vitamin untuk ibu hamil yang mengandung zat besi

Kenali Ciri-ciri Suplemen dan Vitamin untuk Ibu Hamil yang Baik

Suplemen dan Vitamin untuk ibu hamil adalah hal yang perlu diperhatikan sebagai pelengkap dan penyempurna vitamin dan mineral untuk ibu hamil. Sebab, janin yan ada dalam kandungan membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang cukup agar tumbuh kembangnya sempurna.

Jika ibu hamil dirasa kurang maksimal dalam memenuhi asupan gizi dan nutrisinya dari makanan yang dikonsumsinya, maka suplemen atau vitamin untuk ibu hamil bisa menjadi alternatifnya.

Para dokter dan ahli kesehatan telah sepakat dan setuju bahwa cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi dan vitamin untuk ibu hamil adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat yang beragam.

Namun begitu, bukan berarti ibu hamil tidak membutuhkan vitamin atau suplemen lagi. Karena bisa jadi asupan gizi dan nutrisi ibu hamil masih kurang dari makanan yang dikonsumsinya.

Nah, ibu hamil bisa memanfaatkan suplemen atau vitamin untuk ibu hamil ini sebagai pelengkap dan penyempurna agar pertumbuhan dan perkembangan janin maksimal. Inilah alasan kenapa ibu hamil juga dianjurkan mengkonsumsi vitamin untuk ibu hamil.

Berikut adalah kriteria vitamin ibu hamil yang baik:

Vitamin untuk Ibu Hamil yang Mengandung Asam Folat

vitamin untuk ibu hamil yang direkomendasikan
sehatfresh.com

Sebagaimana telah diketahui, asam folat adalah zat yang sangat penting untuk ibu hamil. Asam folat ini dibutuhkan untuk mencegah terjadinya neural tube defect (NTD), yaitu terjadinya cacat pada sistem syaraf bayi.

Umumnya NTD mulai berkembang pada 28 hari awal setelah terjadi pembuahan. Pada waktu itu, umumnya wanita tidak mengetahui bahkan belum tahu kalau dirinya hamil.

Oleh sebab itulah, untuk para wanita yang sedang berupaya menjalani program kehamilan sangat dianjurkan agar mengkonsumsi 400 mikrogram asam folat setiap hari sampai usia kehamilan mencapai 3 bulan.

Selain melalui vitamin atau suplemen, ibu hamil juga bisa memperoleh asam folat alami melalui makanan sehat yang dikonsumsi. Diantara makanan yang banyak mengandung asam folat itu adalah kacang-kacangan, sayuran hijau, jeruk dan nasi dari beras merah.

Baca Juga: Susu Ibu Hamil dengan Nutrisi yang Tepat Agar Janin Sehat

Vitamin untuk Ibu Hamil yang Mengandung Kalsium dan Vitamin D

Vitamin untuk ibu hamil yang baik
solusisehatku.com

Bagi ibu hamil atau ibu menyusui sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin D sebanyak 10 mikrogram dan kalsium 200-300 miligram. Kalsium dan vitamin D ini sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Ibu hami lebih banyak membutuhkan kalsium dan vitamin D untuk menunjang pertumbuhan tulang pada bayi. Kekurangan vitamin D pada anak-anak dapat membuat pertumbuhan tulangnya menjadi abnormal.

Selain vitamin, kalsium juga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menunjang pembentukan tulang pada bayi. Selain dalam vitamin dan suplemen, kalsium ini juga dapat dengan mudah ditemukan pada tempe, tahu, susu kedelai dan kacang merah.

Sedangkan vitamin D dapat ditemukan pada ikan sarden, ikan salmon, telur dan daging. Sinar matahari di pagi hari juga merupakan sumber vitamin D yang sangat baik bagi tubuh.

Baca Juga: Buah untuk Ibu Hamil yang Direkomendasikan Agar Janin Sehat dan Cerdas

Vitamin untuk Ibu Hamil yang Mengandung Zat Besi

vitamin untuk ibu hamil yang mengandung zat besi
dedaunan com

Selain beberapa nutrisi diatas, ibu hamil juga perlu mencukupi kebutuhan zat besinya untuk membentuk sel darah merah. Sebab, sel darah merah inilah yang menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh termasuk ke bayi yang ada dalam kandungan.

Kekurangan zat besi pada ibu hamil bisa menimbulkan anemia yang dapat membuat ibu hamil menjadi terus-menerus merasa letih, lelah, lemah, pusing dan pucat.

Zat besi juga sangat berguna untuk proses pertumbuhan bayi. Kekurangan zat besi pada masa kehamilan dapat meningkatkan resiko bayi terlahir menderita anemia. Kondisi ini juga bisa meningkatkan resiko bayi terlahir dengan prematur dan berat badan dibawah rata-rata.

Zat besi yang berasal dari suplemen dapat mengakibatkan konstipasi serta mengganggu penyerapan nutrisi lain yang diperlukan tubuh. Oleh sebab itu, carilah zat besi alami lebih dulu yang berasal dari makanan seperti halnya daging tanpa lemak, buah kering, kacang-kacangan dan sayuran yang berdaun hijau gelap.

Dan jika kebutuhan zat besi dari sumber alami diatas masih belum cukup bisa dengan mengkonsumsi suplemen sebagai tambahannya.

Komposisi Terbaik Kandungan Vitamin untuk Ibu Hamil

Jeruk merupakan buah untuk ibu hamil yang mengandung banyak nutrisi
holisticare.co.id

Secara umum, vitamin atau suplemen yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah yang mengandung mineral dan vitamin berikut ini:

  • 250 miligram kalsium
  • 400 unit vitamin D
  • 400-800 mikrogram asam folat
  • 2 miligram tembaga
  • 30 miligram zat besi
  • 2 miligram vitamin B6
  • 50 miligram vitamin C
  • 15 miligram zinc

Meskipun begitu, ibu hamil tetap perlu untuk mengkonsultasikan suplemen yang akan dikonsumsinya kepada dokter. Dengan berkonsultasi ke dokter, ibu hamil akan diberikan arahan dan bimbingan mengenai vitamin apa saja yang paling dibutuhkan pada saat itu.

Leave a Comment