Jenis ikan hias air laut yang lucu dan mudah dipelihara bagi pemula

Jenis Ikan Hias Air Laut Paling Indah dan Mudah Dipelihara

Ada banyak sekali jenis ikan hias air laut di dunia ini. Memelihara ikan hias air laut tidaklah mudah, lebih sulit jika dibandingkan dengan ikan hias air tawar, selain air asin yang dibutuhkan untuk adaptasinya, ikan hias air laut juga membutuhkan aquarium yang lebih besar dibanding jenis jenis ikan hias air tawar.

Ikan hias air laut harus diperlakukan dengan baik, karena pada habitat sebelumnya jenis jenis ikan hias air laut ini hidup di lautan dengan sangat baik. Oleh sebab itu, air laut adalah syarat mutlak untuk pemeliharaan jenis ikan ini, tidak hanya air tapi juga aquarium yang besar dan luas.

Jenis jenis Ikan Hias Air Laut

1. Ikan Hias Watchman Gobies

Jenis ikan hias air laut yang indah
Jenis ikan hias air laut via Pinterest

Ikan hias Watchman Gobies mempunyai nama ilmiah Cryptocentrus. Ikan ini dikenal dalam beberapa pola namun yang lebih dikenal adalah Bluespotted dan Pink Spotted Watchman Goby. Watchman Goby merupakan ikan yang agresif dan menjadi salah satu jenis ikan hias air laut yang cocok untuk pemula.

Daya tahan hidup dan bakat berenangnya membuat ikan ini layak menjadi bagian dari jenis ikan hias air laut yang layak dipelihara oleh para pemula. Umumnya makanan untuk Watchman Goby adalah udang kecil.

2. Ikan Hias Angelfish

Jenis ikan hias air laut yang mudah dipelihara
Jenis ikan hias air laut via aquaticmag.com

Angelfish memiliki nama ilmiah Pomacanthidae. Jenis ikan hias ini memiliki ciri-ciri khusus berupa bentuk yang pipih dan lebar. Ada beragam pola pada jenis ikan ini dan masing-masing memiliki ciri khas berupa motif garis-garis dalam setiap sisi tubuh ikan.

Angel Fish merupakan salah satu ikan hias favorit klasik untuk para peng-hoby ikan hias. Ikan ini memiliki daya sensitif yang tinggi terhadap perubahan kualitas air.

Dalam memelihara ikan hias Angel fish ini manfaatkanlah solenoid valve yang bisa menghentikan CO2 dimalam hari, hal ini bertujuan agar pH dalam aquarium tidak turun dan membantu dalam meminimalkan masukan CO2 ketika tanaman sedang bernafas.

3. Ikan Hias Blue Devil

Jenis ikan hias air laut indah dan menarik
Jenis ikan hias air laut via akuariumhias.blogspot.com

Ikan hias air laut blue devil merupakan ikan yang mempunyai tubuh estetis. Bentuk tubuhnya mungkin tidak seseram namanya, dalam ilmu dunia perikanan, ikan ini mempunyai nama ilmiah Paraplesiops bleekeri.

Jika dilihat dari bentuk tubuhnya, pemeliharaanya tidak perlu menggunakan aquarium yang besar karena bentuk tubuhnya kecil dan ramping.

Blue Devil memiliki warna biru dengan bintik-bintik putih dibagian atasnya. Ikan ini senang sekali berenang diantara karang-karang, menambahkan karang dalam aquarium untuk pemeliharaanya sangat baik dilakukan.

4. Ikan Hias Botana/Blue Tang

Jenis ikan hias air laut lucu
Jenis ikan hias air laut via satujam.com

Ikan hias Botana memiliki nama ilmiah Paracanthurus hepatus dan juga dikenal dengan sebutan blue tang. Di Indonesia nama blue tang lebih dikenal dengan sebutan botana. Ada beragam jenis botana, ada botana biru, botana kasur, dan botana kacamata.

Jika anda pernah menonton film finding nemo, tokoh dengan karakter ‘dory’ adalah yang disebut dengan botana biru.

