Alasan Diwajibkannya Sholat Kepada Muslim

TUNTUNAN SHOLAT – Mungkin ada yang pernah berfikir, mengapa Sholat diwajibkan kepada kita (Muslim)?

Jawaban yang pertama adalah, “Karena agar kita juga wajib masuk surga”.

Keterangan ini diambil dari kitab Al Hikam, karya Syaikh Ibnu Athoillah As-Sakandary. Dengan penyampaian kesimpulan dan tambahan seperlunya oleh penulis.

Diwajibkannya syariat seperti sholat adalah salah satu wujud kasih sayang Allah kepada hambanya. Sebab, salah satu kunci daripada surga adalah menjalankan syariat. Seandainya syariat tidak diwajibkan kepada kita, pasti banyak sekali yang tidak menjalankan sholat, puasa, haji dan zakat. Padahal, ia adalah kunci daripada surga.

Alangkah meruginya kita jika seandainya besok di akhirat tiba-tiba baru diumumkan “Hanya orang-orang yang menjalankan syariat yang masuk surga”. Tentu banyak yang protes, “Kenapa tidak diumumkan dari dulu sejak di dunia?”

Sebelum protes itu terjadi, sholat dan syariat itu kini telah diwajibkan kepada kita. Sehingga ketika seseorang yang meninggalkan syariat ini tidak masuk surga (disiksa), maka sudah tidak ada alasan lagi baginya untuk protes.

Alasan selanjutnya, Diciptakannya manusia dan jin hanyalah untuk menyembah kepada Allah. Sehingga, diwajibkannya sholat dan syariat kepada kita adalah sebagai bentuk Ta’abbud (Pengabdian) kepada Allah.

Namun bukan berarti Allah butuh terhadap sembahan kita. Sama sekali tidak!!

Seandainya semua makhluk di dunia ini tidak ada yang berbuat taat kepadanya, tidak mengurangi keagungan Allah sedikitpun, kecuali bagaikan tetesan jarum yang dicelupkan ke dalam lautan. (Nashoihul Ibad)

Justru, kita sebagai hambalah yang butuh terhadap berbuat taat dan menyembah kepada Allah. Sebab kemulyaan seseorang dan naiknya derajat seseorang terletak pada tingkat ketaataannya kepada Allah.

Seseorang akan merasa aman jika ia berbuat taat, namun merasa gelisah dan hidup yang tidak tenang jika selalu membangkang (tidak taat). Dengan begitu, berbuat taat kepada Allah mendapat dua kebaikan.

Yang pertama adalah mendapat kebaikan berupa pahala. Dan yang kedua adalah mendapat kebaikan berupa meningkatnya derajat kita, lebih dihormati, lebih dihargai dan lebih dimulyakan orang di dunia oleh Allah.

Demikian alasan diwajibkannya syariat kepada kita (Muslim). Semoga bermanfaat.

Loading...

Satu pemikiran pada “Alasan Diwajibkannya Sholat Kepada Muslim

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: