Kata kata Bijak Kehidupan, Kata kata Mutiara & Makna Kehidupan

Kata kata Bijak Kehidupan – Inspirasi kehidupan sangat di perlukan dalam hidup ini untuk mendongkrak kembali semangat dan motivasi yang melemah. Ia ibarat lauk dalam makanan, yaitu untuk menambah selera makan kita.

Saat kita sedih, kecewa, galau, frustasi, dan apapun lah itu namanya, mungkin kita akan bertanya-tanya, kenapa ini harus terjadi? kenapa harus aku? kenapa harus ada mendung bila mentari menghangatkan? kenapa Tuhan begitu kejam merebut kebahagiaanku? dan pertanyaan-pertanyaan dengan unsur protes lainnya.

Jangan salahkan siapa-siapa, itu terjadi juga karena kita yang memulai sebabnya. Jika sudah terjadi akibatnya, jangan di perparah lagi, tanggapilah dengan baik dan benar. Kita perlu adanya sebuah inspirasi kehidupan untuk berjuang dalam hidup  ini.

Secara garis besar, hidup dan keadaan manusia itu cuma berputar pada empat titk, yaitu baik, buruk, bahagia, dan sedih. Sedangkan yang lainya itu cuma bagian dari cabang empat hal tersebut.

Setiap manusia pasti akan mengalami keempat hal tersebut tanpa ada yang terlewat, dan semuanya akan jadi indah jika keempatnya di tanggapi dengan baik dan benar.

Berikut adalah tanggapan untuk empat hal tersebut:

1. Jangan Sombong jika Sedang dalam Keadaan Baik

Jika kita sedang dalam keadaan baik, maka tidak selayaknya untuk menyombongkan diri dan menjelek-jelekan orang yang belum baik, karena mungkin saja dia buruk dalam suatu kondisi yang kita sudah bisa berbuat baik, dan sebaliknya, mungkin dia sudah bisa berbuat baik yang kita belum bisa berbuat baik.

2. Mengakui Kesalahan dan Kekurangan diri

Jika kita sedang dalam keadaan buruk, sudah sepantasnya kita untuk mengakui, meskipun kita belum bisa menghentikan perilaku buruk itu. Karena jika kita sudah mengakui akan lebih mudah untuk meninggalkan perilaku buruk itu daripada yang tidak mengakui.

3. Bersyukur saat Bahagia

Jika kita sedang dalam keadaan bahagia, maka syukuri dan akuilah bahwa kebahagian itu anugerah dari tuhan, bukan semata-mata karena usaha kita. Ingatlah kesedihan kita sebelum kita bahagia, tuhan hanya ingin memperindah kebahagiaan kita dengan membumbui kesedihan di masa lalu.

Baca Juga: Contoh Artikel Kehidupan Manusia

4. Bersabar saat Sedih

Jika kita sedang dalam keadaan sedih, bersabarlah, sebab tuhan sedang mmpersiapkan kebahagiaan yang indah untuk kita, kesedihan itu sejatinya suatu penyempurna untuk sebuah kebahagiaan.

Insya Allah, jika empat hal tersebut bisa di jalani dengan baik dam benar hidup kita akan selalu tersa indah.

Semua yang terjadi itu sebenarnya suatu pelajaran bagi kita, kadang ketika kita sedang bahagi-bahagianya tiba-tiba terjadi sesuatu yang sangat menyakitkan, itu agar kita tidak terlalu larut dalam kesenangan sehingga lupa terhadap Tuhan.

Dan sebaliknya, ketika kita sedang sedih Tuhan akan memberikan kelapangan kepada kita agar kita tidak larut dalam kesedihan dan berputus asa. Tidak mungkin Tuhan memberi kesempitan atau kesedihan kepada kita selamanya.

Dan semua itu terjadi secara berulang-ulang agar kita mampu mengambil pelajaran untuk tidak menyandarkan kesenangan dan kesedihan kepada suatu materi.

Sebagaimana firman Allah: “لكيلا تأسوا على ما فتكم ولا تفرحوا بما أتكم”

“Supaya kamu tidak bersedih atau menyesal atas apa yang terlepas darimu, dan supaya kamu tidak terlalu senang dengan suatu anugerah yang di berikan kepadamu”.

Baca Juga: Belajar Psikologi Kepribadian

Berikut adalah beberapa sikap dan inspirasi kehidupan untuk membangkitkan semangat kita, beberapa di antaranya adalah masalah cinta:

1. Semakin ditolak Semakin Bahagia

Jika kita tidak mendapatkan apa yang kita inginkan, berarti Tuhan akan menggantinya dengan yang lebih baik. Kebanyakan dari kita kolot, tidak mau melepaskan apa yang sudah pergi, juga menganggap apa yang kita inginkan adalah yang terbaik. Jadi gimana Tuhan mau ngasih ganti kalau kitanya sendiri yang gak mau.

2. Ditolak itu Menyenangkan

متى فتح لك باب الفهم في المنع عاد المنع عين العطاء 

                    (إبن عطاءالله)

“Apabila tuhan membukakan pintu kefahaman kepadamu atas suatu penolakan, maka berubahlah penolakan itu menjadi suatu pemberian”.

Kadang kita minta ikan, tapi tuhan memberi kail. Kadang kita minta pakaian, tapi tuhan memberi kain jarum. Itulah cara kerja tuhan, dengan kail itu agar kita pergi memancing untuk mendapatkan ikan, dengan kain itu agar kita menjahit untuk di jadikan pakaian.

Seperti halnya Hannah istri Imran, dia sangat berkeinginan untuk mempunyai anak laki-laki, sampai dia bernadzar kepada tuhan “Jika saya di karuniai anak laki-laki akan saya pasrahkan dia untuk terus beribadah dan mengurusi Baitul Maqdis”.

Tapi setelah masanya ternyata yang lahir perempuan, tapi siapa yang tahu bahwa bayi itu kelak menjadi wanita tersuci di dunia dan dari rahimnya lahirlah seorang Nabiyullah yang menjadi salah satu Nabi terbaik yang berpredikat Ulul ‘Azmi.

Jadi bersenag hatilah jika tertolak, hehe.

3. Dia Berkhianat, Emang Aplikasinay gak Cocok

Mending dia berkhianat sekarang, daripada besok sudah jadi suami atau istri baru katahuan kalau dia gak setia. Lebih baik mengikhlaskannya, ikhlas banget deh, sebab perpisahan itu cara otomatis untuk menghapus aplikasi yang tidak cocok dalam hidup kita.

4. Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

Kalau emang bukan pasangannya mau di paksain juga gak bakalan cocok, yang ada malah menyiksa. Di liat dari namanya aja udah jelas, emang bisa bertepuk sebelah tangan? gak nyaman banget kan. Skenario Tuhan itu udah pas banget, semuanya berjalan otomatis yang terbaik bagi kita. Kitanya aja yang kadang mempersulit skenario itu.

5. Cinta Dalam Hati, Keluarin Aja

ﻭﻟﻴﺲَ ﺍﻟﺤُﺐ ﺑﻤُﻨﻜَﺮٍ ﻓﻲ ﺍﻟﺪِّﻳﺎﻧﺔِ ﻭﻻَ ﺑِﻤﺤﻈُﻮﺭٍ ﻓِﻲ ﺍﻟﺸَّﺮﻳﻌﺔِ ، ﺇﺫِ ﺍﻟﻘُﻠﻮﺏُ ﺑﻴﺪِ ﺍﻟﻠﻪِ ﻋﺰَّ ﻭﺟﻞَّ

“Tidaklah cinta itu dilarang dan dosa di mata manusia dan dan hukum, karena hati dalam kekuasaan Allah azza wajalla”.

Tuhan yang telah menumbuhkan cinta di dalam hati kita, maka tak ada salahnya kita memperjuangkan cinta itu, justru jika terus-terusan di simpan malah jadi tidak baik, lama-lama meledak. Seperti halnya Tuhan memberi rasa lapar kepada kita, maka sudah selayaknya kita berjuang untuk mendapatkan makanan.

6. Pacaran itu Sia-sia, Mending Langsung Nikah Aja

Pacaran itu sia-sia banget, seberapa pun usahamu untuk menjaga cinta pacaran itu tak ada gunanya karena jodoh ada di tangan Tuhan. Sebenarnya tanpa ada embel-embel jodoh di tangan Tuhan pun sudah bisa di nalar kalau pacar itu bukan jaminan jodoh. Sebab kecenderungan hati manusia itu selalu berubah-ubah. Oleh sebab itu kalau mencari jodoh itu untuk kebaikan hidup kita selamanya, bukan untuk kesenangan sesaat.

7. Sulit Move On

Kebanyakan orang sulit move on itu karena tidak mau melepaskan apa yang sudah jelas pergi, dalam perkataan mungkin iya, tapi dalam hati kalau dia balik masih mau. Kita tidak akan menemukan lembaran baru, kebahagiaan baru, dan warna hidup yang baru lagi kalau tidak mau meninggalkan masa lalu.

Masih mau bertahan? sedangkan dia sudah jelas semakin jauh meninggalkan. Sudahlah, masa lalu yang kelam itu cuma untuk memperindah masa depan yang akan datang.

Baca Juga: 10 Manfaat Nikah Muda

8. Kadang Mempertahankan itu Lebih Menyakitkan Daripada Melepaskan

Jika sudah ada indikasi ketidak cocokan, lebih baik lepasin deh. Ya mungkin kita kalah dalam permainan ini, tapi di depan ada permainan lagi yang lebih cocok dan pas untuk kita menangkan.

9. Cenburu itu, Susah di Ungkapin

Karena kita merasa hak yang harusnya di kasihkan ke kita malah di kasihkan ke orang lain. Dan cemburu ini di bagi menjadi tiga bagian, yaitu:

a. Cemburu Wajar

Yaitu cemburu untuk orang yang sudah ada ikatan, wajar cemburu jika ada hak khusus yang seharusnya dia peroleh malah di kasihkan orang lain. Kalau gak cemburu malah perlu di pertanyakan.

b. Cemburu yang Membingungkan

Yaitu cemburunya orang yang gak ada ikatan, kalau ada sesuatu yang sangat dia harapkan tapi malah di kasihkan ke orang lain. Mau marah juga gak bisa, terserah dia lah  mau ngasih ke siapa. Kan lucu kalau kita tiba-tiba marah ke dia orang gak ada ikatan apa-apa.

c. Cemburu tidak Wajar

Cemburunya orang yang ada ikatan tapi cemburu terhadap sesuatu yang gak seharusnya di cemburui, dia menganggap hak universal untuk semua orang khusus hanya untuk dirinya. Pasangan dari orang seperti menderita banget, karena hidupnya terkekang gak bisa bebas.

Atau cemburunya orang yang gak ada ikatan, tapi cemburunya seperti orang yang sudah ada ikatan, marah-marah gak jelas ke orang yang di cemburui, yang bersangkutan pasti ilfil banget tuh, pikirnya nih orang gimana sih.

10. Patah Semangat, Tandanya Butuh Reaksi

Perubahan suatu benda itu karena adanya sebuah reaksi, maka untuk membangkitkan semangat di butuhkan juga sebuah reaksi. Reaksi atau emosi manusia yang berupa semangat, gembira, kecewa, marah, sedih, dll itu akan bangkit jika di dahului sebuah reaksi.

11. Ada Kalanya Jauh dari Manusia itu sedang Dekat dengan Tuhan

Ada ungkapan mengatakan “jika kamu sedang di jauhi manusia, berarti kamu sedang dekat dengan Tuhan”, bukan berarti orang yang tidak mau bersosial itu dekat dengan tuhan.

Tapi orang yang di jauhi manusia karena sifat baiknya, konsistennya, dan istiqomahnya, karena orang-orang di sekitarnya tidak bisa mengikutinya.

Sehingga dia dijauhi karena di anggap tidak sependapat dengan teman-temannya yang masih konsisten dengan sifat buruknya. Biasanya orang-orang seperti ini adalah pimpinan atau orang yang berpengaruh dalam kegiatan atau aktifitas orang lain.

Tapi ada juga di jauhi manusia itu tanda dari ketidak baikannya, karena merasa terganggu dengan sifat buruknya, dan ini bisa juga di jadikan barometer untuk mengukur seberapa baik diri kita. Sebab ketika manusia saling berinteraksi dan bersosial itu ibarat cermin yang saling berhadapan.

Misalnya reaksi semangat, pemain bola semangatnya akan meningkat drastis jika di dahului reaksi berupa kekalahan dan dalam keadaan menit-menit akhir. Maka untuk membangkitkan emosi positiv mu carilah reaksinya, bukan hanya mengharapkan hasilnya.

Add Comment