Tata ruang rumah sederhana dengan memaksimalkan ruang tamu secara lesehan dapat mempercantik rumah sekaligus bisa menampung tamu yang lebih banyak.

Inspirasi Cantik dan Elegan Tata Ruang Rumah Minimalis

Rumah adalah cerminan dari keadaan keluarga yang menempatinya, jika rumahnya bersih dan rapi menunjukkan keluarganya harmonis, meskipun hal ini tidak bisa dijadikan sebagai patokan.

Namun dengan keadaan rumah yang bersih dan rapi bisa membuat kita nyaman dan semangat dalam beraktifitas. Selain itu juga akan memberikan suasana yang hangat saat berkumpul bersama keluarga. Untuk itu kita perlu adanya sebuah tata ruang rumah agar hal itu dapat terwujud.

Tidak mudah untuk bisa mewujudkan keadaan ruangan yang nyaman dan cantik, diperlukan adanya keahlian tata ruang rumah agar bisa mewujudkan hal tersebut. Namun bagi kalian yang tidak memiliki keahlian dibidang itu tidak perlu khawatir. Berikut akan saya berikan gambaran dan contoh tata ruang rumah agar terlihat cantik dan menarik:

Denah inspirasi tata ruang rumah via fimell.com
Denah inspirasi tata ruang rumah via fimell.com

Dengan tata ruang rumah yang sebaik mungkin, bukan tidak mungkin rumah dengan ukuran kecil dapat tampil cantik, rapi, dan nyaman. Dengan memanfaatkan setiap ruangan yang ada dan memfungsikannya sebagai ruangan fungsi ganda dapat menjadi alternatif untuk ukuran rumah yang tidak terlalu luas dan besar.

Tata Ruang Rumah pada Ruang Tamu

Tata ruang rumah dapat menjadikan rumah cantik dan indah meskipun dengan ukuran yang tidak terlalu besar.
Ruang tamu cantik dan rapi meski dengan ukuran yang mungil via www.desainic.com

Meskipun dengan ukuran ruang tamu yang tidak terlalu besar kalian tetap bisa memaksimalkannya menjadi sebuah ruang tamu yang nyaman untuk para tamu, asalkan cara penataannya tepat dan sesuai. Usahakanlah ruang tamu benar-benar berfungsi hanya sebagai ruang tamu.

Seperti gambar diatas, cukup dengan dua sofa dan satu meja, meja menggunakan alas karpet tebal, dan posisinya yang berada tepat di depan pintu masuk menjadikan ruang tamu yang mungil ini terlihat begitu cantik, luas, rapi, dan nyaman.

Atau bagi kalian yang biasa dikunjungi oleh banyak tamu bisa mengatur ruang tamu secara lesehan agar terlihat lebih luas dan bisa menampung tamu lebih banyak.

Baca Juga: Desain Interior Ruang Tamu Cantik

Tata ruang rumah sederhana dengan memaksimalkan ruang tamu secara lesehan dapat mempercantik rumah sekaligus bisa menampung tamu yang lebih banyak.
Inspirasi ruang tamu lesehan untuk tamu yang lebih banyak via www.rumah-minimalis.web.id

Gunakanlah karpet tebal berukuran minimal 2×4 meter, atau bisa juga menggunakan karpet potong seperti gambar diatas. Jika bentuk ruangannya tertutup seperti gambar diatas, usahakanlah semua sisi atau lantai tertutupi dengan karpet.

Tapi jika ruangannya terbuka yang langsung menghubung ke ruang yang lain, cukuplah karpet itu sebagai batasnya. Usahakan juga disekitar ruangan tidak terdapat barang-barang yang menumpuk agar tidak terlihat sempit dan tidak mengganggu pemandangan.

