Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak – Kita sering mendengar bahwa berbakti kepada orang tua wajib hukumnya, kecuali jika di perintahkan untuk maksiat.

Hal ini kadang merugikan bagi mereka yang orang tuanya menuntut seorang anak untuk bisa seperti apa yang di inginkannya secara mutlak.

Sehingga seorang anak seakan-akan tidak memiliki kehidupan karena apa-apa selalu di pilihkan oleh orang tuanya, baik soal jodoh, bakat, pekerjaan, dan sesuatu yang terkait dengan jalan hidup seorang anak. 

Akibatnya anak menjadi frustasi, depresi, bahkan kadang timbul rasa dendam dalam hatinya karena hidup nya merasa terjajah oleh orang tuanya.

Dalam keadaan tertentu, kadang kita perlu untuk menutup telinga dari orang tua. Bukan untuk melawan, justru agar kita tetap bisa menjaga hubungan baik dengan orang tua dan untuk menghindari maksiat.

Yaitu dalam keadaan yang kemungkinan besar jika kita melakukan perintahnya nanti malah akan timbul maksiat.

Jadi, kita tidak melakukan perintahnya atau tidak nurut itu dalam rangka menghindari maksiat itu. Dalam bahasa yang lebih ekstrem jangan sampai kita masuk neraka bareng-bareng dengan orang tua karena sama-sama terjerumus.

Misalnya, seorang ingin menikah dengan kekasih pilihannya, tapi tidak di setujui oleh orang tuanya. Sedangkan tekadnya sudah kuat sekali tidak bisa di ganggu gugat lagi.

Tapi orang tuanya tidak bisa memaklumi dan memahami dengan bijaksana, padahal orang yang di cintai sang anak juga tidak buruk, hanya orang tuanya merasa tidak cocok saja, entah karena rumahnya jauh lah, hari kelahiran nya tidak cocok, bukan dari keluarga santri, dll.

Padahal menurut ukuran orang umum orang yang di cintai anaknya memenuhi standar jadi orang baik. Maka akan ada dua kemungkinan bagi sang anak jika orang tuanya tidak bisa memaklumi dan memahaminya, atau mengijinkan tapi dengan hati yang tidak legowo alias sering mengungkit-ungkit, yaitu:

1. Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Bisa Menyebabkan Hamil di Luar Nikah

Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak
pixabay.com

Karena tidak bisa di tempuh dengan jalan yang baik, maka untuk menuruti keinginan nya apapun akan di lakukan, juga untuk menunjukkan sikap perlawanan nya karena sudah terlanjur sakit hati maka dia melakukan suatu kebalikan dari yang di inginkan orang tuanya.

 2. Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik AnakMenuruti Orang tuanya Tapi dengan Hati penuh Dendam

Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak
pixabay.com

Pada diri setiap anak sebenarnya sudah tertanam untuk berbakti kepada orang tuanya. Hanya karena merasa tuntunan bakti kepada orang tuanya terlalu berat untuk di lakukan sehingga dia menjadi berontak.

Sebab tuntutannya selalu berlawanan dan berselisih dengan hal-hal yang dia sukai.

Jadi dia menuruti kehendak orang tuanya untuk menunjuk kan bahwa ia adalah anak yang berbakti, sekaligus untuk menunjuk kan bahwa betapa menderitanya dia untuk bakti kepada orang tuanya karena harus mengorbankan keinginannya demi memenuhi keinginan orang tuanya.

Karena dia merasa menderita dengan pilihan orang tuanya, maka tumbuhlah rasa dendam dalam dirinya yang siap meledak setiap saat.

Jika orang tua terus memaksakan ego pribadinya, maka kemungkinan besar dalam diri seorang anak akan tumbuh hal-hal berikut yang semuanya saling berkaitan:

a. Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Timbul rasa dendam dalam hati

Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak
pixabay.com

Selain yang telah di terangkan di atas, rasa dendam dalam diri seorang anak juga tumbuh karena adanya penekanan yang terus menerus. Padahal sesuatu yang di tekankan untuk anak itu belum tentu orang tuanya mampu melaksanakan.

b. Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Menuduh orang tua sebagai penghancur masa depan

Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak
pixabay.com

Seorang anak akan menuduh orang tuanya sebagai penghancur masa depannya jika suatu jalan yang di pilih seorang anak di anggap bertentangan atau tidak di setujui oleh orang tuanya. Misalnya soal pendidikan, seorang anak ingin melanjutkan pendidikannya dengan kuliyah, tapi orang tuanya tidak setuju, atau bahkan menganggap hal itu bertentangan dengan dirinya, karena orang tuanya lebih setuju kalau dia ada di pesantren saja. Padahal dari kacamata orang umum kuliyah itu baik.

c.Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Menuduh orang tua gagal dalam membahagia kan anak

Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak
pixabay.com

Karena merasa terus-terusan di tekan dan sesuatu yang menjadi kebahagian nya justru di halangi, sang anak akan menganggap orang tuanya gagal dalam membahagiakan nya.

d. Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Menuduh orang tua gagal dalam mendidik

Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak
pixabay.com

seorang anak akan menganggap orang tuanya gagal dalam mendidik sebab tidak bisa menjadikan dirinya sejalan dan sesuai dengan berbagai pandangan dan jalan hidup orang tuanya.

e. Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Menuduh orang tua sebagai penjajah

Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak
pixabay.com

Karena merasa ruang gerak dan pemikirannya di batasi, dengan sangat mudah seorang anak akan menuduh orang tuanya sebagai penjajah.

Leave a Comment