Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet

Daftar Pustaka – Satu lagi yang harus mendapat perhatian adalah cara menulis daftar pustaka dari internet karena biasanya jika salah menuliskan formatnya bisa jadi akan mengurangi penilaian Anda. Apabila Anda salah memilih referensi maka yang terjadi adalah:

  1. Format penulisan yang tidak sesuai dengan standar yang berlaku.
  2. Banyak perbaikan pada penulisan daftar pustaka.

Oleh karena itu, carilah referensi dari sumber yang terpercaya agar tugas membuat makalah bisa mendapatkan nilai yang memuaskan. Oleh karena itu, seperti apakah cara menulis daftar pustaka yang baik dan benar? Yuk coba dilihat di bawah ini:

Cara Menulis Daftar Pustaka

Cara Penulisan Daftar Pustaka

1. Nama Penulis

Nama penulis cara penulisannya sama seperti penulisan pada daftar pustaka yang biasa digunakan di mana tulislah nama belakang penulis di posisi depan begitupun dengan nama depannya di tempatkan di posisi belakang.

2. Judul

Penulisan judul artikel ditambahkan dengan adanya tanda kutip.

3. Waktu Akses

Jangan lupa untuk menyertakan tanggal aksesnya dengan mencantumkan tanggal, bulan, dan tahun.

4. Alamat Situs Atau Blog

Cara penulisannya adalah harus menyertakan alamat situs jadi jangan pernah lupa untuk mencantumkannya dalam bentuk Uniform Resource Locator (URL).

Cara penulisan di atas bisa digunakan saat membuat daftar pustaka makalah yang sedang Anda buat. Semua itu harus Anda cantumkan pada daftar pustaka makalah yang saat ini sedang disusun. Paling tidak dengan adanya sumber yang jelas maka makalah yang dibuat lebih bisa dipertanggungjawabkan.

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet

  1. Nama Penulis Terdiri dari Dua Suku Kata

Zainab, Siti. “Pengembang Biakan Lele Dumbo”. 21 Desember 2015. https://ternaklele.com/2016/10/literasi-informasi-ternak-lele-nasional.html.

  1. Tidak Diketahui Nama Penulis dan Waktu Terbit

Bisa ditulis dengan “____” namun yang perlu diperhatikan adalah judul artikel dan jangan lupa untuk mencantumkan URL dan menyebutkan waktu akses.

  1. Tidak Diketahui Nama Penulis

Apabila ketika hendak mencantumkan pada daftar pustaka nama tidak diketahui nama penulisnya maka cobalah cari nama lembaga atau instansi yang sesuai dengan tema yang sedang Anda tulis.

  1. Nama Penulis dan Nama Lembaga Tidak Diketahui

Cara menuliskannya di dalam daftar pustaka adalah dengan mencantumkan website dengan menyertakan URL.

  1. Sumber Referensi

Sophia, S., 2002, Petunjuk Sitasi Serta Cantuman daftar Pustaka Bahan Pustaka Online, Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian, Departemen Pertanian, Bogor

Kekurangan Daftar Pustaka dari Internet

  1. Menyertakan daftar pustaka dari internet memang dibutuhkan kejelian karena banyaknya jenis tulisan yang hampir sama karena itu cobalah mencari dari instansi atau lembaga yang terkait.
  2. Tulisan yang berasal dari internet pun sewaktu waktu bisa jadi ada perubahan apabila diedit oleh pemiliknya atau bahkan hilang karena sudah dihapus.

Kelebihan Daftar Pustaka dari Internet

  1. Lebih mudah mencari informasi dan referensi hanya tinggal mengetikkan kata kunci Anda bisa menemukan daftar pustaka yang Anda cari.
  2. Menghemat waktu dan dana yang harus dikeluarkan karena akan mengurangi untuk mencari referensi melalui buku atapun membeli buku.

Sehingga saat ini banyak baik itu tugas sekolah, kuliah bahkan tugas kerja dapat lebih mudah Anda cari melalui internet.

Selain itu, bisa juga sumber yang dicantumkan adalah dari koran, majalah ataupun televisi. Seiring dengan berkembangnya teknologi, koran, televisi, dan majalah sudah mempunyai situs online sehingga pada daftar pustaka Anda bisa menyertakan linknya.

Manfaat Daftar Pustaka

  1. Menjadi syarat pada karya tulis yang harus dicantumkan sehingga daftar pustaka haruslah valid.
  2. Daftar pustaka menjadi sumber tulisan yang dibuat oleh penulis di dalam makalah .

Fungsi Daftar Pustaka

Daftar pustaka wajib Anda tulis pada karya tulis yang sedang disusun, di antaranya fungsi daftar pustaka adalah:

  1. Tanda penghargaan pada penulis karena hasil tulisannya sudah dipakai sebagai bahan referensi.
  2. Pembuktian bahwa penulis di dalam karya tulis tersebut juga ada hasil karya penulis lainnya yang ikut menjadi bagian dari isi karya tulis tersebut.
  3. Sebagai standar penulisan yang berlaku.
  4. Memberikan kesempatan pada pembaca yang ingin lebih memperdalam mempelajari buku-buku yang telah dicantumkan sebagai bahan.

Tips Mencari Daftar Pustaka dari Internet

  1. Carilah situs yang terpercaya baik dari instansi, koran, dan lain-lain.
  2. Hindari mengambil daftar pustaka dari blog yang tidak berbayar.

Itulah di antaranya yang bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi penyusunan makalah. Makalah merupakan hasil karya tulis ilmiah sehingga keaslian sebuah sumber di dalam tulisan haruslah dapat dipertanggungjawabkan. Apabila sumber yang diambil kurang jelas bisa jadi itu akan menimbulkan keraguan.

Beberapa kondisi tersebut akan menyulitkan Anda maupun pembaca apabila suatu hari nanti hendak mengecek keaslian sumber daftar pustaka yang telah dicantumkan pada makalah. Maka carilah referensi yang terpercaya untuk daftar pustaka Anda.

Category:
General
Tags: