Makanan Khas Tulungagung [Kuliner & Oleh oleh Khas Tulungagung]

Makanan khas Tulungagung – Tulungagung adalah satu diantara beberapa kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pemerintahan pusat Kabupaten Tulungagung terletak di Kecamatan Tulungagung.

Tulungagung dikenal sebagai daerah dengan penghasil marmernya yang terbesar di Indonesia. Tulungagung berada sekitar 154 km barat daya dari kota Surabaya yang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Timur.

Berbicara tentang Tulungagug, maka kurang lengkap rasanya jika kita juga tidak berbicara mengenai makanan khas Tulungagung. Seperti halnya daerah-daerah lain di Indonesia yang masing-masing memilik makanan khas.

Berikut adalah beberapa makanan khas Tulungagung yang paling populer:

Sate dan Gule Kambing Khas Tulungagung

makanan khas tulungagung

naufalizairaa.blogspot.com

Sate dan gule kambing memang sudah ada di tiap daerah. Namun sate dan gule kambing tulungagung ini berbeda dengan kebanyakan sate dan gule pada umumnya.

Sate dan gule kambing Tulungagung ini memiliki ciri khas khusus yang terletak pada bumbunya. Sate dan gule kambing ini bumbunya begitu meresap dalam masakannya sehingga membuat setiap orang yang menicipinya akan ketagihan.

Kue Sagon Oleh oleh Khas Tulungagung

makanan khas Tulungagung

ppke.feb.ub.ac.id

Jika Anda pergi berkunjung ke Tulungagung, Anda bisa menggunakan kue sagon ini sebagai oleh 0leh khas Tulungagung. Kue sagon ini bisa dengan mudah Anda temui di berbagai daerah Tulungagung.

Kue sagon sendiri adalah kue yang bahan dasar pembuatannya menggunakan teung sagu, tepung ketan dan kelapa. Nama kue sagon sendiri diambilkan dari salah satu bahan dasarnya yaitu sagu.

Selain sebagai oleh oleh khas Tulungagung, kue sagon ini biasanya juga dijadikan sebagai kue lebaran di hari raya.

Kuliner Khas Tulungagung Ayam Lodho

makanan khas Tulungagung

polahku.com

Ayam Lodho ini hampir mirip dengan opor ayam yang biasa kita jumpai. Beanya pada ayam lodho ini ayamnya dipanggang terlebih dahulu. Tentunya juga dengan bumbu yang sedikit berbeda dengan opor ayam.

Sempatkanlah untuk mencicipi kuliner khas Tulungagung ini jika Anda berkunjung ke Tulugagung. Banyak orang yang ketagihan setelah mencoba mencicipinya. Apakah Anda termasuk? silahkan coba sendiri.

Oleh Oleh Khas Tulungagung Jenang Syabun

makanan khas Tulungagung

tulungagungtourism.com

Jenang Syabun adalah makanan yang diolah dari bahan dasar beras ketan. Bentuk dari jenang ini mirip dodol dengan gabungan rasa manis dari dua jenis gula, yaitu gula jawa dan gula pasir.

Jenang ini memiliki tekstur yang lembut, kenyal namun tidak lengket. Jenang syabun yang asli tidak menggunakan pengawet sebagai bahan dasarnya, sehingga jenang ini jarang dipajang ditoko. Jika Anda ingin mencari oleh-oleh ini datang saja ke pabriknya di desa Botoran.

Kue Geti Khas Tulungagung

Makanan khas Tulungagung geti

tulungagungtourism.com

Kue geti/ geti adalah satu diantara beberapa makanan khas Tulungagung. Bahan dasar pembuatan kue ini adalah kacang tanah, ada juga yang menggunakan wijen atau gabungan dari keduanya sebagai bahan dasarnya.

Kacang tanah dan biji wijen ini kemudian direkatkan menggunakan rebusan gula merah yang pekat, selanjutnya dikeringkan yang akhirnya jadilah Geti yang memiliki rasa yang manis.

Daerah Tulungagung yang banyak memproduksi kue ini  adalah Kecamatan Gondang. Kecamatan lain juga banyak yang memproduksi.

Itulah beberapa makanan khas tulungagung. Tulungagung memang dikenal memiliki khas kuliner tersendiri. Selain yang diatas, sebut saja kopi hijau Tulungagung yang begitu melegenda di masyarakat.

Tulungagung juga terkenal dengan wisata pantainya yang indah, yaitu pantai kedung tumpang.

Jual ragi tempe murah

No Responses

Add Comment