gambar susunan acara pernikahan

Susunan Acara Pernikahan dan Contoh Naskah MC untuk Walimatul Ursy

Susunan Acara Pernikahan – Pernikahan adalah sebuah acara yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap insan yang sedang memadu asmara untuk mengikatkan cintanya secara sah dan halal. Berbagai persiapan pun dilakukan jauh-jauh hari sebelum acara tiba mulai dari perlengkapan, alat-alat, tenda, sound system dll.

Tak terkecuali teknis pelaksanaan acara atau susunan acara yang akan berlangsung pada hari pernikahan tersebut mulai dari MC, Sambutan keluarga/yang mewakili, siapa yang akan menjadi saksi dll. Hal ini semua perlu dipersiapkan dan diperhitungkan jauh-jauh hari sebelum hari pernikahan tiba.

Namun kendala kadang terjadi pada orang/keluarga yang kurang memahami mengenai urutan atau susunan acara pernikahan tersebut. Alih-alih bahagia di hari pernikahan, yang terjadi bisa saja malah kesemrawutan dan hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut adalah ulasan mengenai beberapa susunan acara pernikahan yang semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi Anda:

Susunan Acara Pernikahan yang Umum Terjadi di Masyarakat

gambar susunan acara pernikahan
cateringyogya.com

Susunan ini meneysuaikan dengan susunan acara pernikahan yang umum terjadi di masyarakat. Berikut adalah susunan acaranya:

  1. Mengecek situasi dz secara simbolis dengan cara mengalungkan bunga melati yang kemudian dibawa ke tempat berlangsungnya akad nikah.
  2. Acara Ijab Qabul dimulai dengan pembukaan acara oleh MC terlebih dulu.
  3. Setelah pembukaan acara oleh MC, acara selanjutnya adalah pembacaan ayat-ayat suci Al qur’an surat An Nisa’ ayat 1 dan surat Ar Ruum ayat 21.
  4. Setelah pembacaan ayat-ayat suci Al qur’an, acara selanjutnya adalah khotbah nikah dan Ijab Qabul. Khotbah nikah dan Ijab Qabul dipimpin oleh penghulu yang diteruskan dengan doa. Pada saat proses akad nikah ini pengantin wanita berada ditempat yang terpisah dengan pengantin pria. Keduanya dipertemukan setelah proses Ijab Qabul selesai.
  5. Setelah proses akad nikah selesai, acara diteruskan dengan sungkeman oleh sepasang pengantin kepada orang tua dari kedua pengantin secara bergantian.
  6. Acara yang terakhir adalah foto-foto.

Susunan acara diatas masih memungkin untuk dirubah. Karena setiap daerah memiliki adat masing-masing yang memungkin berbeda dalam hal urutan atau yang lainnya. Contoh susunan acara pernikahan diatas hanyalah menurut kebanyakan susunan acara pernikahan yang umum terjadi di masyarakat.

Contoh Naskah MC Walimatul Ursy Dalam Susunan Acara Pernikahan

susunan acara pernikahan

ومن أيته أن خلق لكم من أنفسكم أزواجا لتسكنوا إليها وجعل بينكم مودة ورحمة إن في ذلك لآيت لقوم يتفكرون

“Dan diantara tanda-tanda (kebesaran)-NYA ialah dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan DIA menjadikan diantaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda -tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir”.

Yang saya hormati bapak, ibu, hadirin, hadirat dan segenap tamu undangan yang telah hadir, lebih khusus lagi bagi pasangan pengantin yang sedang berbahagia.

Mengawali perjumpaan kita dalam acara walimatul ursy ini, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan limpahan ni’matnya kepada kita yang terhitung jumlahnya, sehingga pada hari ini pun kita dapat menghadiri undangan dari Bp . . . dan Ibu . . . dalam acara walimatul ursy putranya/putrinya yang bernama ananda . . .dengan . . .

Semoga pernikahannya diberkahi oleh Allah dan menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah. Saya sebagai pembawa acara perkenankanlah membacakan susunan acara yang akan berlangsung pada hari ini. Susunan acaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat-ayat suci Al qur’an
  3. Sambutan dari perwakilan pengantin wanita/penyerahan
  4. Sambutan dari perwakilan pengantin pria/penerimaan
  5. Mau’idzoh Hasanah
  6. Do’a/penutup

Itulah beberapa rangkaian acara walimatul ursy pada hari ini. Untuk mempersingkat waktu, langsung saja marilah kita buka acara pada hari ini dengan bacaan ummul kitab. Al Fatihah. . .

Semoga dengan bacaan ummul kitab tadi semakin memperlancar acara pada hari ini. Selanjutnya adalah lantunan ayat-ayat suci Al qur’an yang akan dibawakan oleh Ustadz . . . , kepadanya dipersilahkan.

Kepada Ustadz . . . kami haturkan terimakasih.

Acara selanjutnya adalah sambutan dari perwakilan pengantin putri/penyerahan, yang dalam hal ini akan disampaikan oleh Bp . . . , kepadanya dipersilahkan.

Kepada Bp . . . dari perwakilan pengantin putri kami haturkan terimakasih.

Selanjutnya adalah sambutan dari perwakilan pengantin pria/penerimaan, yang akan disampaikan oleh Bp . . . , kepadanya kami persilahkan.

Terimakasih kami haturkan kepada Bp . . .

Acara selanjutnya adalah Mau’idzoh Hasanah beserta do’a, yang dalam hal ini akan disampaikan oleh KH. . . .

Namun sebelumnya, saya sebagai pembawa acara, apabila dari awal hingga akhir banyak kekurangan dan kekhilafan mohon maaf yang sebesar-besarnya. Akhir kata Was salaamu ‘alaikum wr. wb

Leave a Comment