Atap Modern Canopy Kain, Tenda Membrane dan Awning Gulung

MEMBRANE – Indonesia adalah negara beriklim tropis. Meskipun diterpa hujan selama enam bulan, tetapi selalu panas sepanjang tahun. Hal tersebut mempengaruhi banyak aspek kehidupan. Semua harus sesuai dengan iklim yang notabene tak bisa diubah ini. Tugas manusialah yang menyesuaikan, bukan alam. Seperti aktivitas-aktivitas harian, cara berpakaian, makanan, hingga tempat tinggal. Rumah dengan canopy kain, awning gulung atau atap membrane akan cocok di negara seperti ini.

Adalah sebuah kain tebal dari PVC yang berfungsi untuk melindungi sekaligus peneduh di kala terik maupun hujan. Bentuknya mengikuti kerangka desain. Penambahan kain ini sanggup memberikan efek unik dan menarik pada bangunan seperti di negara-negara Eropa. Selain tahan hujan dan panas, ternyata kain ini kuat juga di negara bermusim dingin dan bersalju.

Di zaman ini di Indonesia, penggunaan canopy kain, tenda membrane dan awning gulung sudah menjadi hal umum, sehingga Anda akan dengan mudah menemukannya terpasang apik di café, hotel, peneduh tepi kolam renang, toko-toko, dan lain-lain. Mengapa kain canopy menjadi sebegitu istimewanya hingga menjadi populer dalam dunia desain? Apa alasannya? Apa saja yang menjadi daya tarik penggunaannya?

Penggunaan Canopy Kain, Tenda Membrane dan Awning Gulung

Segala hal di dunia ini pasti ada karena memiliki alasan dan pertimbangan tersendiri, begitu juga dengan benda ini. Kira-kira berikut ini adalah latar belakang dan alasan mengapa kain itu menjadi banyak dipergunakan.

1. Sebagai Pemanis Jendela / Teras

Canopy Jendela
http://teralisbesijendelaklasikminimalis.blogspot.com

Sudah dapat dilihat secara visual efek yang diberikan benda ini terhadap pemasangan jendela. Ia sanggup membuat jendela terlihat lebih cantik. Warna canopy / awning dapat disesuaikan dengan tema rumah maupun cat warnanya. Untuk pemasangannya, penyedia jasa canopy dan awning gulung sebagian besar telah menyiapkan banyak desain custom yang pasti sangat menawan dan tidak monoton.

Fungsi lainnya yaitu dapat memberikan perlindungan dari sinar matahari. Untuk negeri tropis, penambahan canopy dan awning sangatlah menguntungkan. Tidak perlu repot-repot membangun atap sambung di atas jendela, cukup dengan kain ini dan sinar matahari bisa terhalang masuk tanpa merogoh biaya yang banyak. Canopy ini juga awet dan tahan lama, bahkan sampai belasan tahun. Perawatannya pun mudah, tak perlu khawatir dengan hal ini.

2. Modis dan fleksibel

canopy kain
http://haneda-decor.com

Canopy / awning ini kainnya lentur sehingga dapat dibentuk dengan mudah. Diterapkan dengan desain apapun juga pasti sudah cocok, jendela, pintu, dll. Jika Anda menginginkan kualitas dan warna yang lebih beragam, Anda dapat memilih canopy import, dari USA misalnya. Agar lebih cantik, setelah terpasang Anda dapat menambahakn bunga-bunga berdektan dengan jendela Anda. Apabila ada, untuk kesan vintage gantungkan sangkar burung di dekat jendela.

3. Gazebo Pinggir Pantai dan Kolam Renang

tenda membrane
yourluxuryblinds.com

Sering kali tenda membrane dengan mudah dijumpai di gazebo-gazebo pinggir kolam dan pantai. Selain untuk berlindung, tenda membrane berhasil menambah keeksotisan suasana di sekitarnya. Jika Anda sedang bersama pasangan, spot seperti ini dapat dijadikan sebagai kesempatan menciptakan momen romantis. Di malam hari, tambahkan lilin apung di kolam dan adakan makan malam kecil di bawah atap membrane. Pasti pasangan Anda akan terkesan.

Kehadirannya di sekitar pantai juga mampu memberi warna tersendiri. Bahkan turut andil dalam menarik perhatian orang-orang. Tak jarang jika Anda berkunjung ke pantai-pantai di Pulau Bali dan Lombok gazebo membran pasti akan selalu penuh dipakai oleh para pengunjung, tidak hanya untuk berteduh tapi juga sebagai latar foto.

4. Property Fotografi

view tenda membrane
Plataran Bromo via Marzuqiteknik.com

Perhatikanlah, banyak sekali fotografi yang melibatkan keindahan view tenda membrane ini. Misalnya kegiatan pengambilan gambar pre wedding atau foto dengan tema tertentu seperti retro, vintage, street style, shopping time, dan lain-lain. Penambahannya di dalam latar belakang gambar juga mampu membuat suasana menjadi lebih hidup, hasil gambar juga akan lebih menarik.

5. Pelindung teras dan pintu

atap tenda membrane

Bukan hanya pelindung manusia, tapi juga teras dan pintu. Teras dengan atap asbes dan genting sudah sangat biasa saja. Beberapa rumah modern dengan berani mengaplikasikan atap tenda membrane sebagai pelindung teras dan pintu mereka. Pintu yang terbuat dari kayu, jika terkena hujan sepanjang waktu pasti akan keropos dan lapuk. Terkena cahaya matahari sepanjang tahun juga menyababkan warnanya memudar.

6. Atap Gapura Semi Permanen

Di bulan Ramadhan atau bulan kemerdekaan Agustus, hampir seluruh daerah di Indonesia merayakan dengan merombak tatanan kampung dan kota. Biasanya dengan mudah dijumpai gapura-gapura yang baru saja dihias dan gapura semi permanen baru demi menciptakan kemeriahan. Untuk itu, tak jarang pula ditemui gapura semi permanen maupun hiasan-hiasan yang melibatkan pemasangan canopy ini.

7. Tenda Pameran

tenda pameran
https://danawedding.wordpress.com

Sering kali Indonesia yang panas ini diadakan pameran di latar terbuka. Canopy selalu dibutuhkan untuk membangun stand-stand yang dapat melindungi karya pameran dan sekaligus stand tempat berjualan. Tentu saja karena desainnya yang beraneka ragam dan dapat dikreasikan sesuka hati, pemilihan canopy kain menjadi pilihan bijaksana dan sangat dianjurkan.

8. Aman dan Terjangkau

Tenda membran
KBC Batam via marzuqiteknik.com

Banyak sekali vendor yang menawarkan jasa pemasangan tenda dan canopy jenis kain ini. Otomatis, semakin banyak vendor, harga pun semakin bersaing bahkan masih bisa dinego. Mereka berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik dengan harga terjangkau. Dari sekian banyak penawaran, Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan, jika kebingungan konsultasikanlah kepada teknisi pembuat atau desainernya (Info lebih lanjut buka: marzuqiteknik.com).

Dari segi keamanan, tentu saja lebih aman karena kuat terhadap berbagai cuaca maupun iklim. Canopy ini juga ringan, apabila sesuatu yang buruk terjadi misalnya terkena terpaan angin topan atau gempa bumi sampai membuatnya jatuh kerusakan yang ditimbulkan juga tidak besar. Tidak separah ketika menggunakan bahan berat seperti genting, asbes, ataupun kayu.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: