Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

PERAWATAN TUBUH – Apakah Anda tiba-tiba mengalami jerawat yang muncul? Jangan khawatir, disini kami memiliki cara menghilangkan jerawat paling mudah dan efektif. Dengan menggunakan cara ini, tentu Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar, karena semua langkahnya bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Jerawat itu sendiri, merupakan salah satu permasalahan kulit yang sering kali dialami oleh hampir semua orang di dunia. Manakala jerawat muncul, maka sebaiknya Anda segera menanganinya supaya masalahnya tidak semakin serius.

Cara menghilangkan jerawat secara alami

Setelah kita mengetahui beberapa hal yang bisa menimbulkan jerawat, selanjutnya langkah yang harus kita lakukan yaitu menghilangkan jerawat. Kali ini kami akan berbagi tips terkait dengan cara menghilangkan jerawat secara alami.

1. Menghilangkan Jerawat dengan Lidah buaya

cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya
via pixabay.com

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang kerap kali digunakan sebagai bahan pengobatan herbal. Hal itu dikarenakan, lidah buaya memiliki khasiat yang cukup banyak. Salah satu manfaat yang dimiliki yaitu untuk mengatasi jerawat.

Bukan hanya mendinginkan kulit anda, melainkan juga bisa mengurangi peradangan di jerawat dan menghilangkan kelebihan minyak pada kulit wajah. Hal tersebut berkat keberadaan sifat antibakteri serta anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi kemerahan serta iritasi pada kulit.

2. Menghilangkan Jerawat dengan Madu

cara menghilangkan jerawat dengan madu
via pixabay.com

Bahan satu ini sudah sangat populer memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, salah satunya yaitu untuk mengobati jerawat. Madu ternyata dapat digunakan sebagai masker jerawat yang ajaib serta dapat menghilangkan jerawat dengan sangat mudah.

Madu merupakan antibiotik alami yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Bukan hanya itu saja, ternyata madu memiliki sifat hidrasi yang bisa menjaga kulit tetap senantiasa sehat.

3. Menghilangkan Jerawat dengan Lemon

cara menghilangkan jerawat dengan lemon

Cara menghilangkan jerawat secara alami selanjutnya yaitu dengan menggunakan lemon. Lemon merupakan salah satu bahan yang memiliki kandungan asam askorbat sangat tinggi. Kandungan tersebut memiliki manfaat untuk mengurangi peradangan dalam kulit yang berjerawat serta membersihkan pori-pori yang menyumbat dalam kulit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mengombinasikan lemon dengan satu sendok makan madu ke dalam air perasan.

4. Menghilangkan Jerawat dengan Buah Pepaya

cara menghilangkan jerawat dengan pepaya
via pixabay.com

Bahan selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan jerawat secara alami yaitu pepaya. Perawatan kulit wajah berjerawat selanjutnya ini bisa Anda dapatkan dari buah satu ini. Pepaya memiliki kandungan antioksidan di dalamnya yang bisa mengatasi kulit merah yang ditimbulkan karena jerawat.

Selain itu, kandungan antioksidan yang ada di dalam pepaya juga bisa mengatasi kulit kemerahan yang diakibatkan jerawat, peradangan kulit dan mencerahkan wajah.

5. Menghilangkan Jerawat dengan Daun pepaya

cara menghilangkan jerawat dengan daun pepaya
via pixabay.com

Bukan hanya daging atau buah pepaya saja yang bisa anda manfaatkan. Ternyata daun pepaya juga bisa menjadi salah satu obat untuk mengatasi jerawat. Daun pepaya terkenal memiliki rasa pahit cukup ampuh untuk menyingkirkannya. Daun pepaya kaya akan kandungan karpain yang memiliki efek antimikroba serta antiprotozoa.

6. Menghilangkan Jerawat dengan Es batu

cara menghilangkan jerawat dengan es batu
via pixabay.com

Menempelkan benda satu ini pada jerawat dalam waktu beberapa menit ternyata bisa mengurangi pembengkakan serta bisa membantu mengecilkan jerawat Anda. Untuk menggunakannya, silakan Anda gunakan kain bersih yang lembut untuk membungkus es batu. Kemudian letakkan pada bagian wajah yang berjerawat.

Selanjutnya, diamkan beberapa menit dan ulangi hingga peradangannya berkurang. Pastikan Anda tidak menekan jerawat terlalu kencang. Hal ini dikarenakan bisa melukai jerawat serta menyebabkan bakteri menyerang pada bagian tersebut.

7. Menghilangkan Jerawat dengan Cuka apel

cara menghilangkan jerawat dengan cuka apel
hellosehat.com

Cuka apel kaya akan kandungan asam ringan yang bisa mengontrol produksi minyak kulit serta bisa bertindak sebagai astringent. Cuka apel juga termasuk salah satu antimikroba yang bisa membersihkan kulit dari bakteri. Dengan demikian, maka Anda bisa dengan mudah menyingkirkan jerawat yang menyebalkan dengan menggunakan bahan satu ini.

