wisata dieng wonosobo-banjarnegaraTelaga warna adalah salah satu objek wisata yang sangat direkomendasikan oleh Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Disebut telaga warna karena wrna dari telaganya yang sering berubah-ubah, hal itu terjadi karena telaganya banyak mengandung sulfur sehingga ketika terkena sinar matahari warnanya sering berubah-ubah.

Objek Wisata Dieng dan Jawa Tengah yang Layak Dikunjungi

Objek wisata Dieng dan Jawa Tengah begitu banyak dan melimpah. Hampir setiap kota dan kabupaten di Jawa Tengah terdapat objek wisata yang layak untuk dikunjungi. Keindahan alamnya yang begitu mempesona membuatnya tak hanya layak untuk dikunjungi wisatawan lokal, wisatawan asing pun layak untuk mengunjunginya.

Selain keadaan alamnya yang begitu indah, biaya untuk objek wisata Jawa Tengah juga sangat terjangkau bahkan untuk kelas ekonomi menengah ke bawah.

Dan lagi, objek wisata di Jawa Tengah tidak terbatas hanya pada satu kategory saja, melainkan lebih luas lagi, karena objek wisata yang ada di Jawa Tengah telah mencakup berbagai kategory seperti pegunungan, pantai, situs bersejarah, museum, kebun binatang, dll.

Berikut adalah beberapa objek wisata yang ada di Jawa Tengah:

Contents

1. Objek Wisata Candi Borobudur Magelang

Objek wisata candi borobudur adalah salah satu objek wisata yang paling direkomendasikan oleh jawa tengah untuk dikunjungi. Objek wisata ini telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia yang harus dilindungi dan menjadi candi terbesar di dunia.
Candi Borobudur tampak dari atas. via wisata-jogja.net

Salah satu objek wisata di Jawa Tengah yang masuk dalam 7 keajaiban dunia. Situs yang telah ditetapkan UNESCO sebagai warisan dunia ini sangat layak untuk dikunjungi.

Candi Borobudur terletak sekitar 40 km dari sebelah barat laut Yogyakarta,atau 7 km dari arah selatan kota Magelang.

Candi Borobudur menyediakan fasilitas yang cukup lengkap seperti hotel, restaurant, toko cendramata, transportasi, pom bensin, alat komunikasi, dan masih banyak lagi.

Tips dan Saran: Candi Borobudur cuacanya sangat panas, siapkanlah payung dan topi jika hendak berkunjung, jangan lupa juga bawa sunblock agar kulit tidak terbakar matahari. Tapi kalau tidak ingin repot bawa payung dari rumah di dekat pintu masuk banyak yang menyewakan payung.

2. Objek Wisata Ketep Pass Magelang

Objek wisata ketep pass megelang adalah salah satu destinasi wisata yang direkomendasikan oleh jawa tengah yang layak dikunjungi. Objek wisata ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah. Pengunjung yang datang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.
keindahan pemandangan alam dari ketep pass. via www.angkisland.com

Ketep pass adalah salah satu objek wisata pemandangan alam yang ada di Jawa Tengah. Di tempat ini kamu bisa menyaksikan secara langsung semburan awan panas dari gunung Merapi.

Selain itu Ketep Pass juga memiliki sejumlah destinasi wisata pendukung lainnya seperti Museum Vulkanologi, Bioskop Mini, Teropong, Pelataran Panca Arga, dan Gardu Pandang. Khusus untuk Pelataran Panca Arga, darisana kamu bisa menyaksikan lima gunung sekaligus yaitu gunung Merapi, Sindoro, Merbabu, Slamet, dan Sumbing.

3. Rafting di Sungai Progo Magelang

Objek wisata rafting atau arung jeram di sungai progo atau elo magelang kini menjadi salah satu yang sangat diminati oleh para wisatawan pecinta alam. Arung jeram di sungai progo dan elo ini menawarkan keadaan alamnya yang sangat baik dan indah. Kini sungai elo atau progo menjadi kiblat bagi para pecinta rafting atau arung jeram
pacu adrenali dengan rafting. via progorafting.com

Masih dari Magelang, objek wisata selanjutya yang layak dikunjungi untuk pengalaman adrenalinmu adalah arung jeram atau rafting trip disungai Elo, sungai Progo atas, dan sungai Progo bawah yang berada di kabupaten Magelang. 

Kawasan ini dikelola oleh Tim Citra Elo Rafting yang berpengalaman yang terdiri dari Tim River Guide dengan jam arung rata-rata sudah 10 tahun lebih diberbagai sungai dan Tim Darat sebagai pendukung operasional pengarungan.

4. Objek Wisata Taman Nasional Karimun Jawa Jepara

Objek wisata taman nasional karimun jawa kini menjadi salah objek wisata yang sangat direkomendasikan oleh kabupaten jepara khususnya dan jawa tengah umumnya. Selain keindahan alamnya, objek wisata taman nasional karimun jawa juga menawarkan berbagai destinasi wisata pendukung lainnya. Banyak sekali yang menarik dari taman nasional karimun jawa ini mulai dari pemandangan alamnya, alam bawah lautnya, pantainya, dan masih banyak lagi.
Indahnya Taman Nasional Karimun Jawa. via adventourland.com

Objek wisata yang direkomendasikan pertama untuk Jawa Tengah dari Jepara adalah Taman Nasional Karimun Jawa. Ada 27 gugusan pulau yang terdapat di Karimun Jawa. Tempat ini dulunya disebut kepulauan, terletak 83 km dari barat laut kota Jepara.

Untuk bisa menikmati Karimun Jawa secara keseluruhan butuh waktu yang lama, kurang lebih antara tiga sampai empat hari.

