Hukum Menyemir Rambut Dalam Pandangan Fiqh

Hukum menyemir rambut menurut kebanyakan ulama makruh

www.youtube.com

Menyemir rambut sekarang sudah menjadi trend, baik untuk kaum Adam ataupun kaum  Hawa, tak peduli apa profesinya, baik model, pengamen, anak sekolah, mahasiswa, dan anak jalanan pun semua berlomba-lomba menghiasi rambutnya dengan semir.

Lifestyle ini sebenarnya sudah ada di Arab sejak zaman dulu sebelum kedatangan Islam. Masyarakat Arab sudah terbiasa menyemir rambutnya dengan warna hitam untuk menutupi rambutnya yang sudah beruban.

Lalu bagaimanakah pandangan Islam tentang hukum menyemir rambut?

Berikut adalah beberapa ulasannya:

Menyemir rambut hukumnya makruh menurut Madzhab Maliki, Abu Hanifah, dan sebagian ulama’ dari Madzhab Syafi’i seperti Imam Al Ghozali. Dan hukumnya bisa menjadi wajib jika dalam keadaan peperangan dan bertujuan menutupi uban agar lawan takut karena mengira masih muda, gagah, dan perkasa.

Banyak perbedaan pendapat antara Ulama’ mengenai hukum menyemir rambut ini. Tapi pada kesimpulannya hukum menyemir rambut dihukumi boleh kecuali menyemir rambut dengan warna hitam. Menyemir rambut dengan warna hitam dihukumi haram. (Ini hanya hukum asalnya)

Dasar-dasar yang diambil dari sabda nabi:

 (إِنَّ الْيَهُودَ وَالنَّصَارَى لَا يَصْبُغُونَ فَخَالِفُوا هُمْ (متفق عليه

“Sesungguhnya orang-orang Yahudi dan Nashrany tidaklah menyemir uban mereka, maka selisihilah mereka”.

(غَيِّرُوا هَذَا بِشَيْءٍ وَاجْتَنِبُوا السَّوَادَ (رواه مسلم

“Rubahlah uban ini dengan sesuatu, dan jauhilah warna hitam”.

Tapi perlu diingat juga, ini hanya hukum tekstual, keadaan hukumnya bisa berubah tergantung dengan niatnya. Orang-orang Arab di zaman nabi menyemir rambutnya bertujuan untuk menutupi ubannya saat peperangan agar terlihat lebih muda dan dapat menakuti lawan. Sekarang, apa niat kamu menyemir rambut?

Kalau Selfie Aja Ada yang menggembar-gemborkan Haram dengan Alasan Riya’, Bagaimana dengan Menyemir Rambut yang Bertujuan Agar Terlihat Keren

Anak Sekolah dan Remaja yang Menyemir Rambutnya akan Berfikir itu Keren, Padahal Menurut Orang Lain itu kaya Ondel-ondel. Selain Model, Umumnya Orang yang Menyemir Rambut itu Orang yang Alay dan Gak Bener. Lalu, Apa Baiknya Menyemir Rambut.

Add Comment