Jenis ikan hias air laut yang mudah dipelihara

Ikan Hias Aquascape Terindah di Dunia

Ikan hias aquascape kini marak dicari oleh para penggemar ikan hias air tawar, kita perlu menentukannya agar perawatan dan pemeliharaannya lebih mudah. Hal ini perlu diperhatikan karena ada kaitannya dengan ikan-ikan perusak atau ikan yang suka memakan tanaman seperti ikan koki, komet, dan koi. Selain ikan hias air tawar, banyak juga para pecinta ikan hias yang mencari jenis ikan hiar laut.

Ikan hias yang direkomendasikan untuk aquascape adalah jenis-jenis ikan hias yang bisa hidup damai berdampingan baik dalam soliter atau berkelompok.

Selain dari jenis ikan, ada juga jenis binatang air lain yang dapat menambah keindahan aquspace, yaitu udang hias dan keong. Udang hias kini banyak diminati masyarakat baik sebagai hiasan utama aquspace atau sebagai hiasan tambahan menemani ikan hias.

Jenis-jenis Ikan Hias Aquascape

1. Ikan Hias Aquascape Ember Tetra

Ikan hias aquascape paling indah di dunia
Ikan hias aquascape via spec-tanks.com

Ember tetra adalah salah satu ikan hias aquscape yang paling populer. Ember tetra banyak menjadi pilihan utama para aquascaping karena bentuknya yang sangat ideal. Ember tetra memiliki tubuh mungil dengan warna oranye yang terang menjadikan aquscape dengan ukuran mini pun terlihat tampak luas dan lebih hidup dengan warnanya yang terang.

Spesies ikan jenis ini memiliki bentuk yang khas dan tumbuh dengan panjang maksimum sekitar 2 cm. Untuk perawatannya ember tetra harus disimpan dalam air dengan tingkat keasaman pH 6,6. Meskipun sebenarnya ember tetra memiliki habitat asli hidup di air yang sangat lembut namun ikan jenis ini mampu beradaptasi dengan baik.

Suhu air yang dianjurkan untuk ember tetra adalah antara 23-29 C (73-84 F). Dan idealnya untuk tank mereka berisi tanaman hidup, substrat gelap, dan air terbuka untuk berenang.

2. Ikan Hias Aquascape Kardinal Tetra

Ikan hias aquascape paling menarik di dunia
Ikan hias aquascape viaTokopedia

Kardinal tetra juga menjadi ikan hias favorit bagi penggemar aquascapping. Warnanya begitu menakjubkan, terdapat palang neon terang yang melintas di seluruh tubuh mereka yang berada tepat diatas garis merah tua.

Kardinal tetra menjadi pilihan yang tepat bagi seseorang yang mengutamakan warna ikan hias mereka. Kardinal tetra lebih terang daripada ember tetra namun juga lebih mahal daripada ember tetra dan dapat tumbuh dengan ukuran yang cukup besar.

Perawatan kardinal tetra harus disesuaikan dengan habitat aslinya, yaitu kisaran suhu air antara 21-28 C (70-82 F). Mengingat kardinal tetra berasal dari sungai blackwater yang memiliki kandungan pH asam, mineral rendah, dan asam humat.

Kardinal tetra adalah ikan yang hidup bergerombol, oleh sebab itu minimum pemeliharaannya adalah 10 ekor. Semakin banyak jumlahnya dalam aquascape akan semakin baik, namun tetap harus disesuaikan dengan ukuran dari aquascpae itu sendiri dengan menyesuaikan efisiensi ruang dan filtrasinya. Dengan begitu dapat menampilkan kesan visual yang menakjubkan.

3. Ikan Hias Aquascape Neon Tetra/Black Neon Tetra

Ikan hias aquascape paling indah dan menarik
Ikan hias aquascape via colors-il.net

Neon tetra adalah ikan hias yang asangat mirip dengan kardinal tetra, sulit untuk membedakan keduanya jika bukan pecinta ikan hias. Perbedaannya adalah, neon tetra memiliki garis merah yang tidak sampai pada ujung perut dan garis biru yang ada dibagian atas tidak sampai menutupi tubuh secara keseluruhan.

Sedangkan Kardinal tetra pada garis tersebut menutupi tubuh malang melintang secara keseluruhan sehingga memberikan warna yang terang dan mencolok yang sangat indah. Perut neon tetra kebanyakan berwarna putih silver.

Pertumbuhan neon tetra tidak lebih besar dibanding dengan kardinal tetra. Harga neon tetra juga lebih murah dan dapat dibeli di berbagai toko ikan hias atau aquarium.

Untuk perawatan neon tetra bisa dipelihara dalam aquscpae berukuran panjang 60 cm (24 inci), dengan pH6,0-7,8 dan KH mulai dari 1,0-2,0. Dan yang perlu diperhatikan adalah perubahan pada lingkungannya, ikan akan stress bahkan bisa menyebabkan kematian karena trauma atas perubahan lingkungan yang drastis.

Selain itu, karena ukurannya yang kecil disarankan agar tidak dipelihara bersama ikan dengan ukuran yang besar dan agresif. Ikan lain yang cocok untuk dikumpulkan dengan neon tetra adalah kardinal tetra, guppy, rummy nose tetra, dan ikan lain yang hidup berkelompok /komunitas dengan kondisi air yang cocok dengan jenis tetra.

 4. Ikan Hias Aquascape Harlequin Tetra/ Harlequin Rasbora

Ikan hias aquascape paling indah dan menarik di dunia.
Ikan hias aquascape via riverreefaquatics.com

Ikan hias ini sama populernya dengan yang diatas. Ikan ini memiliki tubuh yang berbentuk permen, berwarna oranye merah muda dari kepala sampai pangkal ekor. Rona yang bervariasi tergantung pada faktor-faktor tertentu seperti kondisi air dan habitat asli ikan berasal.

Spesies ikan ini telah beredar sejak 1934 dikalangan aquarists. Harlequin rasbora adalah yang paling populer diantara semua jenis rasbora.

Untuk pemilaharaan harlequin rasbora bisa hidup dalam air dengan pH 6,0-7,8 dan suhu 22 ° C – 27 ° C (72 ° F sampai 81 ° F) , namun yang paling untuk diperhatikan adalah kebersihan pada aquariaum,

5. Ikan Hias Aquascape Masquito Rasbora

Ikan hias aquascape yang hidup bergerombol
Ikan hias aquascape via nanoaquatics.co.za

Ikan hias lain yang sangat cocok untuk menghiasi aquascape adalah masquito rasbora, ukurannya yang kecil dan warna merah yang mencolok membuat ikan ini masuk dalam jajaran ikan hias pilihan untuk aquscape.

Masquito rasbora terbiasa hidup berkelompok, 15 ekor masquito rasbora yang mengisi aquascape akan terlihat sangat indah ketika mereka bergerak dan berpindah tempat dalam waktu yang bersamaan.

Ikan jenis ini tergolong agak sulit untuk didapatkan, oleh sebab itu ikan jenis ini memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis rasbora lain.

Masquito rasbora membutuhkan ruang gerak yang agak luas dan air yang cukup banyak untuk berenang, yaitu aquascape yang memiliki daya tampung kisaran 55 galon/200an liter air. Dan sangat dianjurkan dalam memelihara ikan ini cukup satu jenis spesies saja karena ikan ini memiliki sifat yang pemalu.

6. Ikan Hias Aquascape Rainbow

Pinterest.com
Ikan hias aquascape via Pinterest.com

Ikan ini sangat populer dikalangan penghobi ikan hias aquascape, Rainbow memiliki warna cerah alami dan sisiknya seperti cermin yang dapat memantulkan cahaya warnanya ke aquarium, inilah yang menjadi alasan dan daya tarik tersendiri pada ikan hias ini.

Ranbowfish lebih menyukai kadar air dengan pH rendah yang berhubungan dengan aquascape injeksi CO2 dan substrat yang dipakai. Ikan ini juga hidup berkelompok dan memiliki harga yang lumayan juga karena banyak dicari oleh orang.

7. Ikan Hias Aquascape Angel Fish

Ikan hias aquascape via aquaticmag.com
Ikan hias aquascape via aquaticmag.com

Angel Fish adalah salah satu ikan hias favorit klasik bagi para pehoby aquarium. Ikan ini lebih sensitif terhadap perubahan kualitas air jika dibandingkan dengan jenis ikan hias lain.

Untuk pemeliharaan, aturlah CO2 dengan memanfaatkan solenoid valve yang dapat menghentikan CO2 di malam hari, hal ini ditujukan untuk mencegah penurunan pH di aquarium dan membantu meminimalkan masukan CO2 saat tanaman sedang bernafas.

8. Ikan Hias Aquascape Discus

Ikan hias aquascape via YouTube
Ikan hias aquascape via YouTube

Discus adalah ikan hias yang sangat unik dan memiliki bentuk tubuh lebar yang berwarna-warni. Ikan ini berasal dari Amazon yang warna cerahnya diyakini digunakan sebagai penarik pasangannya di perairan keruh.

Discus juga cocok dengan air berkadar pH rendah dengan injeksi CO2 hampir mirip dengan yang ada di aquascape. Salah satu kekurangan ikan ini adalah bisa tumbuh menjadi besar sehingga memerlukan aquarium yang besar juga untuk menampungnya dengan ukuran air minimal 100 galon/378 liter.

Discus adalah ikan hias yang baik dalam bersosial sehingga dapat dikumpulkan dengan jenis ikan hias lainnya seperti tetra atau ikan hias masyarakat lainnya.

9. Ikan Hias Aquascape Guppy

Ikan hias aquascape via en.aqua-fish.net
Ikan hias aquascape via en.aqua-fish.net

Guppy adalah spesies ikan hias yang paling menjadi sorotan bagi para penghoby ikan hias aquascape. Ikan ini termasuk yang paling terang warnanya dan tangguh diantara spesies lainnya. Guppy jantan memiliki ekor lebar berwarna terang dan cerah yang dimanfaatkannya sebagai daya tarik kepada betina.

Guppy memiliki warna yang hampir ada pada setiap jenis warna, sehingga sangat menguntungkan bagi para pecinta ikan hias aquascape yang ingin mencari warna tertentu. Ikan ini tidak suka dengan aliran air yang deras, ia lebih suka dengan keadan air yang tenang dan lembut.

3 thoughts on “Ikan Hias Aquascape Terindah di Dunia

Leave a Comment