8. Menghilangkan Jerawat dengan Kayu Manis dan Madu

cara menghilangkan jerawat dengan kayu manis dan madu
epochtimes.id

Kombinasi antara kayu manis atau madu ternyata merupakan salah satu bahan yang bisa menghilangkan jerawat secara ampuh. Madu menyimpan banyak manfaat serta sudah terbukti bisa menyehatkan kulit dan membunuh bakteri. Di sisi lain, kayu manis memiliki sifat antimikroba serta sifat penyembuhan luka, sehingga akan menyembuhkan jerawat dengan cepat.

9. Menghilangkan Jerawat dengan Masker madu dan alpukat

Cara menghilangkan jerawat dengan masker madu dan alpukat
moeslema.com

Buah alpukat serta madu adalah salah satu obat jerawat alami yang sangat ampuh. Alpukat kaya akan kandungan vitamin yang bisa menembus pori-pori untuk meredakan peradangan. Di sisi lain, madu kaya akan sifat antibakteri. Kombinasi antara keduanya ternyata menjadi salah satu obat ampuh untuk mengatasi jerawat yang membandel.

10. Menghilangkan Jerawat dengan Masker yogurt dan madu

Cara menghilangkan jerawat dengan masker yoghurt dan madu
moeslema.com

Produk olahan susu satu ini ternyata kaya akan kandungan asam laktat, bakteri baik serta asam Alfa hidroksida yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati. Sedangkan madu, adalah salah satu bahan tambahan supaya manfaat yang didapatkan semakin maksimal.

Cara mencegah jerawat

Setelah usaha menghilangkan jerawat, tentunya kita lepas begitu saja agar jerawat yang ada pada wajah kita tidak muncul kembali. Untuk itu, kita juga perlu melakukan cara pencegahan agar jerawat tidak muncul kembali. Berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan jerawat:

1. Mengonsumsi makanan sehat

Kulit kita ternyata sangat bergantung terhadap makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Manakala kita terbiasa untuk mengonsumsi makanan yang kaya kalori atau rendah gizi serta serat, maka jangan heran manakala kulit mudah berjerawat. Jika Anda ingin mendapatkan kulit halus ,sehat dan segar dan terbebas dari jerawat.

Untuk itu, mulai saat ini silahkan membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan memiliki kandungan vitamin serta mineral tinggi. Langkahnya, bisa dengan mengkonsumsi buah setidaknya 3 hingga 5 porsi setiap hari.

Kemudian bisa juga mengkonsumsi sayuran sebanyak 2 hingga 3 porsi serta sumber protein nabati sebanyak 2 hingga 3 porsi setiap harinya. Selain itu, kurangilah konsumsi daging, susu serta garam pada makanan yang digoreng.

2. Memanfaatkan produk kosmetik yang bisa merawat kulit

Terdapat beberapa produk kosmetik seperti pelembab serta krim yang bisa menawarkan sejumlah manfaat nutrisi dan menawarkan manfaat anti jerawat. Jika Anda memiliki kulit yang berminyak, maka Anda sangat dianjurkan untuk menggunakan pelembab yang dapat meminimalisir produksi minyak pada wajah.

Untuk pemilik kulit kering, pelembab juga sangat efektif untuk bisa mengatasi kekeringan pada wajah selain itu juga bisa mengatasi supaya kulit tidak mudah terkelupas.

3. Rajin berolahraga

Olahraga atau latihan bukan hanya bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap sehat serta membuat imun tubuh meningkat. Lebih dari itu, ternyata olahraga juga bisa membuat kulit menjadi lebih sehat, lebih kenyal, lebih halus serta terhindar dari beragam masalah termasuk jerawat.

Olahraga juga dapat membuat peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar. Peredaran darah yang lancar merupakan salah satu kunci untuk bisa mencegah jerawat.

4. Kurangi penggunaan make up

Bukan hanya berhemat ternyata mengurangi penggunaan make up, baik itu foundation atau blush on juga bisa bermanfaat untuk mencegah jerawat. Setelah menggunakan make up, pastikan untuk Anda selalu membersihkan serta mencucinya sebelum Anda tidur. Manakala memungkinkan, sebaiknya Anda memilih kosmetik yang bebas dari minyak serta tanpa menggunakan pewarna atau bahan kimia.

Beberapa hal yang bisa memicu timbulnya jerawat

Manakala jerawat muncul di kulit Anda, sebaiknya segera Anda lakukan tindakan agar permasalahan sebut tidak segera menyebar. Manakala ditangani dengan benar, maka jerawat akan segera bisa disembuhkan. Sebaliknya, manakala langkah penanganan kurang tepat, maka jerawat dapat meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan.

