliki

Informasikan kepada pihak perusahaan bahwa anda benar-benar layak diterima diperusahaan tersebut dengan keahlian yang anda miliki. Tentunya dengan bahasa yang lugas, tidak bertele-tele, tidak menyombongkan atau mengunggulkan diri sendiri. Dalam mempromosikan kelebihan diri dibuat hanya sebatas informasi saja.

Akhiri dengan Penutupan yang Baik

Setelah semuanya tertulis dengan rapi, akhiri CV/surat lamaran dengan paragraf secara singkat namun berisi. Pada bagian penutup ini biasanya berisi tentang harapan untuk bisa bergabung dengan perusahaan sesuai dengan posisi yang diinginkan.

Berikut adalah contoh daftar riwayat hidup:


Daftar Riwayat Hidup/CV


Daftar Riwayat Hidup

Data Pribadi:

Nama: Zahrul Ihsan
Tempat dan tanggal lahir: Kendal, 1 Januari 1992
Alamat: Bulugede Rt/w 06/02 Pegandon, Kendal
Jenis Kelamin: Laki-laki
Agama: Islam
Status Perkawinan: Menikah
Telepone: 081 901 234 567
Email: zahrul.khan@gmail.com

PENDIDIKAN FORMAL:

1997 – 2003: SD N 01 Semarang
2003 – 2006: SMP N 02 Kendal
2006 – 2009: SMK Al Musyaffa’ Kendal
2009 – 20013: Fak. Ushuluddin UIN, Semarang

PENDIDIKAN NON FORMAL:

2013 – 2014: Kursus Bahasa Arab di Pare, Kediri
2014 – 2015: Kursus Komputer di Semarang

PENGALAMAN KERJA:

  • 2015 – 2016 : Saya bekerja sebagai guru pengajar di SMK Al Musyaffa’ Kendal

Demikianlah yang dapat saya sampaikan, daftar riwayat hidup ini saya buat dengan semestinya sebagai bahan informasi untuk pertimbangan Bapak/Ibu. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih banyak.

 

Semarang, 02 Desember

Zahrul Ihsan


Contoh Daftar Riwayat Hidup Kreatif

Gambar Contoh daftar riwayat hidup dalam cv kreatif
Daftar riwayat hidup kreatif via mashable.com
Gambar contoh cv kreatif
Daftar riwayat hidup kreatif via mashable.com

Hal Penting Dalam Pembuatan Daftar Riwayat Hidup/CV Kreatif

1. Riset Perusahaan yang Dituju

Sebelum membuat daftar riwayat hidup/CV kreatif, alangkah baiknya lebih dulu mencari tahu tentang perusahaan yang akan dituju apakah menerima CV kreatif atau tidak. Sebab ada perusahaan yang dalam perekrutan pekerjanya dengan menggunakan konsep CV kreatif, namun ada juga yang tidak.

Perusahaan yang biasanya menuntut konsep CV kreatif adalah perusahaan dalam bidang pelayanan masyarakat atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sedangkan perusahaan seperti perbankan atau asuransi biasanya tidak calon pekerjanya mengirimkan CV-nya terlalu kreatif.

2. Menggunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Dalam membuat konsep CV yang baik dan kreatif tidak kemudian melupakan hal-hal pokoknya. Meskipun CV didesain dengan konsep kreatif tetap harus memperhatikan tata bahasa yang digunakan, ukuran dan jenis huruf yang digunakan. Semuanya harus jelas, jangan sampai maksud utama dari CV tertutup dengan konsep kreatifitas yang dibuat. Keduanya harus berjalan seimbang.

3. Koreksikan CV ke Orang Lain

Cobalah untuk menunjukkan CV yang sudah jadi ke orang lain, dengan menunjukkan CV ke orang lain akan berguna untuk mengoreksi kesalahan yang tidak kita ketahui. Dengan begitu kesalahan yang ada dapat dibenahi sebelum CV tersebut dikirimkan ke perusahaan yang dituju.

Kesalahan yang Sering Terjadi:

  • Menggunakan font yang tidak nyaman untuk dibaca, ukuran serta jenis font tidak sesuai dengan konsep desain CV. Gunakanlah font yang umum digunakan seperti Arial/Calibri dengan ukuran font 11.
  •  Warna yang terlalu tajam dan mencolok, warna yang terlalu tajam atau mencolok dapat membuat pembaca sungkan serta lelah untuk merampungkan bacaannya sebab tidak nyaman dimata.
  • Layout terlalu penuh dan ramai, sehingga dapat berakibat tidak terbacanya informasi penting. Oleh sebab itu sederhanakanlah layout sehingga informasi penting dapat disuguhkan tanpa terlewatkan.
  • Typo, salah satu dampak tidak menunjukkan lebih dulu CV kreatif kepada orang lain adalah tulisan yang typo tidak bisa diperbaiki karena telah sampai dulu ke perusahaan.
  • Membuat CV kreatif dengan menggunakan mesin otomatis, tidak salah memang, namun daya kreatif diri sendiri tidak bisa ditampilkan. Dan untuk desainer hal ini tidak boleh dilakukan, sebab membuat CV-nya sendiri sudah menjadi bagian dari seleksi tahap awalnya.

Daftar Riwayat Hidup Bahasa Inggris


Curriculum Vitae

PERSONAL INFORMATION:

1. Name: Yusuf Anca
2. Place, Date Of Birth: Magetan, 17 April 1992
3. Address: Dupak Rt 4/2 , Magetan
4. Gender: Male
5. Religion: Islam
6. Marital Status: Single
7. Telephone: 0812 8844 xxxx
8. Email: yusuf.17@gmail.com

EDUCATION:

1. 1997 – 2003: SDN 01 Kawedanan, Magetan
2. 2003 – 2006: SMP Kawedanan, Magetan
2006 – 2009: SMK Kawedanan, Magetan
2009 – 20013: Fak. Farmasi Universitas Islam Negeri, Malang

WORK EXPERIENCE:

  • 2015-2016                            : Apoteker at Apotek Puri Indah, Malang.

PERSONALITY:

Good attitude, kind, honest, communicative, discipline, tolerant, target oriented, and be responsible.

 

Magetan, 23 Januari 2017

Yusuf Anca

1 thought on “Daftar Riwayat Hidup / Curiculum Vitae (CV) Agar Diterima

Leave a Comment