Fiqih Wanita Lengkap, Wanita Muslimah Wajib Mempelajarinya

Fiqih Wanita – Dalam menjalankan kewajiban ibadah kepada Allah ada syarat, rukun serta kewajiban tertentu yang harus dipenuhi oleh seorang muslim.

Dalam hal ini, tata cara yang ditempuh wanita dan laki-laki berbeda dalam memenuhi hal tersebut. Dan secara umum, praktek ibadah yang dilakukan wanita lebih rumit daripada praktek ibadah yang dilakukan laki-laki.

Karena keadaan inilah, seorang wanita dituntut lebih giat lagi dalam mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan praktek ibadahnya, agar kesempurnaan amal ibadahnya dapat tercapai.

Imam Ibnu Al Jauzi berkata: Wanita adalah seseorang yang diberi beban syariat sama seperti laki-laki. Para wanita diwajibkan menuntut ilmu yang harus ia ketahui (yang menyangkut urusan ibadahnya) agar merasa yaqin dalam beribadah.

Berikut adalah daftar buku tentang fiqih wanita yang bisa menjadi bahan belajar, rujukan ataupun referensi mengenai permasalahan kewanitaan Anda:

Buku Fiqih Wanita Syaikh Kamil Muhammad Uwaidah

Gambar buku fiqih wanita edisi lengkap
Fiqih Wanita Edisi Lengkap

Judul Buku : Fiqih Wanita Edisi Lengkap

Penulis        : Syaikh Kamil Muhammad Uwaidah

Tebal Hal   : 734 hal/ 15,5 x 24 cm

Penerbit     : Pustaka Al Kautsar

Harga         : Rp 110.000 (Hub WA 0812 1624 3458)

Menyelami dunia wanita memang memiliki keunikan dan kekhususan tersendiri yang tidak terdapat pada selainnya. Airnya jernih menawan, namun saat diselami seakan tidak tergapai.

Namun ada juga sisi-sisi yang kelam, yang mana bila tidak berhati-hati dalam menghadapinya akan terperosok dan terjatuh kedalam jurang yang gelap gulita.

Oleh sebab itulah, kajian mengenai fiqih wanita ini terus mengalir, namun kebanyakan dari kajian tersebut tidak ada yang membahasnya secara lengkap karena begitu luasnya dunia wanita ini.

Dalam buku ini akan dikupas tuntas permasalahan fiqih wanita secara lengkap. Buku ini memiliki judul asli AL JAMII’ FII FIQH AN NISAA’, yang ditulis oleh Syaikh Kamil Muhammad Uwaidah.

Diantara yang akan dibahas dalam buku ini adalah bab Thaharoh, ibadah sehari-hari, haid & nifas, nikah & talaq, wasiat, faraid dan mengenai keseharian wanita yang sesuai dengan Al qur’an dan As sunnah.

Buku Fiqih Wanita Abu Malik Kamal bin As Sayid Salim

gambar buku fiqih wanita
fiqih wanita

Judul Buku : Fiqih Sunnah Wanita

Penulis        : Abu Malik Kamal bin As Sayid Salim

Tebal Hal   : 672 hal/ 15,5 x 24,5 cm

Penerbit     : Griya Ilmu

Harga         : Rp 110.000 (Hub WA 0812 1624 3458)

Tidak diragukan bahwa dalam melaksanakan ibadah kepada Allah tentu memiliki syarat, rukun dan kewajiban yang harus dipenuhi demi mencapai kesempurnaan ibadah tersebut.

Dan satu-satunya jalan yang harus ditempuh adalah dengan mempelajari langsung dari sumbernya. Oleh sebab itulah, meuntut ilmu itu diwajibkan kepada semua kaum Muslimin dan Muslimat.

Bahkan Imam Ibnul Jauzi berkata, Wanita itu diberi beban syariat yang sama dengan laki-laki. Para wanita diwajibkan untuk menuntut ilmu yang harus mereka ketahui supaya mereka yakin dalam mengamalkan ibadahnya.

Para Shahabiyah wanita di zaman Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam mendatangi majlis-majlis ilmu. Mereka banyak mengajukan pertanyaan yang hampir tidak mungkin diajukan oleh para wanita zaman sekarang karena malu.

Sampai-sampai Aisyah Radiallahu anha memuji para Shahabiyah ini dengan mengatakan, Sebaik-baik wanita adalah wanita Anshar, rasa malu tidak pernah menghalangi mereka untuk belajar dan memahami agama. (Shahih Muslim)

Buku “Fiqih Sunnah Wanita” yang ada di hadapan Anda ini, adalah sebuah usaha dari penulis yang insya Allah penuh dengan keberkahan dalam menempuh jalan para Salafush Shalih.

Dalam buku ini, penulis mencoba mengumpulkan berbagai macam pengetahuan agama yang sangat penting dan harus diketahui oleh wanita Muslimah.

Penulis menerapkan metode penulisan yang baik dalam menyajikan istilah-istilah yang mudah difahami, urutan serta runtutan yang baik dan keshahihan sebuah dalil.

Selain itu, beliau juga selalu merujuk pemahamannya kepada pendapat ulama Salafus Shalih. Penulis juga tidak berpanjang lebar dalam membahas sesuatu agar pembaca tidak bosan.

Dan juga tidak terlalu ringkas, yang bisa menyebabkan melewatkan poin-poin pentingnya. Jadi, buku ini sangat patut dijadikan sebagai pegangan wanita Muslimah dalam mengamalkan segenap ibadah kepada Allah Taala.

Leave a Comment