Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

CARA MENGHILANGKAN BEKAS JERAWAT – Jerawat memang salah satu jenis permasalahan wajah banyak sekali dialami oleh kaum hawa. Hingga akhirnya, untuk mencegah hal tersebut, ternyata banyak wanita yang rela melakukan perawatan kulit wajah yang sangat mahal. Jerawat juga bisa membekas, hal itu membuat mereka semakin geram. Untuk itu, pada uraian kali ini kami akan memberikan ulasan terkait dengan cara menghilangkan bekas jerawat dengan mudah dan praktis.

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami

Biasanya, bekas jerawat tetap membekas dan menghitam di wajah karena cara penghilangan jerawat yang tidak benar. Untuk itu, cara menghilangkan jerawat secara alami sangat dianjurkan untuk mengobati jerawat yang timbul di wajah.

1. Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Kentang

Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang miliki kandungan vitamin serta mineral yang dapat menyembuhkan luka pada kulit serta menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam. Langkah membuatnya juga cukup mudah.

  • Irislah tipis kemudian tempelkan di sekitar bekas jerawat
  • Kalau sudah, biarkan kurang lebih 10 menit
  • Setelah itu , silahkan cuci wajah menggunakan air bersih
  • Perawatan ini rutin setidaknya 3 kali dalam seminggu

2. Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Baking soda

Bahan kedua yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat itu Baking soda. Baking soda merupakan bahan yang banyak digunakan untuk proses membuat kue. Namun dibalik itu semua, baking soda bisa dimanfaatkan untuk kecantikan.

Bahan satu ini juga dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bekas jerawat serta noda hitam secara alami. Baking soda terdiri dari kristal sodium bikarbonat. Bahan tersebut dapat digunakan untuk kulit mati terkelupas.

Cara menggunakannya juga cukup mudah

  • Silahkan Anda siapkan terlebih dahulu beberapa sendok teh baking soda
  • Tambahkan air cukupnya
  • Campuran baking soda dan air hingga mengental
  • Oleskan pada area bekas jerawat kemudian pijit-pijit
  • Setidaknya 2 menit
  • Kemudian basuh wajah menggunakan air hangat
  • Terakhir oleskan pelembab wajah alami

3. Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Mentimun

Mentimun merupakan bahan alami yang kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C magnesium. Ketiga kandungan tersebut ternyata sangat bermanfaat bagi kulit. Selain itu, mentimun juga bisa menghidrasi kulit. Adapun cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat dengan mentimun yaitu dengan:

  • Mengiris tipis tipis mentimun secukupnya
  • Kemudian taruh di atas kulit bekas jerawat
  • Biarkan selama kurang lebih 30 menit
  • Kemudian bilas dengan menggunakan air dingin

4. Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Lemon

cara menghilangkan bekas jerawat dengan lemon

Selanjutnya, bahan yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat yaitu lemon. Air perasan lemon ini memiliki kandungan asam Alfa hidroksi alami. Kandungan tersebut ternyata mampu menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Selain itu, juga berfungsi sebagai penyembuh jerawat dan revitalisasi kulit. Adapun cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat menggunakan lemon yaitu:

  • Belah menjadi dua lemon kemudian peras
  • Selanjutnya oleskan air perasan lemon pada bekas jerawat
  • Diamkan hingga meresap dan kering
  • Selanjutnya,bilas wajah menggunakan air bersih, kemudian gunakan pelembab untuk menjaga kulit tetap lembab
  • Perawatan ini setidaknya dua atau tiga hari sekali

5. Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Lidah buaya

Tanaman satu ini memang sudah sangat terkenal memiliki banyak khasiat. Selain banyak digunakan sebagai bahan perawatan rambut, ternyata lidah buaya juga memiliki manfaat untuk menyehatkan kulit. Daging lidah buaya kaya akan kandungan zat gizi yang berfungsi dapat menghambat pembentukan melanin yang merupakan salah satu penyebab kulit gelap.