Tata Ruang Rumah pada Ruang Keluarga

Tata ruang rumah dengan ruang keluarga berada ditengah menjadikan keluarga lebih mudah untuk berkumpul.
Ruang keluarga sebagai penghubung ruangan yang lain menjadikan keluarga lebih mudah dalam berkumpul                                     via www.desainrumahnya.com

Ruang keluarga berbeda dengan ruang tamu, walaupun dari segi wujudnya hampir sama, namun dari segi fungsi ruang keluarga lebih informal. Buatlah ruang keluarga senyaman mungkin, tambahkan fasilitas seperti TV dan rak buku sebagai tempat buku bacaan dan majalah.

Ruang keluarga difungsikan sebagai tempat santai dan berkumpulnya anggota keluarga, sangat disarankan ruangan ini berada diantara ruangan-ruangan yang lain atau sebagai penghubung dari beberapa ruangan agar anggota keluarga lebih mudah dalam berkumpul.

Tata Ruang Rumah pada Kamar Tidur

Tata ruang rumah dengan kamar tidur rapi dan nyaman untuk belajar membuat rumah semakin cantik.
Desain kamar tidur rapi dan nyaman untuk belajar via www.gaptekupdate.id

Kamar tidur yang difungsikan sebagai tempat untuk istirahat haruslah didesain senyaman mungkin agar tidur kita maksimal dan berkualitas. Selain untuk istirahat dan tidur, kamar tidur dapat difungsikan ganda sebagai ruang belajar yang nyaman sekaligus.

Seperti contoh pada gambar diatas, tambahkanlah meja belajar dan rak buku sebagai fasilitas peralatan belajar dan perpustakaan pribadi. Ditambah dengan posisi jendela yang pas berada disamping akan membuat harimu semakin cerah dengan sinar matahari yang secara langsung membelaimu.

Baca Juga: Desain Interior Kamar Tidur Minimalis Cantik

Tata Ruang Rumah pada Dapur

Tata ruang rumah pada dapur minimalis dapat mempercantik rumah.
Desain dapur rapi minimalis, dapur adalah cerminan keadaan sebuah keluarga via inforumahku.com

Kita perlu memperhatikan tata ruang rumah kita agar seluruh ruangan yang ada terlihat rapi dan nyaman untuk ditempati, termasuk juga adalah dapur. Dapur yang sempit belum tentu tidak bisa rapi dan nyaman, lihat gambar diatas, meskipun sempit namun tetap rapi dan nyaman.

Untuk penataan, rekalah seminimal mungkin alat-alat dapur yang digunakan, karena biasanya yang menyebabkan dapur berantakan adalah terlalu kebanyakan peralatan. Sediakan rak kecil di sisi tempat cuci piring sebagai penampungan piring setelah dicuci. Selain itu gunakan juga lemari atau tempat untuk peletakan bumbu.

Dengan memanfaatkan ruangan sebaik mungkin, bukan berarti rumah kecil tidak bisa rapi dan nyaman. Untuk menghemat ruangan dan memaksimalkan tata ruang rumah, bisa juga mendesain dapur dengan fungsi ganda sebagai ruang makan sekaligus, seperti yang terlihat pada gambar dibawah:

Baca Juga: Tata Ruang Dapur Minimalis

Tata ruang rumah pada dapur yang sempit dengan meminimlisir alat-alat dapur yang tidak digunakan.
Desain dapur fungsi ganda sebagai ruang makan sekaligus via inforumahku.com

Tata ruang rumah fungsi ganda dapat menjadikan rumah minimalis menjadi lebih maksimal dalam memanfaatkan ruangan, seperti gambar diatas, dapur fungsi ganda sebagai ruang makan sekaligus dapat menjadi alternatif untuk ukuran rumah yang tidak terlalu besar dan luas.

Selain hemat ruangan, dapur dengan fungsi ganda juga dapat menghemat tenaga karena tidak terlalu jauh dalam menyiapkan makanan ataupun mengambil piring kotornya, karena letaknya yang bersebelahan langsung dengan dapur dan tempat cuci piring.

Rekomendasi: Jual Rumput Sintetis

3 thoughts on “Inspirasi Cantik dan Elegan Tata Ruang Rumah Minimalis

Leave a Comment