menu MPASI 6 Bulan untuk bayi yang sehat

Menu MPASI 6 Bulan yang Sehat dengan Food Combining

Menu MPASI 6 bulan atau Makanan Pendamping ASI untuk bayi yang telah memasuki usia 6 bulan. Jika bayi sudah bisa duduk meskipun dengan bantuan, menegakkan kepala atau memasukkan benda kedalam mulutnya, itu tandanya ia sudah siap menerima MPASI.

Bayi yang telah memasuki usia 6 bulan yang diberi ASI serta MPASI ini lebih berpotensi untuk tumbuh menjadi anak yang hebat. Ia akan tumbuh menjadi anak yang memiliki IQ dan EQ tinggi. Memiliki tingkat kepedulian yang tinggi dan tanggap terhadap hal-hal baru.

Oleh sebab itulah para Ibu sangat penting untuk memperhatikan menu MPASI 6 bulan atau makanan pendamping untuk bayi usia 6 bulan.

Menu MPASI 6 Bulan yang Sehat

menu MPASI 6 Bulan untuk bayi yang sehat
Kesehatanaz.com

Pastinya Ibu menginginkan bayinya tumbuh menjadi anak yang hebat dan sehat. Oleh sebab itu Ibu harus pintar dalam memenuhi nutrisi harian bayinya secara rutin dan terjadwal dengan memberikan menu MPASI 6 bulan yang sehat (makanan pendamping ASI untuk bayi usia 6 bulan).

Makanan bayi 6 bulan ini bisa Ibu berikan berupa makanan yang lembut dan agak cair yang mirip dengan bubur susu, yogurt, bubur buah atau bubur sayuran.

Meskipun telah memberikan MPASI, ASI juga masih terus diberikan sampai genap usia 2 tahun. Sebab MPASI atau makanan tambahan ini sifatnya hanya untuk mendampingi dan melengkapi nutrisi bayi saja, bukan sebagai makanan/nutrisi pokoknya.

Jadwal Menu MPASI 6 Bulan Food Combining

Para Ibu perlu menjadwal dan merencanakan makanan bayi yang memasuki usia 6 bulan dengan teratur dan tertib agar Ibu tidak kerepotan sewaktu bayinya lapar karena telah memasuki jam makan.

Nah, jika para Ibu masih bingung dengan perencanaan dan penjadwalan MPASI untuk bayi, tabel dibawah ini mungkin bisa menjadi referensi untuk para Ibu:

Menu MPASI 6 bulan yang sehat
sayangianak.com

Tekstur makanan itu secara bertahap bisa diganti dengan makanan yang lebih lembik atau dicincang yang sekiranya mudah ditelan oleh bayi, seperti bubur kacang hijau, nasi tim halus dan bubur nasi campur.

Ibu dapat memberikan MPASI kepada bayinya berupa makanan lumat seperti ikan, telur, daging, tahu, tempe dan buah yang dilumat/disaring seperti pisang lumat halus, tomat saring, pepaya lumat dan air jeruk manis. Sedangkan untuk bubur Ibu bisa membuatkannya bubur ASI/Susu.

Usahakanlah para Ibu untuk mengenalkan berbagai jenis makanan, seperti buah atau sayur kepada bayi sebagai pendukung dan pelengkap asupan nutrisi bayi seperti kalsium, protein, zat besi, zinc, vitamin A, vitamin C dan folat.

Jika Ibu telaten dalam memberikan menu MPASI bayi 6 bulan secara rutin dan terjadwal, ibu bisa lebih mudah dalam membentuk pola makan bayi untuk memaksimalkan perkembangan fisik dan mentalnya.

Kunjungi Toko Online Rekomended untuk Peralatan Bayi.

Resep MPASI 6 Bulan

Resep MPASI 6 bulan atau makanan pendamping ASI untuk bayi usia 6 bulan ini bisa Ibu buat sendiri di rumah. Tidak perlu mahal, dengan buah dan makanan sederhana, resep MPASI 6 bulan pun cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi 6 bulan.

Berikut adalah resep MPASI 6 bulan yang bisa Ibu coba di rumah:

Pure Alpukat

Bahan: ASI dan buah alpukat 1 buah.

Cara membuat:

  • Kupas buah alpukat dan ambil dagingnya
  • Haluskan menggunakan blender atau saringan kawat
  • Campur Alpukat yang sudah dihaluskan dengan ASI/Sufor.

Pure Pepaya

Bahan: ASI dan sepotong buah pepaya.

Cara membuat:

  • Potong kecil-kecil buah pepaya dan haluskan.
  • Campur pepaya halus dengan ASI menggunakan blender/lainnya.
  • Siap untuk disajikan.

Pure Pepaya dan Pir

Bahan: 30 gram pir yang sudah dikupas, 30 gram pepaya kupas dan ASI.

Cara membuat:

  • Kukus pir kupas sampai lunak.
  • Blender semua bahan yang ada sampai halus.
  • Siap disajikan.

Pure Oatmeal

Bahan: 1 sdm oatmeal, ASI, air secukupnya.

Cara membuat:

  • Campurkan oatmeal dengan air.
  • Masak hingga mendidih, lalu angkat.
  • Campurkan ASI/Sufor kedalam oatmeal yang sudah dimasak tadi.
  • Siap disajikan.

Itulah beberapa resep MPASI 6 bulan yang bisa Ibu coba di rumah.

Leave a Comment