Anda bisa menghilangkan bekas jerawat atau flek hitam dengan cara mengoleskan cerita buaya pada kulit yang bermasalah. Adapun langkah menghilangkan bekas jerawat gunakan lidah buaya yaitu:

  • Ambil daging lidah buaya kemudian dipotong menjadi beberapa bagian, selanjutnya kupas bagian kulitnya
  • Keluarkan dan ambil gel lidah buaya
  • Oleskan pada bagian wajah secara merata
  • Bilas wajah dengan menggunakan air hangat

6. Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Gula

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami selanjutnya dengan menggunakan gula sebagai scrub. Gula ternyata kaya akan asam glikolat serta asam Alfa hidroksi yang bisa membersihkan kulit mati serta meningkatkan pembentukan jaringan sel baru. Terkaitk dengan caranya yaitu:

  • Siapkan gula serta minyak zaitun
  • Tambahkan 5 tetes jus lemon
  • Campuran semuanya sampai merata
  • Aplikasikan masker scrub gula dengan cara mengoleskan di bagian bekas jerawat.
  • Diamkan setidaknya 15 menit
  • Kemudian bilas menggunakan air hangat dan gunakan sebagai pelembab alami

Beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa memicu timbulnya jerawat

Ternyata terdapat beberapa faktor yang bisa menimbulkan jerawat, salah satunya yaitu keberadaan pori-pori yang tersumbat, terdapat perubahan hormon dan kebiasaan buruk merokok. Akan tetapi, selain itu semua terdapat faktor lain yang ternyata juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah.

Berikut beberapa kebiasaan yang kerap dilakukan serta tanpa disadari bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

  1. Menggosok wajah terlalu kencang

Salah satu perawatan yang kerap dilakukan oleh kaum hawa yaitu melakukan scrubbing. Kebiasaan menggosok muka terlalu kencang dengan menggunakan scrap juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Kebiasaan ini bisa membuat lapisan kulit yang seharusnya terlindung juga ikut mengelupas. Di sisi lain, sebaiknya Anda menggosok kulit wajah secara perlahan supaya tidak terjadi iritasi.

  1. Jarang mengganti sarung bantal

Hal ini mungkin terlihat tidak ada hubungannya, tetapi perlu diketahui, sarung bantal ternyata bisa menimbulkan jerawat. Bantal yang terkena kotoran t bisa menyebabkan kulit berjerawat. Untuk itu, sebaiknya Anda secara rutin mengganti sarung bantal supaya tidak terlalu banyak kotoran yang menempel di wajah anda.

  1. Kurang membersihkan kuas untuk rias wajah

Perempuan seringkali menggunakan kuas atau brush untuk merias wajah. Akan tetapi, ternyata kuas yang tidak dibersihkan dapat menjadi sarang bakteri yang dapat menimbulkan jerawat. Untuk itu, sebaiknya Anda bersihkan kuas secara rutin, Anda yang intensitas sering menggunakan kuas wajah, lebih baik untuk semakin rutin membersihkan kuas Anda.

  1. Jarang membersihkan handphone

Memang tidak bisa dipungkiri, di era saat ini handphone merupakan salah satu barang wajib. Seringnya menggunakan perangkat tersebut, ternyata bisa membuat wajah kotor serta banyak bakteri. Hingga akhirnya bakteri tersebut dapat membuat infeksi serta akan menimbulkan jerawat. Untuk mencegah timbulnya jerawat, sebaiknya Anda membersihkan handphone secara rutin dengan menggunakan desinfektan.

  1. Stress Yang berkepanjangan

Ternyata stress menjadi salah satu faktor munculnya beragam masalah kesehatan. Salah satunya, bisa menjadi penyebab jerawat. Beberapa penelitian mengungkapkan jika stress bisa memicu timbulnya jerawat menjadi semakin buruk.

  1. Lingkungan yang kurang bersih

Keadaan lingkungan sekitar Anda, ternyata juga menjadi salah satu faktor munculnya jerawat dalam tubuh. Misalnya ketika Anda tinggal di lingkungan seperti pabrik. Bukan hanya itu saja, kondisi cuaca yang panas, lembab atau kering juga bisa menimbulkan jerawat.

  1. Mengonsumsi makanan berminyak

Salah satu penyebab timbulnya jerawat yaitu karena asupan makanan olahan yang sangat berminyak. Makanan yang digoreng atau direbus dalam jumlah yang banyak, menjadi pemicu kelenjar minyak anda. Hal ini dikarenakan produksi sebum semakin meningkat, sehingga dapat menyebabkan komedo serta jerawat.