Selain itu, bisa menjadi masalah kedepannya nanti. Tentu jerawat tersebut muncul dikarenakan beberapa hal. Adapun mengenai beberapa hal tersebut, berikut kami uraikan beberapa hal yang bisa menyebabkan timbulnya jerawa

1. Masa pubertas

Jerawat memang bisa muncul untuk segala jenis usia. Akan tetapi, perubahan kadar hormon yang terjadi ketika masa pubertas juga kerap ada kaitanya sebagai salah satu pemicu timbulnya jerawat. Ketika seseorang sedang mengalami masa pubertas, maka produksi hormon tes postero akan meningkat.

Sehingga bisa menyebabkan prediksi sebum pada wajah. Produksi sebum inilah yang kemudian akan memicu timbulnya jerawat pada wajah Anda.

2. Terjadinya perubahan hormon

Bukan hanya remaja saja yang memiliki risiko terkena jerawat. Secara umum, hal itu juga bisa terjadi dikarenakan terdapat perubahan kadar hormon dalam tubuh. Hal ini kerap terjadi untuk perempuan, mengingat di masa-masa tertentu perempuan kerap mengalami perubahan hormon yang cukup signifikan.

Misalnya, ketika sedang mengalami masa menstruasi, maka pada saat itu biasanya jerawat akan muncul menjelang masa menstruasi tiba. Bukan hanya itu saja, perubahan hormon juga terjadi pada ibu hamil yang biasanya akan menyebabkan jerawat muncul di 3 bulan pertama masa kehamilan.

3. Pemakaian make up yang berlebihan

Memang tidak bisa dipungkiri jika perempuan merupakan pengguna kosmetik wajah. Akan tetapi, penggunaan kosmetik wajah yang berlebihan ternyata bisa meningkatkan resiko timbulnya jerawat. Hal ini semakin diperparah manakala pemakaian kosmetik tidak diimbangi dengan cara pembersihan wajah yang benar.

Sebenarnya, bukan hanya kelebihan saja, melainkan penggunaan kosmetik atau make up yang kurang cocok dengan jenis atau kondisi kulit juga bisa memicu timbulnya jerawat pada wajah.

4. Mengonsumsi makanan yang tidak sehat

Beberapa diantara kita, mungkin juga pernah mendengar jika terdapat beberapa jenis makanan yang bisa memicu timbulnya jerawat. Hal tersebut ternyata tidak sepenuhnya salah. Mengingat makanan yang mengandung lemak tinggi serta tergolong tidak sehat juga dapat memicu produksi sebum berlebihan.

5. Kebiasaan memencet jerawat

Kerap kali jerawat tak kunjung hilang, atau malah semakin membesar dan membuat kita geram dan ingin memencetnya. Tapi sebelum langkah tersebut Anda lakukan. Fikirkan terlebih dahulu, apakah tangan Anda benar-benar bersih ketika memencetnya.

Terlepas dari kebersihan tangan, ternyata kebiasaan memencet jerawat yang sedang radang justru akan menambah parah kondisi jerawat sendiri. Hal tersebut dikarenakan, dengan memecatnya maka Anda akan menekan sumbatan pori-pori sehingga mengakibatkan bekas jerawat semakin dalam.

6. Intensitas sering mencuci wajah

Sebagian besar orang beranggapan jika salah satu pemicu timbulnya jerawat yaitu kurang kebersihan wajah. Dengan demikian, maka mereka mencuci wajah dengan jumlah yang lebih sering dalam sehari. Akan tetapi, perlu diketahui, jika hal tersebut ternyata bisa meningkatkan resiko munculnya jerawat.

Alasannya, karena ketika sering mencuci wajah maka produksi minyak di wajah akan semakin berkurang. Manakala produksi minyak wajah berkurang, tentu kulit akan terus memproduksi minyak dalam jumlah yang lebih. Dengan adanya hal tersebut, maka sebaiknya Anda cukup mencuci wajah dua kali sehari menggunakan produk pembersih wajah yang ringan.

7. Penggunaan ponsel kotor

Perlu Anda ketahui dan Anda sadari, jika ponsel yang selalu dalam genggaman tangan itu merupakan salah satu barang yang kotor. Sebagian di antara kita masih belum memahami atau sudah menyadari akan tetapi tetap membiarkannya begitu saja. Ponsel merupakan barang yang kotor merupakan salah satu fakta.

Hal ini semakin dibuktikan melalui penelitian yang menyebutkan jika ponsel ternyata 18 kali lebih kotor dan menyimpan banyak sekali bakteri jahat. Bahkan ketika dibandingkan dengan pegangan pintu atau toilet umum. Penyataan tersebut ternyata cukup mengerikan. Bukan hanya itu saja, ternyata ponsel juga menjadi sarang tempat berkembang biaknya bakteri.

Untuk itulah, kita harus menjaga kebersihan agar cara menghilangkan jerawat yang dilakukan ini tidak sia-sia.

Loading...

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: