Kandungan Kulit Semangka yang Penuh Akan Manfaat dan Nutrisi

Kandungan kulit semangka dan nutrisi yang terkandung di dalamnya masih menjadi hal yang asing bagi kebanyakan orang pada umumnya. Tanpa kita sadari ternyata ada banyak manfaat yang terkandung dalam kulit semangka yang biasanya hanya kita anggap sebagai sampah. Selain bermanfaat, kulit semangka juga memiliki banyak kegunaan dan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Nutrisi dan Kandungan Kulit Semangka

gambar kulit semangka untuk kandungan kulit semangka

beritauaja.com

Ada banyak kandungan nutrisi yang terdapat pada kulit semangka bagian dalam yang berwarna putih kehijauan. Nutrisi ini juga penting untuk kesehatan tubuh, dalam 2,5×2,5 kulit semangka terdapat 1,8 kalori yang berguna untuk kesehatan tubuh. Selain itu kulit semangka juga mengandung vitamin C sebanyak 2% dan vitamin B6 sebanyak 1%.

Selain yang disebut diatas, kulit semangka juga memiliki kegunaan yang lain bagi tubuh. Kulit semangka bisa digunakan untuk kecantikan dan kesehatan kulit, kesehatan sistem syaraf dan menambah daya tahan serta kekebalan tubuh.

Manfaat dan Kandungan Kulit Semangka Berguna untuk Kekebalan Tubuh

kandungan kulit semangka

Hipwee.com

Diantara salah satu manfaat dari kandungan kulit semangka adalah untuk menjaga kekebalan tubuh. Kulit semangka mengandung zat yang disebut citrulline didalamnya. Kandungan ini berguna sebagai   zat anti oksidan yang kuat untuk menangkal radikal bebas.

Citrulline juga dapat diubah menjadi arginin oleh tubuh yaitu berupa asam amino yang berperan penting pada peredaran darah dan daya imun. Dengan kandungan ini juga kulit semangka dapat menjadi agen dalam menjaga kesehatan jantung & impotensi. (Hasil penelitian dari Journal of the Science of Food and Agriculture th 2011).

Manfaat dan Kandungan Kulit Semangka Berguna untuk Disfungsi Ereksi

gambar kandungan kulit semangka

www.jitunews.com

Para peneliti A&M’s Fruit and Vegetable Improvement Center dari Texas telah mencatat bahwa citrulline dapat membantu pembuluh darah rileks, bahkan citrulline dapat membantu menyembuhkan disfungsi ereksi. Kemampuannya yang mampu meningkatkan aliran darah menjadikan citrulline semangka disebut sebagai obat alami untuk meningkatkan libido.

Manfaat dan Kandungan Kulit Semangka Berguna untuk Mengatasi Jerawat

gambar kandungan kulit semangka

gudangkesehatan.com

Keberadaan jerawat memang sangat mengganggu. Namun siapa sangka jerawat ternyata dapat diatasi dengan kulit semangka yang biasa kita anggap sebagai sampah. Kulit semangka tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat dengan cara mengoleskan atau menggosokkan kulit semangka bagian dalam ke wajah secara merata. Lakukan lah secara teratur.

Manfaat dan Kandungan Kulit Semangka Berguna untuk Mencegah Penyakit Kardiovascular/Jantung

kandungan kulit semangka

www.infosehat.online

Kandungan kulit semangka yang lain adalah kalium. Yang mana kalium ini berguna untuk memperlancar peredaran darah. Selain memperlancar peredaran darah kalium juga berguna untuk menjaga kerja jantung sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit kardiovascular/jantung.

Manfaat dan Kandungan Kulit Semangka Berguna untuk Mencegah Penuaan Dini

kandungan kulit semangka

Hipwee.com

Kulit semangka memang mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Salah satu nutrisi yang terkandung dalam kulit semangka adalah lycopene yang berguna untuk menangkal radika bebas yang dapat merangsang penuaan pada kulit dengan cepat. Kandungan lycopene dalam kulit semangka ini cukup banyak.

Selain beberapa penyakit diatas, kulit semangka juga berguna untuk mengatasi berbagai macam penyakit lain seperti:

  • Mengatasi gejala hipertensi
  • Mengatasi infeksi kandung kemih
  • Membersihkan ginjal
  • Mencegah gejala penyakit anemia

Ada banyak cara pengolahan kulit semangka untuk penyembuhan diatas:

  1. Kulit semangka bagian dalam (putih kehijauan) dibuat jus, sedangkan kulit berwarna hijau yang diluar tidak diperlukan. Minum jus kulit semangka ini secara teratur.
  2. Kulit semangka dikeringkan, setelah kering tumbuk kulit semangka sampai halus. Ambil kira-kira 20 gr kulit semangka yang sudah ditumbuk, masak dengan air secukupnya. Minum air rebusan kulit semangka ini secara teratur selama sekitar satu bulan secara teratur.
  3. Kulit semangka diolah menjadi manisan/masakan.

Itulah beberapa kandungan kulit semangka yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Add Comment