Gunung Tertinggi di Indonesia yang Memiliki Pesona Alam Luar Biasa

Gunung tertinggi di indonesia ~ Negara Indonesia adalah negara kepulauan dimana memiliki ribuan pulau yang tersebar dari sabang sampai merauke.

Jika kita tau setidaknya Negara Indonesia memiliki 6 pulau besar antara lain Jawa, Klimantan, Sumatra, NTT, Sulawesi, NTB dan Bali. Diantara semua pulau tersebut masing masing mempunyai sederetan gunung tertinggi yang hingga saat ini masih aktif dan tidak aktif.

Di artikel ini kita akan sama-sama mengetahui informasi dan belajar gunung tertinggi yang ada di indonesia.

Gunung Tertinggi di Indonesia

gunung tertinggi di indonesia

anekatop10.com

Apabila kita berbicara mengenai gunung, kurang rasanya apabila kita tidak membahas secara detail mengenai gunung tersebut, oleh karena itu saya disini bertujuan untuk membuat daftar gunung yang berada di negara indonesia lengkap beserta informasi letaknya.

Gunung Tertinggi di Papua

Kota yang terletak di Indonesia sebelah timur ini memiliki sejuta kekayaan alam yang luar biasa. Keindahan parawisata disana sudah tak diragukan lagi mulai dari pulau hingga gunung yang menjulang tinggi. Tak banyak orang yang tau bahwa di papua terdapat gunung-gunung yang terkenal hingga ke luar negeri. Berikut ini daftar gunung tertinggi di Papua.

Gunung Puncak Carstenz Pyramid(4,884 m.dpl)

Carstenz Pyramid atau Puncak jaya wijaya adalah gunung tertinggi yang terletak di negara indonesia, karena saking tingginya hingga terbentuk salju di puncak gunungnya yang terkenal sebagai salju abadi di khatulistiwa.

Puncak jaya mempunyai ketinggian kira-kira 4,884 m.dpl dimana artinya gunung ini memiliki ketinggian 4.884 meter diatas permukaan laut, sudah bisa membayangkan betapa tingginya gunung ini.

Akan tetapi ada sebuah kabar dimana es yang terletak di puncak jaya wijaya saat ini mulai mengalami pencairan akibat pemanasan global ini dimana membuat ketinggian gunung semakin hari semakin menurun.

Keindahan alam puncak jaya tak hanya terkenal di negara indonesia saja, namun keindahan ini terkenal hingga ke dunia internasional, puncak jaya juga dikenal sebagai Seven Summit (puncak benua) yang sangat terkenal.

Dikarenakan sudah terkenal dimana-mana, gungung ini menjadi objek pendakian dari berbagai negara.

Jan Carstenz menemukan gunung ini ketika saat itu ia melihat sebuah gunung bersalju yang berada di puncaknya, padahal indonesia merupakan daerah tropis, ia melihat kejadian tersebut melalui kapal laut dan pada akhirnya gunung itu pun diberi nama Cartenz atau puncak jaya wijaya.

Gunung Puncak Trikora(4,730 m.dpl)

Puncak trikora ini adalah gunung paling tinggi di indonesia yang ke 2, dimana berada dikawasan yang merupakan zona inti Taman Nasional Lorentz yang lebih sering dikenal sebagai 1 dari 3 daerah didunia yang mempunyai glester di daerah tropis.

Gunung Derabaro (4,150 m.dpl)

Gunung Mandala (4,640 m.dpl)

Gunung Yamin (4,595 m.dpl)

Gunung Puncak Idenberg (4,643 m.dpl)

Gunung Tertinggi di Jawa

Pulau jawa mempunyai banyak sekali gunung baik yang berapi akan tetapi sudah tidak aktif atau berapi dan masih aktif. Terlihat menakjubkan bahwa pulau jawa dikelilingi banyak sekali gunung berapi, akan tetapi itu semua semakin menambah keindahan alam jawa. Mungkin anda bertanya-tanya gunung apa saja yang tertinggi di pulau saja? Berikut ini adalah daftarnya

Gunung Semeru (3.676m)

Banyak sekali para pendaki baru ataupun profesional yang berada di lokal maupun di daerah lain seperti misalkan dari kota purwokerto yang ingin mencoba mendaki di gunung semeru. Karena memang gunung ini memiliki daya tarik sendiri yang membuat orang ingin mendaki.

Setiap tahunnya gunung semeru tak pernah sepi dari kunjungan pada pendaki yang berasal dari seluruh pelosok indonesia. Akan tetapi yang sangat disayangkan dari para pendaki ini yakni banyak sekali yang nekat mendaki hingga kepuncak gunung tanpa memperhatikan keselamatan mereka sendiri.

Tentunya anda sering melihat sebuah berita di TV ataupun dari media lain mengenai berita hilangnya pendaki di gunung semeru bahkan ada yang sampai meninggal.

Walau demikian gunung semeru tetap saja memiliki daya tarik untuk dikunjungi,sebelum mendaki gunung ini sebaiknya para pendaki melakukan persiapan sebelum mendaki dan dianjurkan mendaki bersama orang yang pernah mendaki gunung tersebut sebelumnya.

Gunung Merbabu (3.145 mdpl)

Gunung Sumbing (3.371 mdpl)

Gunung Lawu (3.265 mdpl)

Gunung Raung (3.344 mdpl)

Gunung Slamet (3.428 mdpl)

Gunung Pangrango (3.019 m) di puncak,Gunung tertinggi ke 2 di Jawa barat

Gunung Tertinggi di NTB

Nusa tenggara barat adalah sebuah pulau yang berada di bagian timur negara indonesia, pulau yang terletak tidak begitu jauh dengan kota bali ini mempunyai keindahan alam yang juga luar biasa, mulai dari gunung, pantai, sungai dan hutannya menyimpan sejuta keindahan alam yang patut diapresiasi.

Salah satunya yakni gunung yang termasuk salah satu wisata alam favorite di Nusa tenggara barat, berikut ini beberapa gunung yang ada di Nusa tenggara barat yang wajib kamu kunjungi.

Gunung Rinjani (3.726 m)

Gunung rinjani termasuk gunung yang memiliki ketinggian kira-kira 3.726 mdpl, gunung rinjani ini berada di lombok Nusa tenggara barat.

Banyak sekali para pendaki lokal maupun dari berbagai wilayah di indonesia yang ikut ingin mencoba sensasi mendaki gunung rinjani. Teman-teman saya dari komunitas internet marketing juga banyak sekali yang ingin berkunjung kesana.

Bahkan saking luar menakjubkannya gunung rinjanji sampai-sampai para pendaki dari luar negeri ingin ikut mencoba menaklukan gunung ini.

Apabila anda ingin mendaki gunung rinjani sebaiknya ajak teman-teman anda yang sebelumnya sudah pernah mendaki gunung ini sebagai pemandu wisata. Banyak sekali jalur pendakian yang bisa anda lewati ketika ingin sampai ke puncak antara lain:

Jalur pendakian Sembalun

Jalur pendakian Senaru

Jalur pendakian Timba Nuh

Jalur pendakian Torean

Dari berbagai pilihan jalur pendakian yang sudah disebutkan di atas biasanya yang menjadi pilihan para pendaki yakni jalur pendakian Sembaluh yang dimana jalur pendakian ini cukup mudah dilewati dibanding jalur lainnya.

Gunung Sanggar (3.564 mdpl)

Gunung sanggar berada di Nusa tenggara barat, berada di sebuah kawasan yang sama dengan gunung rinjani yang dimana gunung ini merupakan puncak tertinggi di nusa tenggara barat. Gunung sanggar ini seolah-olah tenggelam ditelan ketenaran gunung rinjani.

Gunung yang mempunyai ketinggian kurang lebih 3.492 mdpl dimana gunung sanggat masuk kedalam list gunung tertinggi di indonesi. Selain itu keindahan alam gunung ini pun sangat luar biasa, banyak sekali para pendaki yang berfoto diatas awan yang membuat banyak orang iri.

Gunung Tertinggi di Bali

 

Kota bali merupakan kota dengan kunjungan wisatawan yang dibilang cukup banyak. Banyak sekali wisatawan yang ingin berkunjung kesana karena Bali menyajikan berbagai tempat wisata yang membuat orang ingin berlama-lama disana.

Bali mempunyai banyak sekali pemandangan alam yang luar biasa, salah satunya yaitu gunung yang mempunyai pesona alam yang cukup menggoda untuk kamu dikunjungi, yaitu gunung agung, penasaran seperti apa ?

Gunung Agung (3.142 m)

Gunung agung adalah gunung paling tinggi yang berada di bali dengan ketinggian mencapai kira-kira 3.142 mdpl, dimana gunung ini cukup melelahkan bagi para pendaki pemula seperti saya, he,he,,

Gunung agung ini mempunyai 2 puncak yang bisa kamu raih. Pertama puncak agung satu dan puncak agung dua, secara data gunung agung tidak begitu tinggi apabila dibandingkan dengan gunung lain di negara indonesia akan tetapi jangan menganggap remeh, karena gunung agung mempunyai banyak track yang dapat menguras tenaga anda.

Setidaknya ada 2 jalur pendakian untuk sampai kepuncak agung, yaitu jalur Pura Besakih yang merupakan pura tertinggi di bali dan Pura Pasar Agung.

Untuk bisa mendaki gunung agung sampai puncak anda wajib dipandu oleh seorang pemandu yang pernah mendaki gunung ini, hal ini mengingat akan keadaan alam yang masih sangat lebat hutannya dan terdapat banyak sekali jalan yang bisa membingungkan para pendaki.

Untuk anda yang ingin mendaki gunung agung sebaiknya membawa persediaan air yang banyak, sebab di gunung agung tidak ada sumber air seperti halnya di gunung yang lain

Add Comment