  1. Kebiasaan sering menyentuh wajah

Tangan kita sering dikatakan sebagai salah satu sarang timbulnya kuman, manakala jika jarang dibersihkan. Sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan memegang kulit wajah Anda, supaya wajah bisa terhindar dari bakteri penyebab jerawat.

  1. Menggunakan make up yang kadaluarsa

Tari tata rias ternyata memiliki tanggal kadaluarsa. Untuk itu, sebaiknya sebelum menggunakan produk tata rias perhatikan terlebih dahulu mengenai tanggal kadaluarsanya. Hal itu untuk mencegah timbulnya jerawat.

  1. Tidak mencuci muka setelah berolahraga olahraga

Olahraga yang teratur ternyata memiliki manfaat cukup baik untuk kesehatan. Akan tetapi, membiarkan wajah terlalu lama pada setelah berolahraga juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Hal itu dikarenakan keringat akan menyumbat pori-pori kulit. Dengan demikian, sebaiknya Anda membersihkan wajah setelah olahraga, setelah itu dapat menggunakan pelembab yang ringan untuk kulit wajah Anda.

  1. Makanan pedas

Ternyata bukan hanya makanan berminyak saja, makanan pedas juga terbukti berbahaya bagi kesehatan kulit. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas juga dapat mempengaruhi keseimbangan PH kulit sehingga dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Beberapa kebiasaan yang bisa mencegah jerawat muncul lagi

Tipe kulit berminyak memang lebih rentan untuk terkena jerawat. Hal tersebut dikarenakan kadar minyak yang cukup banyak dalam kulit akan membuat sel-sel kulit mati. Manakala sel kulit mati tidak dibersihkan, maka debu serta kuman akan mudah mengendap di dalam kulit.

Selain itu, berbagai cara membersihkan wajah yang kurang tepat juga dapat menjadikan peluang pada bakteri berkembang lebih banyak. Andaingin mendapatkan wajah bebas dari jerawat bukan? Berikut beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat anda lakukan untuk mencegah jerawat muncul lagi.

  1. Selalu membersihkan wajah hingga bersih dan tuntas

Ternyata masih banyak orang yang takut memakai make up dikarenakan mereka semua takut terkena jerawat. Padahal yang lebih berpotensi untuk membuat jerawat itu ternyata bukan make up. Melainkan kebersihan wajah ada yang kurang. Untuk itu, maka, lakukan double cleansing.

Bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan cleanser. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan sabun cuci muka. Lakukanlah hal ini setiap hari. Langkah ini manakala dilakukan dengan rutin maka sisa make up yang sudah bercampur dengan kotoran tidak akan mengendap di dalam pori-pori wajah anda.

  1. Memperbaiki pola makan

Selanjutnya, sebaiknya Anda mengurangi konsumsi gula atau gorengan yang cukup banyak. Hal ini supaya produksi minyak di dalam kulit menjadi lebih terkontrol. Produksi minyak yang berlebihan pada kulit ternyata dapat memicu jerawat muncul lebih sering.

  1. Perhatikan kandungan yang ada dalam make up serta Skin Care

Sebagian dari Anda pasti juga sedang mengikuti tren untuk urusan Skin Care. Akan tetapi, sebaiknya Anda semua mengenali jenis kulit dengan baik, serta menggunakan produk yang dapat mengatasi masalah kulit dengan tepat. Jangan lupa untuk rutin mengecek kadaluarsa produk. Selain itu, pastikan jika anda menyimpannya dengan baik supaya tidak mudah terkontaminasi dengan bakteri.

  1. Perbanyak istirahat dan kurangi stress

Meningkatnya kadar minyak di dalam kulit ternyata juga dipicu oleh hormon glukokortikoid. Hormon ini ternyata menjadi salah satu penyebab utama timbulnya jerawat. Untuk itu, sebaiknya Anda lakukan istirahat yang cukup dan mengurangi stress. Dengan istirahat yang cukup maka bisa memperbaiki kondisi kulit anda.

  1. Melakukan olahraga secara rutin

Manakala Anda tidak sempat ke tempat gym atau jogging, tetapi Anda bisa berolahraga dengan mengikuti video tutorial olahraga. Ketika melakukan olahraga, kulit Anda akan melakukan regenarasi lebih baik serta kulit akan jadi lebih sehat manakah Anda rajin berolahraga.

Category:
Health
Tags: