Cara Membuat Daftar Isi Otomatis pada Microsoft Word

Membuat daftar isi adalah salah satu poin penting saat membuat makalah. Baik itu untuk tugas dari kantor, tugas sekolah dan juga tugas kampus. Bagi yang tak ingin ambil pusing, biasanya akan mengambil jalan pintas dengan memanfaatkan jasa ketik. Hanya saja jika menggunakan jasa rentalan, maka hasilnya kurang memuaskan.

Lebih baik mencoba untuk membuat makalah sendiri, dengan daftar isi makalah yang menjadi fondasi pembuatan makalah. Adapun cara membuat daftar isi otomatis akan dijelaskan dengan rinci di bawah ini.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Word 2016

Ingin membuat makalah dan harus membuat daftar isi bisa menjadi satu tantangan besar bagi yang baru pertama kali menggunakan Microsoft Word. Padahal cukup mudah untuk membuat daftar isi otomatis asal mengikuti cara membuat daftar isi otomatis. Anda bisa mengikuti langkah-langkah sesuai dengan urutannya berikut ini.

  • Buat dokumen baru, caranya dengan klik file -> new -> blank document.
  • Perhatikan menu Home, ada menu Ribbon Styles dan buatlah modifikasi di Heading 1, kemudian Heading 2 disesuaikan dengan kebutuhan. Di Heading 1, klik kanan dan pilih Modify, adapun jenis huruf, warna, besar huruf, spasi, posisi, bisa diganti disini. Boleh mencentang All Caps supaya judul bab jadi besar, kemudian klik OK. Kemudian di Heading 2 seterusnya lakukan hal yang sama.
  • Masih di Home, pada Ribbon Paragraph diklik menu Multilevel List dan pilihlah Define New Multilevel List, di kiri bawah pilih More dan pada click list level to modify ketik angka 1, pilih Heading 1 dalam list link level to style. Setelah itu ketik BAB dulu sebelum Romawi 1 di bagian Enter Formatting for Number. Pilih jenis huruf pada Font, biasanya menggunakan Times New Roman, size 12 dan Bold, OK.
  • Di List Click Level to Modify klik angka 2, pilih Heading 2 dalam list link level to style kemudian pilihlah huruf alfabet dalam Number Style for This Level, kemudian jangan lupa berikan titi setelah huruf A, di dalam Enter formatting for number. Pilih Font, gunakan Times New Roman, size 12 dan ditebalkan atau Bold, klik OK jika sudah.
  • Pada Restart list After dicentang, pilihlah Level 1 pada bagian list level yang ada di bawahnya dan atur Position sesuai kebutuhan anda. Contoh yang bisa digunakan adalah Number Alignment : center, Text indent at: 0, Aligned at: 0, dan Follow number with : Tab character.
  • Jika dibutuhkan anda bisa melakukan pengaturan lagi pada level lainnya.
  • Jika semua telah selesai diatur, maka tinggal klik OK untuk kembali ke dokumen dan mulai membuat tulisan.

Bagaimana? Cara membuat daftar isi otomatis pada Microsoft Word 2016 tidak sesulit yang dibayangkan, bukan?

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

cara membuat daftar isi otomatis

Tambahkan halaman baru dengan menggunakan menu Layout -> Breaks, pilihlah Next Page dan bisa mulai mengetik di lembar kedua tersebut. Untuk membuat BAB, tinggal klik Heading 1 di menu Home -> Styles. Untuk membuat Sub Bab, klik saja Heading 2 melalui menu Home -> Styles.

Jika sudah membuat Bab dan Sub Bab, maka tugas anda berikutnya adalah membuat daftar isi otomatisnya saja. Kembalilah ke halaman pertama, kemudian klik di tempat di mana anda akan membuat penempatan daftar isi.

Kembali ke halaman pertama dan klik pada rencana penempatan daftar isi. Tekan References, di dalam menu Ribbon Table of Contents, pilih Table of Contents dan pilihlah Automatic Table 1 atau Automatic Table 2. Setelah muncul, gantilah judulnya dengan menggunakan Daftar Isi (atau sesuai dengan kebutuhan).

Ubahlah Format Style jadi Heading 1, kemudian lakukan Update Table of Contents jika hanya posisi nomor halaman yang berubah, untuk mengubahnya pilih Radio Button Update Page Numbers Only. Sementara itu jika heading yang berubah, maka yang harus dipilih adalah Update Entri Table, klik OK. Selesai.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Pada Word 2010

Sekalipun sudah ada versi yang lebih baru, namun masih banyak juga yang menggunakan Microsoft Word 2010. Untuk yang ingin membuat daftar isi secara otomatis, sebenarnya Microsoft Word itu sendiri sudah menyediakan fitur yang akan mempermudah anda untuk membuat daftar isi itu sendiri.

Cobalah memilih References dan lihat pada bagian pojok kiri ada Table of Contents. Setelah itu bisa memilih Tabel yang dibutuhkan. Supaya bisa langsung digunakan, berikut adalah cara membuat daftar isi otomatis menggunakan Word 2010, silakan disimak:

  1. Pilihlah View, kemudian diklik Navigation Pane sampai tanda centang muncul pada kotak Navigation Pane, nantinya akan diisi dengan Heading 1 dan seterusnya
  2. Untuk langkah kedua adalah isilah Box navigation dengan Heading 1, kemudian Heading 2 dan Heading 3, begitu seterusnya. Adapun caranya adalah pada Home pilihlah Style, kemudian klik Heading 1 dan isi dengan BAB, misalnya BAB 1 Pendahuluan, kemudian BAB 2 KAJIAN PUSTAKA, dan berikutnya adalah BAB 3 METODE PENELITIAN, anda bisa meneruskannya sampai selesai sesuai kebutuhan. Sementara itu, pada Heading 2 untuk SUB BAB, misalnya saja 1.1 Latar Belakang, kemudian 1.2 Rumusan Masalah dan seterusnya. Cukup mudah, bukan?
  3. Cara membuat daftar isi otomatis berikutnya adalah dengan mengganti teks yang ada dalam Heading 1, bisa diganti dengan BAB 1 PENDAHULUAN. Sementara untuk Heading 2 bisa diganti dengan 1.1 Rumusan Masalah, atau dengan teks apapun disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Sebab setiap orang membuat daftar isi tidak dengan satu tujuan yang sama. Setelah selesai, sekarang beralih pada pembuatan Daftar isi gunakan langkah-langkah yang mudah.

Pilihlah References, kemudian diklik Tabel of Contents, setelah itu dipilih tabel apa yang anda butuhkan. Tetapi sebelumnya tentu saja harus mengisi Page Number pada worksheet yang sedang digunakan. Kemudian setelah muncul daftar isinya secara otomatis, maka anda tinggal mengubah teksnya, jenis dan ukuran font, bahkan warnanya sesuai dengan kebutuhan.

Biasakan Selalu Menyimpan Dokumen Otomatis

Jika sedang bekerja dengan menggunakan Microsoft Office, baik itu MS Word, MS Excel atau lainnya, selalu biasakan untuk langsung menyimpan dokumen secara otomatis.

Memang ada save otomatis, namun fitur tersebut tidak akan menyimpan dokumen yang kita buat secara penuh. Sehingga terkadang ada bagian dokumen yang tidak tersimpan dan hal itu bisa membuat pekerjaan jadi harus diulang dari awal.

Oleh sebab itu, selain mengetahui cara membuat daftar isi otomatis anda juga harus selalu siap menekan CTRL+S untuk menyimpan hasil kerja secara penuh. Jika perlu setiap 5 menit sekali anda menekan kedua tombol tersebut, pekerjaan jadi tersimpan otomatis dan bisa lebih cepat selesai karena tak perlu bekerja dua kali.

Category:
General