wisata Dieng Wonosobo gunung prau adalah tempat paling romantis untuk menyaksikan sunrise. Bahkan ada yang mengatakan pemandangan sunrise di g

Wisata Dieng Wonosobo-Banjarnegara yang Direkomendasikan

Wisata Dieng Wonosobo – Dieng adalah daerah dataran tinggi dengan kawasan vulkanik yang masih aktif di Jawa Tengah. Sebenarnya Dieng masuk dalam dua wilayah yaitu Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Kawasan Dieng ini berada di sebelah barat kompleks Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

Dataran Dieng memiliki Ketinggian rata-rata sekitar 2.000 m diatas permukaan air laut. Dengan suhu berkisar antara 12-20 °C untuk siang hari dan 6—10 °C pada malam hari. Saat musim kemarau, suhu udara di Dieng bisa mencapai 0 °C pada pagi hari hingga  memunculkan embun beku. Embun beku tersebut oleh penduduk setempat menyebutnya bun upas yang berarti embun racun, karena embun tersebut dapat menyebabkan kerusakan terhadap tanaman pertanian.

Sedangkan secara administrasi, kawasan Dieng adalah sebuah wilayah dari Ds. Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara. Dan Ds. Dieng (Dieng Wetan), Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo. Wilayah ini adalah salah satu wilayah yang paling terpencil di Jawa Tengah.

Kawasan wisata Dieng Wonosobo – Banjarnegara terkenal dengan wisata alamnya. Hal ini tak lepas dari pengaruh vulkaniknya yang masih aktif. Berikut adalah beberapa destinasi wisata Dieng Wonosobo – Banjarnegara:

Objek Wisata Dieng Wonosobo-Banjarnegara

Wisata Dieng Wonosobo-Banjarnegara indah dan menakjubkan
Wisata Dieng Wonosobo-Banjarnegara

Kawasan wisata Dieng merupakan kawasan wisata unggulan yang ada di Jawa Tengah, hal ini karena kawasan wisata Dieng tak hanya terdapat satu atau dua objek wisata saja, melainkan ada belasan objek wisata yang sangat layak untuk dikunjungi berada dalam satu lingkup atau kawasan.

Maka tak heran jika tempat ini selalu ramai, baik oleh wisatawan lokal maupun asing. Untuk berkunjung ke kawasan wisata ini juga tidak terlalu banyak menguras kantong, harga tiket yang ditawarkan sangat terjangkau dan sesuai dengan keuangan masyarakat Indonesia. Anda tertarik? Silahkan untuk berkunjung.

Wisata Dieng Telaga Warna

wisata dieng wonosobo-banjarnegaraTelaga warna adalah salah satu objek wisata yang sangat direkomendasikan oleh Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Disebut telaga warna karena wrna dari telaganya yang sering berubah-ubah, hal itu terjadi karena telaganya banyak mengandung sulfur sehingga ketika terkena sinar matahari warnanya sering berubah-ubah.
Wisata Dieng Wonosobo-Banjarnegara via www.youtube.com

Telaga warna adalah salah destinasi wisata yang direkomendasikan oleh pengelola kawasan wisata Dieng. Telaga ini memiliki air yang sering berubah warna, hal ini disebabkan karena air Telaganya mengandung sulfur sehingga saat sinar matahari menyorotinya airnya menjadi berubah warna, sebab itu juga lah telaga ini dinamakan Telaga Warna.

Di Area sekitar Telaga Warna ini ada objek wisata lainnya, yaitu objek wisata Bukit Sidengkeng, Goa Semar, Goa Pengantin, Goa Sumur Eyang Kumalasari, Goa Jaran, Telaga Pengilon. Sehingga sangat memungkinkan setelah berkunjung ke Telaga Warna untuk sekalian berkunjung ke wisata di sekitarnya.

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Telaga Warna adalah pagi hari-siang hari sebelum kabut datang untuk menyelimutinya di sore hari.

Wisata Dieng Telaga Pengilon

wisata Dieng Wonosobo Telaga Pengilon berada didekat Telaga Warna, air dari telaga ini sangat jernih bisa untuk bercermin. Dinamakan Telaga Pengilon karena ada mitos yang mengatak bahwa seseorang yang bercermin di telaga ini akan melihat hakikat dari pribadinya. Jka pribadinya baik maka akan melihat wujudnya dalam bentuk yang indah, tapi jika pribadinya buruk maka akan melihat dirinya dalam wujud yang buruk pula.
Wisata Dieng Wonosobo-Banjarnegara via www.flickr.com

Telaga Pengilon ini letaknya berada di sebelah Telaga Warna. Telaga Pengilon tak kalah indahnya dengan Telaga Warna. Telaga ini memiliki air yang sangat bersih dan jernih hingga dapat digunakan untuk bercermin. Itulah sebabnya kenapa dinamakan dengan Telaga Pengilon, pengilon dalam bahasa Jawa memiliki arti bercermin.

Konon, seseorang yang bercermin di Telaga ini akan diperlihatkan wujudnya sesuai dengan keadaan/karakter hatinya. Jika orang itu berhati baik maka akan diperlihatkan wujudnya dalam keadaan rupawan dan indah.

Sebaliknya, jika orang itu berhati buruk maka kan diperlihatkan wujudnya dalam keadaan buruk rupa. Setidaknya demikianlah mitos yang beredar di masyarakat.

Keindahan Telaga Pengilon yang lain adalah Telaga ini dikelilingi oleh bukit dan berbagai tumbuhan endemik akasia. Hal ini semakin menambah kesejukan dan pemandangan yang indah di Telaga Pengilon. Para pendaki dari gunung Prau ataupun bukit Sikunir biasanya mampir dulu di Telaga ini untuk beristirahat.

Wisata Dieng Bukit Sikunir

Objek wisata Dieng Wonosobo Bukit Sikunir memiliki keindahan alam yang sangat menawan, darisana kita bisa menyaksikan telaga cebong, candi-candi, rumah warga, gunung-gunung yang berderetan, dan yang paling diburu oleh para pengunjung yaitu pemandangan sunrise.
Wisata Dieng Wonosobo-Banjarnegara via panduanwisatadieng.com

Sikunir hanyalah bukit kecil, namun banyak para wisatawan yang berebut untuk mengunjunginya. Bukit Sikunir sangat terkenal dengan Golden Sunrise-nya. Bahkan para pecinta wisata alam menyebut Sikunir sebagai surganya sunrise dan landscape.

Dari atas bukit ini akan tampak keindahan pemandangan yang dapat dijangkau oleh Sikunir berupa deretan gunung-gunung, Telaga Cebong, sunrise, dan rumah-rumah penduduk. Namun yang paling dicari oleh para pengunjung adalah pemandangan sunrisenya.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Sikunir adalah saat musim kemarau. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya asap atau kabut tebal yang dapat menghalangi pemandangan.

Wisata Dieng Gunung Prau

wisata Dieng Wonosobo gunung prau adalah tempat paling romantis untuk menyaksikan sunrise. Bahkan ada yang mengatakan pemandangan sunrise di g
Wisata Dieng Wonosobo-Banjarnegara via berbagitrip.blogspot.com

Gunung Prau juga menjadi tempat favorit bagi para wisatawan pengunjung kawasan wisata Dieng. Gunung Prau tidak terlalu tinggi, sehingga mendaki di gunung ini bisa dilakukan meskipun oleh seorang pemula.

Banyak wisatawan yang mendaki gunung ini untuk berburu pemandangan sunrise-nya. Pemandangan yang disuguhkan oleh gunung ini sungguh luar biasa, bahkan beberapa pengunjung mengatakan bahwa pemandangan sunrise dari gunung Prau merupakan yang paling indah di Asia Tenggara.

Wisata Dieng Telaga Cebong

Wisata Dieng Wonosobo Telaga Cebong. Wisata alam yang menyejukkan.
Wisata Dieng Wonosobo-Banjarnegara via negeriangin-negeriangin.blogspot.com

Telaga Cebong adalah sebuah telaga yang berada di desa tertinggi di Jawa yaitu desaSembungan. Telaga ini terbentuk dari sebuah bekas kawah pada zaman purba. Luas telaga ini dulu mencapai 18 hektar, namun sekarang hanya memiliki luas 12 hektar saja.

Telaga ini tak jauh dari letak bukit Sikunir. Jika dilihat dari bukit Sikunir , Telaga Cebong terlihat seperti cebong/ berudu, sebab itulah disebut dengan Telaga Cebong.

Saat pagi hari jika dilihat dari bukit Sikunir Telaga Cebong airnya terlihat berkilau seperti minyak. Di desa Sembungan ini sebenarnya ada dua telaga. Namun tak banyak yang tahu, telaga yang satunya ini berada di gunung Pakuwojo.

Wisata Dieng Candi Arjuna

Gambar Candi Arjuna salah satu Wisata Dieng Wonosobo
Wisata Dieng Wonosbo-Banjarnegara via blog.misteraladin.com

Candi Arjuna adalah objek wisata situs bersejarah yang direkomendasikan oleh pengelola kawasan wisata Dieng Wonosobo-Banjarnegara. Di komplek Candi ini tidak terdapat arca seperti yang biasa di temui pada candi-candi umumnya. Sebab, arca dari Candi ini disimpan di Museum Kailasa yang berada di depan pintu masuk komplek Candi Arjuna.

Di komplek Candi ini ada empat candi utama, yaitu Candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Namun Candi Arjuna saja yang memiliki candi sarana, yaitu Candi Semar.

Wisata Dieng Kawah Sikidang

Wisata Dieng Wonosobo-Banjarnegara Kawah Sikidang. Tempat terbaik untuk melihat kawah gunung dengan jelas.
Wisata Dieng Wonosobo-Banjarnegara via panduanwisatadieng.com

Wisata Dieng yang direkomendasikan selanjutnya adalah Kwah Sikidang. Kawah ini terbentuk akibat aktivitas dari gunung berapi yang ada di dataran tinggi Dieng. Letak dari Kawah Sikidang ini berada dalam satu arah dari Candi Arjuna.

Keistimewaan dari Kawah ini adalah Kawahnya memiliki lokasi yang datar sehingga memungkinkan pengunjung untuk  bisa menyaksikan letupan dan semburan gas dari kawah secara langsung dengan jelas. Hal ini sangat langka karena umumnya kawah gunung berada di pucuk gunung dan sangat sulit untuk menyaksikan aktivitasnya.

Wisata Dieng Telaga Merdada

Telaga Merdada adalah telaga terbesar yang ada di Wisata Dieng Wonosobo. Banyak keindahan alamnya yang bisa disaksikan di Telaga Merdada seperti candi-candi, perbukitan, rumah-rumah warga, dan masih banyak lagi. Talaga Merdada adalah salah satu telaga terindah yang ada di Dieng. Banyak keindahan alam dan fenomena alam yang dapat disaksikan di kawasan wisata Dieng.
Wisata Dieng Wonosobo-Banjarnegara via wisatadiengtour.com

Telaga Merdada merupakan telaga terluas yang ada di dataran Dieng. Banyak keindahan alam seprti kawah, perbukitan, telaga, ataupun candi yang dapat disaksikan di telaga ini.

Diantara keindahan dari Telaga Merdada adalah memiliki pemandangan yang indah dan menakjubkan. Telaganya terhampar luas di depan mata dengan air yang bersih dan jernih, perbukitan hijau yang mengelilingi telaga semakin memperindah pemandangan di telaga ini.

Telaga Merdada ini memiliki bentuk yang unik, yaitu memiliki bentuk seperti cekungan bekas kaldera letusan gunung berapi yang amat besar.

Wisata Dieng Plateau Theater

Objek wisata Dieng Wonosobo Plateau Theater adalah sebuah tempat untuk pemutaran film dokumenter seputar Dieng. Gedung terwujud sebagai bentuk keseriusan pengelola kawasan wisata Dieng. Film yang diputar berdurasi sekitar 20 menit.
Wisata Dieng Wonosobo-Banjarnegara via indahnesia.net

Terwujudnya Plateau Theater Dieng merupakan salah satu bentuk keseriusan pengelola kawasan wisata Dieng Wonosobo-Banjarnegara dalam mengelola dan mengembangkan wisata di Dieng. Plateau Theater merupakan studio tempat pemutaran film dokumenter Dieng. Film yang ditayangkan berdurasi sekitar 20 menit dengan judul Bumi Kahyangan Dieng Plateau.

Dieng Plateau Theater mempunyai kapasitas sebanyak 60 kursi dengan bangunan yang cukup megah. Lokasinya searah dengan Candi Arjuna dan Kawah Sikidang.

Wisata Dieng Sumur Jalatunda

Objek wisata Sumur Jalatunda adalah destinasi wisata alam selanjutnya yang ada di kawasan wisata Dieng Wonosobo. Sumur ini memiliki keunikan, yaitu mitos yang berkembang jika kita bisa melempar batu sampai ke ujung dinding sumur maka apa yang kita inginkan akan terkabul.
Wisata Dieng Wonosobo-Banjarnegara via melangkahlebihjauh.wordpress.com

Wisata dieng yang layak dikunjungi selanjutnya adalah Sumur Jalatunda. Sumur ini berukuran sangat besar dengan ukuran diameter sampai 90 meter.

Sumur ini terbentuk akibat letusan yang sangat besar dari gunung berapi jutaan tahun yang lalu. Akibat letusan itu terbentuk lubang besar seperti sumur, dan seiring berjalannya waktu lubang itu menjadi terisi dengan air hingga akhirnya terbentuklah Sumur Jalatunda seperti sekarang.

Sumur Jalatunda berada di kawasan Dieng paling barat, yaitu berada di kawasan Dieng zona 2. Di kawasan ini juga terdapat objek wisata lain, yaitu Kawah Sileri, Bukit Cemeti, Telaga Dringo, dan Kawah Candradimuka.

Rekomendasi Lokawisata Bandung

Leave a Comment