5. Ikan Hias Yellow Tang

Jenis ikan hias air laut indah dan mudah dipelihara
Jenis ikan hias air laut via Rivanputra’s Blog – WordPress.com

Jenis lain dari keluarga Tang adalah Yellow Tang.  Yellow Tang adalah jenis ikan air laut yang cocok dipelihara dirumah untuk hiasan ruang. Ikan ini mempunyai nama ilmiah Zebrasoma Flavescens dan mempunyai ciri khusus dalam keluarga Tang sebagai ikan yang aktif bergerak.

6. Ikan Hias Neon Tetra

Jenis ikan hias air laut paling indah dan menarik
Jenis ikan hias air laut via colors-il.net

Neon tetra merupakan ikan hias yang memiliki ciri khas pada bagian tubuh belakang sampai ke bagian dekat mata berupa warna keemasan disertai garis tipis berwarna biru yang mirip dengan lampu neon. Neon tetra juga dikenal dengan nama ilmiah Paracheirodon innesi. Neon Tetra banyak hidup di daerah Kolombia dan Peru.

7. Ikan Hias Badut/Clownfish

Jenis ikan hias air laut yang lucu dan mudah dipelihara bagi pemula
Jenis ikan hias air laut via blog-iswanda.blogspot.co.id

Ikan hias ini adalah tokoh utama dalam film “Finding Nemo”. Ikan hias ini dikenal juga dengan istilah ikan badut walaupun banyak juga sebenarnya yang mengtahui kalau namanya ikan clownfish. Ikan hias Clownfish mempunyai nama ilmiah Amphiprioninae.

Tidak tahu kenapa ikan Clownfish ini bisa disebut dengan nama ikan badut, mungkin karena warnanya yang mirip dengan kustom badut kali ya? tapi yang jelas ikan ini senang sekali bersembunyi di balik terumbu karang, jika anda berminat memeliharanya ada baiknya menyediakan karang di aquarium anda.

8. Ikan Hias Lionfish

Jenis ikan hias air laut untuk pemula
Jenis kan hias air laut via fishshare.blogspot.co.id

Ikan hias Lionfish adalah ikan hias air laut yang mempunyai nama ilmiah Pterois. Ikan ini masuk dalam kategory keluarga Scorpaenidae. Lionfish memiliki bentuk tubuh yang cukup unik dengan beragam ornamen ditubuhnya yang berbentuk seperti duri.

Jika berminat memelihara ikan ini perlu untuk memperhatikan ikan lainnya dalam satu aquarium, karena makanan ikan ini berbeda dengan makanan ikan lainnya.

9. Ikan Hias Dottyback

jenis ikan hias air laut dottyback
Jenis ikan hias air laut via faunadanflora.com

Ikan hias Dottyback adalah ikan yang hidup didaerah tropis dan sub tropis (Indo-Pasifik) yang juga terkenal dengan jumlah terumbu karangnya yang melimpah. Dottyback memiliki nama ilmiah Pseudochromidae. Karena ikan ini banyak hidup disekitar laut Indonesia menjadikan ikan ini sangat cocok dijadikan sebagai ikan hias air laut untuk aquarium anda.

10. Ikan Hias Butterfly Fish

jenis ikan hias air laut yang menarik dan indah
Jenis ikan hias air laut via animalsadda.com

Butterfly Fish adalah ikan hias yang memiliki nama ilmiah Chaetodontidae. Ikan ini banyak terdapat di Samudera Hindia dan Pasific. Sama seperti Dottyback, ikan ini juga cocok untuk dipelihara bagi para pemula pecinta ikan hias air laut.

Ikan hias ini dinamakan dengan Butterfly Fish karena memiliki bentuk dan warna corak yang bergaris hampir mirip dengan warna sayap kupu-kupu. Pesona ikan ini begitu indah pada aquarium yang berukuran besar karena mereka bisa berenang kesana kemari.

3 thoughts on “Jenis Ikan Hias Air Laut Paling Indah dan Mudah Dipelihara

Leave a Comment