5. Objek Wisata Pantai Kartini Jepara

Objek wisata pantai kartini adalah destinasi wisata pantai andalan dari kabupaten jepara. Selain keindahan pantainya, pantai kartini juga menyuguhkan berbagai fasilitas pendukung lainnya seperti water boom, kolam renang, dll.
Keindahan pantai kartini tampak dari atas. via id.wikipedia.org

Objek wisata selanjutnya yang berada di Jepara adalah Pantai Kartini, letaknya sekitar 3 km dari pusat kota Jepara. Letak Pantai Kartini ini sangat strategis karena dari jalur laut mengarah langsung menuju ke Taman Nasional Karimun Jawa.

Pantai Kartini memiliki pasir berwarna putih dan ombak yang tenang. Selain keindahan alamnya, Pantai Kartini juga menyuguhkan berbagai wahana menarik, antara lain Kura-kura Ocean Park, Spoor Mini, Wahana bermain anak, Catur raksasa, Panggung hiburan, Tugu Kartini,Kolam kecek, dan masih banyak lagi.

6. Objek Wisata Dieng Wonosobo-Banjarnegara

Objek wisata yang sangat indah dan eksotis di wonosobo dan banjarnegara sekaligus sangat direkomendasikan oleh jawa tengah adalah kawasan wisata Dieng wonosobo dan banjarnegara. keindahan alamnya mampu membuat orang jatuh cinta kepadanya saat pertama kali mengunjunginya. berbagai keindahan alam terhampar di kawasan wisata Dieng Wonosobo dan Banjarnegara.
Peta wisata Dieng via tempatwisataseru.com

Objek wisata Dieng ini memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Di sana banyak terdapat pegunungan yang sangat indah untuk menyaksikan pemandangan dari dataran tinggi. Selain itu juga banyak telaga yang keindahannya tidak bisa digambarkan dengan kata-kata.

Kawasan Dieng ini masuk dalam dua kabupaten, yaitu kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Kawasan Dieng bisa dikatakan sebagai kawasan gunung api raksasa yang masih memiliki vulkanik aktif.

Berikut adalah beberapa objek wisata di Dieng yang layak untuk dikunjung

a. Objek Wisata Dieng Telaga Warna

Objek wisata Telaga warna adalah salah satu objek wisata yang sangat direkomendasikan oleh Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Disebut telaga warna karena wrna dari telaganya yang sering berubah-ubah, hal itu terjadi karena telaganya banyak mengandung sulfur sehingga ketika terkena sinar matahari warnanya sering berubah-ubah.
Objek wisata Dieng Telaga Warna dari ketinggian. via www.youtube.com

Salah satu objek wisata andalan Dieng adalah Telaga Warna. Keindahan danaunya yang menakjubkan mampu membuat pengunjung untuk langsung jatuh cinta kepadanya.

Danau ini dinamakan Telaga Warna karena telaganya yang sering berubah warna, telaganya kadang berubah warna menjadi hijau, kuning, atau pelangi. Hal ini terjadi karena telaganya mengandung banyak sulfur sehingga ketika tersorot sinar matahari telaganya menjadi berubah-ubah warnanya.

Selain objek wisata Telaga Warna, di dekitarnya juga banyak terdapat objek wisata lain seperti Bukit Sidengkeng, Goa Semar, Goa Sumur Eyang Kumalasari, Goa Pengantin, dan Goa Jaran. Jadi kamu bisa lebih banyak mengunjungi objek wisata pada satu tempat.

Waktu yang sangat disarankan untuk berkunjung ke objek wisata Telaga Warna adalah pagi hari sampai siang hari. Karena jika anda berkunjung di sore hari kemungkinan besar Telaga Warna akan diselimuti kabut.

Harga tiket masuk: Rp 7000; (Th 2016)

Parkir Roda 2      : Rp 2000;

Parkir Roda 4      : Rp 5000;

b. Objek Wisata Dieng Telaga Pengilon

Objek wisata Telaga Pengilon berada didekat Telaga Warna, air dari telaga ini sangat jernih bisa untuk bercermin. Dinamakan Telaga Pengilon karena ada mitos yang mengatak bahwa seseorang yang bercermin di telaga ini akan melihat hakikat dari pribadinya. Jka pribadinya baik maka akan melihat wujudnya dalam bentuk yang indah, tapi jika pribadinya buruk maka akan melihat dirinya dalam wujud yang buruk pula.
Keindahan pemandangan Telaga Pengilon via www.flickr.com

Objek wisata Dieng Telaga Pengilon letaknya agak berdampingan dengan Telaga Warna, jadi kamu bisa lebh mudah mengunjungi keduanya sekaligus. Telaga Pengilon berada di desa Jojogan, tapi lebih mudah dijangkau melalui desa Dieng atau melewati pintu masuk yang sama dengan Telaga Warna.

Telaga ini dinamakan Telaga Pengilon karena airnya yang sangat bersih dan jernih sehingga bisa digunakan untuk bercermin, pengilon sendiri berasal dari bahasa jawa yang artinya tempat bercermin, tempat introspeksi diri, tempat melihat lubuk hati, dan tempat melihat jatidiri manusia.

Dengan bercermin di Telaga pengilon kamu akan melihat wujud aslimu . Jika kamu memiliki hati yang bersih maka telaga itu akan menampilkan kecantikan dan keelokan wujudmu. Sebaliknya, jika kamu memiliki hati yang kurang bersih telaga itu akan menampilkan wujudmu yang kurang cantik dan elok.

Setidaknya itulah mitos dari keunikan objek wisata Telaga Pengilon yang berkembang di masyarakat sampai sekarang.

Selain itu objek wisata Telaga Pengilon banyak dikelilingi oleh bukit dengan tumbuhan endemik akasia. Hal ini membuat objek wisata Telaga Pengilon semakin indah dan sejuk. Biasanya para pendaki dari Gunung Prau atau Bukit Sikunir kalau masih ada waktu  akan mampir kembali ke Telaga ini untuk beristirahat.

c. Objek Wisata Dieng Bukit Sikunir

Objek wisata Bukit Sikunir memiliki keindahan alam yang sangat menawan, darisana kita bisa menyaksikan telaga cebong, candi-candi, rumah warga, gunung-gunung yang berderetan, dan yang paling diburu oleh para pengunjung yaitu pemandangan sunrise.
Keindahan bukit sikunir via panduanwisatadieng.com

Sikunir memang bukit kecil, tapi kesan yang didapat begitu mengena saat berkunjung ke bukit ini, apalagi dengan keindahan golden sunrise nya. Sikunir disebut sebagai surganya sunrise dan lanscape bagi para pecinta pemandangan alam.

Dari atas bukit Sikunir kamu bisa melihat gunung -gunung yang berderetan, telaga Cebong, rumah-rumah penduduk, dan sunrise. Melihat pemandangan sunrise adalah yang paling dicari para pengunjung.

Waktu terbaik untuk berkunjung objek wisata Sikunir sebenarnya sama saja karena sunrise yang terlihat dari Sikunir tiap waktu berbeda-beda, tetapi akan lebih baik jika kamu berkunjung saat musim kemarau agar pemandangan tidak tertutup dengan kabut dan asap.

d. Objek Wisata Dieng Gunung Prau

Objek wisata gunung prau adalah tempat paling romantis untuk menyaksikan sunrise. Bahkan ada yang mengatakan pemandangan sunrise di gunung prau adalah pemandangan sunrise terbaik yang ada di asia tenggara. Oleh sebab itu gunung prau sangat digemari oleh para p[ec[inta wisata alam.
Objek wisata Dieng Gunung prau tempat paling romantis untuk menyaksikan sunrise. via berbagitrip.blogspot.com
Salah satu objek wisata Dieng yang layak untuk dikunjungi selanjutnya adalah Gunung Prau. Gunung Prau memang tidak terlalu tinggi, tapi pesona yang disuguhkan begitu luar biasa. Bahkan sebagian pendaki mengatakan pemandangan sunrise di Gunung Prau adalah yang terindah di asia tenggara, gunung ini juga dikenal dengan gunung seribu bukit.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan jika kamu ingin mendaki Gunung Prau adalah sebagai berikut:

  • Siapkan penerangan, jika kamu ingin melihat sunrise tentu kamu harus berangkat mendaki Gunung Prau saat dinihari, dengan adanya peneranga akan lebih membantu pendakianmu.
  • Siapkan diri untuk pendakian, jalur pendakian memang tidak terlalu jauh. Hanya berkisar antara 2-3 jam saja, namun untuk pendaki pemula hal itu cukup melelahkan.
  • Siapkan makanan untuk bekal selama perjalanan mendaki karena warung-warung di jalur pendakian saat dinihari belum buka.
  • Jangan lupa bawa masker karena selama pendakian udara sangat dingin dan membuat hidung berair, dengan menggunakan masker akan sedikit menghangatkan hidungmu.
  • Jangan lupa siapkan jasa pemandu jika kamu masih pendaki pemula dan belum tau rute perjalanannya, jasa pemandu dapat disewa dengan harga sekitar 200 ribu.

e. Objek Wisata Dieng Telaga Cebong

Objek wisata telaga cebong adalah objek wisata alam selanjutnya yang disuguhkan oleh kawasan wisata dieng. Berada tidak jauh dari telaga warna dan bukit sikunir, sehingga memungkinkan untuk mengunjungi ketiganya sekaligus.
Pemandangan Telaga Cebong dipagi hari via negeriangin-negeriangin.blogspot.com

Telaga Cebong ini terletak di desa tertinggi Jawa yaitu desa Sembungan. Telaga Cebong ini terjadi dari bekas kawah purba. Dulu luas Telaga ini mencapai 18 hektar tapi sekarang menyempit menjadi 12 hektar saja.

Letak Telaga Cebong ini berada di sebelah barat gunung Sikunir berbentuk seperti cebong atau berudu, sebab itulah telaga ini dinamakan menjadi Telaga Cebong

Pada pagi hari air Telaga Cebong ini sangat berkilau seperti minyak jika disaksikan dari gunung Sikunir. Selain itu, tidak banyak yang tahu kalau ternyata ada dua telaga yang ada di desa Sembungan. Telaga yang satunya ini terletak di gunung Pakuwojo tepat disekitar batu yang mirip dengan paku sehingga orang sekitar menyebutnya pakuwojo atau paku baja.

f. Objek Wisata Dieng Candi Arjuna

Objek wisata candi arjuna adalah objek wisata situs bersejarah yang layak dikunjungi saat berkunjung ke Dieng. Lokasinya berada satu jurusan dengan objek wisata yang lainnya seperti museum kailasa, dieng teater plateau, dan kawah sikidang.
Objek wisata Dieng Candi Arjuna via blog.misteraladin.com

Tempat lain yang layak untuk kamu kunjungi saat berkunjung ke Dieng adalah Candi Arjuna. Di komplek Candi Arjuna ini tidak ada arca seperti yang biasa menghiasi candi-candi pada umumnya, karena arca yang berasal dari komplek Candi Arjuna ini disimpan di Museum Kailasa yang letaknya di depan pintu masuk komplek Candi Arjuna.

Ada empat candi utama yang ada di komplek ini, yaitu Candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Namun hanya Candi Arjuna yang memiliki candi sarana, yaitu Candi Semar.

Harga Tiket Masuk: Rp 15000+ Tiket Masuk Kawah Sikidang (2016)

g. Objek Wisata Dieng Kawah Sikidang

Objek wisata kawah sikidang adalah destinasi yang direkomendasikan selanjutnya di kawasan wisata dieng. Kawah ini berdekatan dengan objek wisata lain seperti candi arjuna, museum kailasa, dan dieng plateau theater. Sehingga memungkinkan untuk mengunjungi semuanya sekaligus.
Keindahan aktivitas kawah sikidang via panduanwisatadieng.com

Salah satu objek wisata Dieng yang rekomended selanjutnya adalah Kawah Sikidang. Kawah Sikidang adalah cekungan kawah yang terbentuk akibat aktivitas gunung berapi di dataran tinggi Dieng. Lokasinya berada satu arah dengan Candi Arjuna.

Keistimewaan Kawah Sikidang yang lain adalah lokasinya yang datar sehingga pengunjung dapat menyaksikan letupan dan semburan gas dari kawah dengan jelas. Karena pada umumnya kawah gunung terletak di pucuk gunung sehingga menyulitkan untuk melihat aktivitasnya secara langsung dan dekat.

Harga Tiket Masuk: Rp 6000 (2016)

h. Objek Wisata Dieng Telaga Merdada

Telaga Merdada adalah telaga terbesar yang ada di Dieng. Banyak keindahan alamnya yang bisa disaksikan di Telaga Merdada seperti candi-candi, perbukitan, rumah-rumah warga, dan masih banyak lagi. Talaga Merdada adalah salah satu telaga terindah yang ada di Dieng. Banyak keindahan alam dan fenomena alam yang dapat disaksikan di kawasan wisata Dieng.
Telaga Merdada dari kejauhan via wisatadiengtour.com

Telaga Merdada adalah telaga terluas yang ada di Dieng. Di Telaga Merdada ini banyak menyuguhkan keindahan alam seperti kawah, telaga, perbukitan, dan candi.

Indahnya alam Telaga Merdada ini karena pada dasarnya Dieng adalah kawasan gunung berapi raksasa yang banyak terdapat peninggalan situs-situs bersejarah sehingga banyak ditemui keindahan-keindahan dari venomena alam dan candi-candi bersejarah.

Diantara keindahan Telaga Merdada adalah pemandangannya yang indah dan menakjubkan. Telaga terhampar di depan mata dengan airnya yang jernih, ditambah dengan perbukitan hijau mengelilingi telaga semakin memperindah pemandangan.

Selain itu bentuk Telaga Merdada ini sangat unik, yaitu bentuknya seperti cekungan bekas kaldera letusan gunung berapi yang sangat besar.

i. Objek Wisata Dieng Plateau Theater Dieng

Objek wisata Dieng Plateau Theater adalah sebuah tempat untuk pemutaran film dokumenter seputar Dieng. Gedung terwujud sebagai bentuk keseriusan pengelola kawasan wisata Dieng. Film yang diputar berdurasi sekitar 20 menit.
Objek wisata Dieng Plateau Theater via indahnesia.net

Salah satu bentuk keseriusan pengelola kawasan wisata Dieng dalam mengembangkan Pariwisatanya adalah membangun Dieng Plateau Theater. Dieng Plateau Theater adalah tempat pemutaran film dokumenter Dieng Plateau. Film yang ditayangkan berjudul Bumi Kahyangan Dieng Plateau yang berdurasi sekitar 20 menit.

Dieng Plateau Theater memiliki kapasitas kursi sebanyak 60, bangunannya cukup megah. Lokasinya satu arah dengan Candi Arjuna dan Kawah Sikidang, sehingga juga memungkinkan untuk mengunjungi kedua objek wisata tersebut sekaligus.

j. Objek Wisata Dieng Sumur Jalatunda

Objek wisata Sumur Jalatunda adalah destinasi wisata alam selanjutnya yang ada di kawasan wisata Dieng. Sumur ini memiliki keunikan, yaitu mitos yang berkembang jika kita bisa melempar batu sampai ke ujung dinding sumur maka apa yang kita inginkan akan terkabul.
Objek Wisata Dieng Sumur Jalatunda tampak dari atas via melangkahlebihjauh.wordpress.com

Objek wisata dieng selanjutnya yang layak dan patut untuk kamu kunjungi adalah Sumur Jalatunda. Sumur ini memiliki ukuran diameter selebar 90 meter.

Sumur Jalatunda terbentuk akibat letusan besar gunung berapi jutaan tahun yang lalu. Akibat letusan itulah terbentuk lubang kawah seperti sumur, seiring berjalannya waktu lubang itu terisi dengan air hingga terbentuklah Sumur Jalatunda seperti sekarang.

Sumur Jalatunda terletak di kawasan Dieng yang paling barat, yaitu di kawasan Dieng zona 2. Selain Sumur Jalatunda di kawasan ini juga terdapat destinasi objek wisata lain seperti Kawah Sileri, Bukit Cemeti, Kawah Candradimuka, dan Telaga Dringo.

Salah satu keistimewaan Sumur Jalatunda adalah dikenal sebaga sumur pengabul keinginan. Ya itu hanya mitos, kita tidak perlu percaya dengan hal seperti itu, tapi cukuplah mitosnya itu kita jadikan  sebagai wawasan dan hiburan saja.

Mitos Sumur Jalatunda yang beredar di masyarakat yaitu barang siapa yang bisa melempar batu sampai ke ujung dinding sumur maka apa yang diinginkannya akan terkabul. Keunikan lain dari Sumur Jalatunda yaitu anak tangga yang digunakan untuk naik ke sumur akan sulit dihitung secara pasti. Setiap orang yang mencoba menghitungnya selalu mendapatkan hasil yang berbeda.

7. Objek Wisata Batik Laweyan Solo

Objek wisata Kampung Batik Laweyan Solo adalah objek wisata budaya dan belanja yang ada di kampung Laweyan Solo. Kampung ini bergaya arsitektur eropa, sehingga setiap orang yang berkunjung ke kampung Laweyan ini akan merasakan sensasi seperti berada di eropa.
Kampung Batik Laweyan Solo via oldcahangonsolo.blogspot.com

Objek Wisata di Jawa Tengah yang rekomended selanjutnya adalah kampung Batik Laweyang Solo. Saat kamu berkunjung ke Kampung Batik Laweyan Solo kamu akan merasakan sensasi seperti berada di Eropa. Kampung Batik Laweyan Solo ini memiliki arsitektur bergaya Eropa yang mendalam.

Di kampung Laweyan ini kamu dapat berkeliling mencari batik yang kamu sukai dari satu toko ke toko yang lain.

Menurut kisah yang beredar, yang mengajari penduduk Laweyan membatik adalah Ki Ageng Henis atau kakek dari Panembahan Senopati. Konon usia kampung Laweyan jauh lebih tua daripada Keraton Kasunanan Solo. Kampung Laweyan sudah beroperasi dengan batiknya sejak kerajaan pajang berkuasa di Jawa pada abad ke-16.

8. Objek Wisata Ngarsopura Night Market Solo

Objek wisata Ngarsopuro Solo adalah pasar malam yang dibuka pada hari Sabtu dan Minggu dari jam 19.00-21.00 WIB. Di pasar ini banyak menyediakan souvenir dari berbagai kerajinan dan batik. Pasar ini selalu ramai dipenuhi oleh pengunjung.
Pasar malam Ngarsopuro Solo via www.klikhotel.com

Obyek Ngarsopura Night adalah pasar malam yang dibuka pada hari Sabtu dan Minggu dari pukul 19.00-21.00 WIB. Pasar ini hanya dikhususkan untuk berdagang warga asli Solo atau yang memiliki KTP Solo.

Di Ngarsopura Night ini banyak menyediakan souvenir dan cenderamata dari berbagai kerajinan dan batik. Di tempat ini juga menyediakan hiburan pendukung berupa live performance seperti musik jazz, musik etnik, dan tarian. Hal ini dilakukan memang untuk meramaikan suasana Ngarsopura Night.

9. Objek Wisata Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Solo

Objek wisata keraton kasunanan Surakarta adalah destinasi wisata budaya dan sejarah. Budaya Jawa masih telihat sangat kental di Keraton Surakarta, selain itu di Keraton Surakarta ini juga terdapat museum yang menyimpan berbagai fragmen dan candi dari Jawa Tengah.
Upacara yang sedang diadakan oleh Keraton Surakarta via www.timlo.net

Keraton Kasunanan ini didirikan oleh Sunan Paku Buwono II, kini tempat ini penuh dengan nilai sejarah.

Di dalam Keraton ada tempat yang disebut sebagai Panggung Sanggabuwana, konon di tempat itulah Susuhan bersemedi dan bertemu dengan Nyi Roro Kidul.

Disana juga terdapat museum yang menyimpan barang-barang peninggalan keraton dan fragmen candi-candi dari Jawa Tengah.

10. Objek Wisata Kota Lama Semarang

Objek wisata kota lama semarang adalah destinasi wisata bangunan tua hasil peninggalan dari Belanda. Kota Lama ini sering disebut sebagai Litle Netherland. Berada di kota ini serasa seperti berada di zaman dulu.
Menikmati suasana tempo doeloe di Kota Lama via wisatalagi.blogspot.com

Ada banyak destinasi objek wisata yang ada di Semarang, salah satunya adalah Kota Lama yang diberi sebutan sebagai Litle Netherland. Tempat ini memiliki gaya bangunan yang berarsitektur eropa. Landmark yang paling menarik di kota ini adalah Gereja Blenduk yang sudah berusia lebih dari 2,5 abad.

Kota Lama adalah kota destinasi wisata bagi para pecinta sejarah dan fotografi yang ada di Indonesia. Selain greja blenduk ada destinasi wisata pendukung yang layak untuk kamu kunjungi yaitu kawasan Stasiun Tawang dan Polder Air Tawang.

11. Objek Wisata Lawang Sewu Semarang

Objek wisata Lawang Sewu adalah destinasi wisata situs bersejarah yang direkomendasikan oleh kota Semarang, bangunan tua ini masih terawat sampai sekarang. Lawang Sewu yang berarti pintu seribu tidaklah menunjukkan pintunya benar-benar berjumlah seribu, melainkan sebagai sebutan saja karena banyaknya pintu yang ada.
Lawang Sewu, bangunan tua yang sarat dengan nilai sejarah via www.tutorialoka.com

Lawang Sewu adalah bangunan yang memiliki nilai sejarah, bangunan ini masih terawat sampai sekarang. Bangunan ini dibangun oleh kolonial Belanda pada tahun 1904 M sebagai kantor pusat perusahaan kereta api (trem) Belanda.

Lawang Sewu hanya sebutan saja untuk pintunya yang terlalu banyak, jumlah pintu yang sebenarnya hanya 429 pintu bukan 1000.

12. Objek Wisata Sam Po Kong Semarang

Objek wisata Sam Po Kong adalah Destinasi wisata klenteng bersejarah. Klenteng Sam Po Kong ini memiliki banyak keunikan. Saat kamu berkunjung ke klenteng ini akan merasakan sensasi yang sangat berkesan.
Keindahan Klenteng Sam Po Kong via 500px.com

Sam Po Kong adalah Klenteng, selain tempat ibadah, Sam Po Kong juga menjadi salah satu Destinasi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Sam Po Kong juga dikenal dengan sebutan Gedong Batu.

Komplek Klenteng Sam Po Kong terdirir dari beberapa anjungan, yaitu Klenteng Besar, Klenteng Tho Tee Kong, Goa Sam Po Kong, dan tempat-tempat pemujaan yaitu Kyai Juru Mudi, Kyai Jangkar, Kyai Cundrik Bumi, dan Mbah Kyai Tumpeng.

13. Objek Wisata Rawa Pening Kab.Semarang

Objek wisata Danau Rawa Pening adalah objek wisata alam yang terletak di kecamatan Bawen, Tuntang, Ambarawa, dan Banyu Biru. Rawa pening termasuk salah satu objek wisata alam yang direkomendasikan oleh Kabupaten Semarang.
Keindahan pesona Danau Rawa Pening via wisatanesia.co

Rawa pening adalah sebuah danau wisata yang terletak di wilayah kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyu Biru Kabupaten Semarang dan berada dibawah lereng gunung Telomoyo, Merbabu, dan Ungaran. Luas Danau ini adalah 2670 hektare.

Rawa Pening sangat erat kaitannya dengan cerita-cerita legenda seorang anak yang mencari pengakuan dari ayah kandungnya dan keserakahan manusia.

14. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah sebenarnya bukanlah objek wisata, tetapi karena keindahan dan kemegahannya banyak orang yang berkunjung walau sekedar hanya untuk foto-foto, masjid ini memiliki luas wilayah selebar 10 hektar.
Keindahan Masjid Agung Jawa Tengah via www.akcayatour.com

Masjid ini terletak di jalan Gajah Raya, kel.Sambirejo, kec.Gayamsari, Kota Semarang. Sebenarnya ini bukanlah objek wisata, melainkan masjid tempat untuk ibadah, tetapi karena kemegahan dan keindahannya menjadikan masjid ini ramai dikunjungi walau sekedar untuk berfoto-foto.

Masjid ini memiliki luas 10 hektar dan bangunan induk untuk sholat seluas 7.669 meter persegi. Masjid ini bergaya perpaduan antara arsitektur Jawa, Jawa Tengah, dan Yunani.

15. Objek Wisata Gedong Songo Semarang

Objek wisata gedong songo adalah destinasi wisata situs bersejarah yang direkomendasikan oleh Kabupaten Semarang.
Candi Gedong Songo via infojalanjalan.com

Gedong Songo terletak di Desa Candi, Kec. Bandungan, Kab. Semarang. Sesuai dengan namanya, Gedong Songo memiliki sembilan Candi yang tersebar di komplek area wisata.

Gedong Songo adalah objek wisata alam dan sejarah. Wisatawan yang berkunjung tak hanya dari lokal saja, wisatawan asing juga banyak yang berkunjung ke Gedong Songo.

16. Objek Wisata Umbul Sidomukti Ungaran

objek-wisata-umbul-sidomukti
www.semarangplus.com

Wisata Umbul Sidomukti Ungaran berada di sebelah selatan lereng gunung Ungaran di ketinggian 1.200 mdpl, kawasan ini masih masuk dalam Kabupaten Semarang. Umbul Sidomukti adalah wisata alam yang menawarkan berbagai fasilitas seperti outbond, kolam renang dengan dinding bebatuan alami, area kemah, pondok makan, ruang pertemuan, dan masih banyak lagi.

Fasilitas outbond yang layak untuk dicoba adalah fliying fox dengan panjang lintasan mencapai 110 meter di tiga lokasi yang berbeda sesuai ketinggian yang diinginkan, dan fliying fox yang ada di Umbul ini adalah fliying fox yang tertinggi di Indonesia.

17. Objek Wisata Pancuran Pitu da Pancuran Telu Baturaden Banyumas

nasyiatun.blogspot.com
nasyiatun.blogspot.com

Objek wisata Komplek Baturaden berada di selatan lereng gunung Slamet. Baturaden adalah salah satu objek wisata alam yang ada di Jawa Tengah. Keindahan alamnya akan memanjakan setiap orang yang mengunjunginya.

Di antara objek wisata yang ada di Baturaden adalah Pancuran Pitu dan Pancuran Telu. Pancuran Pitu dan Pancuran Telu adalah sebuah pancuran pemandian air panas. Air dari pancuran itu memiliki tekanan suhu antara 60-70 derajat celcius.

Banyak orang yang memanfaatkan air panas pancuran itu untuk terapi dan mengobati penyakitnya.

18. Objek Wisata Wana Baturaden Banyumas

www.wisatamu.com
www.wisatamu.com

Wana Wisata Baturaden adalah sebuah kawasan alam hijau terbuka, sangat cocok untuk berkemah atau mendirikan tenda disana bersama keluarga dan teman-teman. Wana Wisata Baturaden terletak sekitar 2 km dari pintu masuk kawasan Wisata Baturaden.

19. Objek Wisata Telaga Sunyi Baturaden Banyumas

katalogwisata.com
katalogwisata.com

Objek wisata yang layak untuk dikunjungi selanjutnya dari Baturaden adalah Telaga sunyi. Telaga Sunyi terletak di pusat Komplek Wisata Baturaden. Telaga Sunyi airnya sangat jernih dan murni, selain itu juga disajikan dengan keindahan alam sekitarnya yang menyejukkan sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat refreshing atau melepas penat dan stress.

20. Objek Wisata Teater Alam Baturaden Banyumas

anekatempatwisata.com
anekatempatwisata.com

Salah objek wisata yang tidak boleh terlewatkan di Baturaden adalah Teater Alam Baturaden. Penonton akan merasakan sensasi yang beda dari biasanya, sebab tempat teater disini berbentuk pesawat. Film yang ditayangkan di Teater ini adalah film yang bertemakan tentang alam, peristiwa alam, dan sumber dayanya dengan durasi waktu sekitar 10-15 menit.

21. Objek Wisata Kaloka Mandala Baturaden Banyumas

dheaxz.wordpress.com
dheaxz.wordpress.com

Kaloka Mandala adalah wisata kebun binatang, sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak. Beragam spesies binatang ada disini seperti landak, ayam mutiara, kambing kaki tiga, kelelawar, sapi kaki lima, ayam kate, dan berbagai jenis binatang unik dan lucu lainnya.

22. Objek Wisata Grebeg Syura Baturaden Banyumas

lifestyle.liputan6.com
lifestyle.liputan6.com

Objek wisata lain yang unik dari Baturaden adalah Grebeg Syura yang merupakan wisata budaya tahunan. Acara Grebeg Syura ini diadakan pada bulan Syuro atau bulan Muharam yaitu bulan pertama tahun Hijriyah.

Di Grebeg Syura ini banyak digelar berbagai acara budaya seperti tarian lenger, kuda lumping, musik calung, dan kegiatan mengunjungi situs-situs suci.

23. Objek Wisata Air Terjun Curug Gede Baturaden Purwokerto

www.kulinerwisata.com
www.kulinerwisata.com

Air Terjun Curug Gede ini berjarak 3 km dari pusat wisata Baturaden. Keindahan air terjunnya mampu memanjakan msetiap mata yang memandangnya, ditambah dengan lempengan-lempengan batu yang membingkai disekitar air terjun semakin mempercantik pemandangan alamnya.

24. Objek Wisata Museum Purbakala Sangiran Sragen

www.intisari-online.com
www.intisari-online.com

Museum Purbakala adalah museum situs arkeologi terlengkap yang ada di Asia. Di museum ini terdapat sekitar 13.809 koleksi fosil manusia purba yang mampu memberi informasi tentang kehidupan manusia purba dahulu.

Oleh sebab itu Sangiran ditetapkan oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia.

25. Objek Wisata Museum Kereta Api Ambarawa

www.semarangplus.com
www.semarangplus.com

Objek Wisata yang rekomended selanjutnya di Jawa Tengah adalah Museum Kereta Api Ambarawa. Disini sensanya pedesaannya sangat mengesankan. Total koleksi kereta api yang ada dimuseum ini adalah 21 lokomotif tua peninggalan Belanda.

Para pengunjung selain melihat-lihat koleksi yang ada juga bisa berkeliling desa menggunakan kereta wisata yang sudah disediakan.

26. Objek Wisata Pemandian Air Panas Gucci Tegal

seputarsemarang.com
seputarsemarang.com

Gucci adalah obyek pemandian air panas yang ada di Tegal. Gucci memiliki sumber air panas dari kaki gunung Slamet. Gucci memiliki 25 sumber mata air dengan tingkat suhu yang berbeda-beda. Mandi di sumber mata air ini dipercaya oleh masyarakat dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

27. Objek Wisata Pantai Purwahamba Indah Tegal

www.panoramio.com
www.panoramio.com

Pantai ini berjarak 14 km dari arah timur kota Tegal. Di pantai ini ada banyak wisata pendukung seperti Kolam Renang Internasional, Water Boom, Sepeda Air, Spoor Mini, Kebun Binatang Mini, Taman Ria, Dermaga, Gazebo, dan masih banyak lagi.

28. Objek Wisata Tirta Waduk Cacaban Tegal

www.negeripesona.com
www.negeripesona.com

Tirta Waduk Cacaban adalaah waduk buatan yang awalnya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan irigasi warga, seiring perkembangannya waduk ini banyak dikunjungi warga karena tempatnya yang menyenangkan dan pemandangan alamnya yang indah. Di waduk ini banyak orang yang menjajakan jualannya di warung apung.

29. Objek Wisata Agro Wisata Loko Antik Tegal

www.cbnex.com
www.cbnex.com

Agro Wisata Loko Antik adalah objek wisata yang dikelola oleh PG. Pangka di Kab.Tegal. PG. Pangka adalah perusahaan dan pengolahan perkebunan tebu dari peninggalan Belanda. PG. Pangka menyediakan lokomotif antik untuk berkeliling desa dan perkebunan, selain itu pengunjung juga dapat melihat secara langsung bagaimana cara pembuatan gula pasir.

30. Objek Wisata Curug Cantel Bumijawa Tegal

alasperdu.blogspot.com
alasperdu.blogspot.com

Curug Cantel Bumijawa adalah wisata alam berupa air terjun dengan ketinggian mencapai 60 meter. Selain itu Curug Cantel juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Tapi sayangnya wisata ini belum begitu dikenal masyarakat karena lokasinya yang terpencil dan tersembunyi berada di desa Sigedong, Kec. Bumijawa, Kab.Tegal.

31. Objek Wisata Curug Putri Tegal

dolanantegal.blogspot.com
dolanantegal.blogspot.com

Keindahan Curug Putri tak kalah dengan pemandangan di Curug Cantel, air terjunnya membelah pepohanan yang rindang dan memiliki ketinggian 25 meter. Curug ini berada diantara dua Kabupaten yaitu Kab. Tegal dan Kab. Brebes. Akses menuju ke Curug ini cukup mudah sehingga membuatnya selalu ramai pengunjung.

32. Objek Wisata Pantai Alam Indah Tegal

www.ragamtempatwisata.com
www.ragamtempatwisata.com

Pantai ini berada di komplek kota Tegal, tempatnya yang strategis membuatnya selalu ramai dikunjungi masyarakat. Di pantai ini juga terdapat wisata pendukung lainnya seperti Waterboom, Monumen Bahari, dan Wisata Perahu yang sangat digemari oleh para pengunjung.

33. Objek Wisata Curug Sewu Kendal

piknikasik.com
piknikasik.com

Objek Wisata di Jawa Tenagh yang rekomended selanjutnya adalah Curug Sewu Kec. Sukorejo, Kab.Kendal. Curug ini memiliki beberapa tingkat dan memiliki debit air terbesar dari curug yang ada di Jawa Tengah. Keindahan alamnya mampu memanjakan setiap pengunjung yang datang. Untuk menarik pengunjung, tak jarang pengelola mengadakan life performance dari beragam musik.

34. Objek Wisata Agrowisata Ngebruk Kendal

tempatwisatadaerah.blogspot.com
tempatwisatadaerah.blogspot.com

Selain nama diatas, tempat ini juga memiliki banyak nama lain seperti Plantera Fruit Paradise Ngebruk, Agrowisata Kebun Ngebruk.

Di kebun ini banyak membudidayakan bermacam-macam buah tropis berkualitas. Untuk mempermudah pengunjung melihat-lihat dan berkeliling kebun panitia menyiapkan mobil yang siap mengantarkan para pengunjung mengelilingi kebun yang luasnya mencapai 234 hektar.

35. Objek Wisata Pemandian Air Panas Citra Sari Gonoharjo Kendal

hellosemarang.com
hellosemarang.com

Pemandian air panas ini dikenal juga dengan sebutan Hot Spring Water. Di tempat ini terdapat sumber air panas dan kolam air panas. Lokasinya berada jauh di tengah hutan dengan pemandangan alam yang indah dan sejuk. Selain air panas, ada juga air terjun yang masih satu lokasi dengan sumber air panas. 

36. Objek Wisata Kampoeng Djowo Sekatul Kendal

hellosemarang.com
hellosemarang.com

Kampoeng Djowo Sekatul adalah objek wisata alam berupa perkampungan yang sangat asri dengan rumah-rumah tradisional. Fasilitas pendukung yang ditawarkan adalah penginapan, outbond, bumi perkemahan, fliying fox, dan masih banyak lagi.

37. Objek Wisata Tirta Nusantara Kendal

www.wisatatirtanusantara.com
www.wisatatirtanusantara.com

Secara administratif Tirta Nusantara masih terletak di Kab. Kendal walaupun secara geografis lebih dekat dengan Kota Semarang. Tempat ini ramai dikunjungi terutama saat hari libur. Luas area wisata Tirta Nusantara adalah 8,5 hektar. Di tempat ini banyak menyediakan fasilitas seperti pemancingan, resto, kolam renang, water boom, dan masih banyak lagi.

38. Objek Wisata Perkebunan Teh Medini Kendal

coretanpetualang.wordpress.com
coretanpetualang.wordpress.com

Di Kabupaten Kendal ada sebuah perkebunan teh yang kalah indahnya dengan perkebunan teh yang ada di puncak Bogor. Jadi untuk warga Kendal, Semarang dan sekitarnya tak perlu jauh-jauh pergi ke puncak Bogor untuk melihat keindahan dan kesejukan perkebunan teh. Kebun Teh Medini ini terletak di sebelah utara lereng gunung Ungaran.

39. Objek Wisata Umbul Ponggok Klaten

liburmulu.com
liburmulu.com

Umbul Ponggok adalah wisata pemandian yang bersumber dari mata air alam yang dulunya digunakan untuk mengairi tebu. Setelah beberapa tahun akhirnya tempat ini dikelola warga dan pemerintah menjadi pemandian umum.

Umbul Ponggok ini disebut-sebut sebagai surganya snorkling air tawar, pengunjung yang snorkling saat menyelam akan menjumpai banyak air tawar warna-warni berbagai ukuran dan bebatuan coral dari berbagai ukuran.

40. Objek Wisata Umbul Cokro Klaten

taniapramesti.blogspot.com
taniapramesti.blogspot.com

Wisata Umbul Cokro ini memiliki nama asli wisata air inggas, biasanya wisata ini satu paket dengan wisata kuliner pemancingan janti yang masih satu kawasan. Sumber dari wisata air ini berasal dari sumber mata air alami cokro yang berada di sebelah utara. Luas tempat ini sekitar 15000 meter persegi.

Airnya yang jernih menjadikan pengunjung semakin nyaman untuk menyelam menikmati keindahan bawah aliran air. Aliran air yang berbentuk seperti sungai menjadikan tempat ini paling banyak digemari oleh para pengunjung.

41. Objek Wisata Bledug Kuwu Grobogan

wisatasenibudaya.com
wisatasenibudaya.com

Objek wisata Bledug Kuwu ini terletak di desa Kuwu, Kec.Kradenan, Kab.Grobogan. Objek wisata Bledug Kuwu memiliki luas wilayah mencapai 45 hektar, sebuah wilayah berlumpur yang disertai letupan dengan ketinggian antara 1 meter sampai 10 meter. Letupan ini bukan berasal dari magma bumi atau efek kawah vulkanik, sebab letupan ini tidak pana. Diduga ini adalah proses kimia yang berasal gas bumi dan air laut.

1 thought on “Objek Wisata Dieng dan Jawa Tengah yang Layak Dikunjungi

Leave a Comment