Contoh CV Kreatif dan 7 Situs Pembuat CV Kreatif Gratis

Setelah sebelumnya membahas contoh CV bahasa Inggris, kali ini kita akan membahas contoh CV kreatif. CV kreatif adalah suatu istilah yang digunakan untuk penyebutan CV atau daftar riwayat hidup yang dibuat dengan kreatif.

CV atau yang juga biasa disebut dengan resume ini terlihat lebih menarik ketika dibuat dengan konsep kreatif. Dengan format yang sama namun memiliki tampilan yang berbeda dari yang biasanya. Biasanya adalah perusahaan yang berhubungan dengan design yang menyuruh calon pekerjanya untuk mengirimkan CV nya dengan format yang kreatif.

Namun juga tidak menutup kemungkinan pada perusahaan lain juga menyuruh calon pekerjanya untuk mengirimkan CV nya dalam bentuk kreatif. Atau setidaknya mendapatkan nilai lebih ketika calon pekerjanya mengirimkan CV atau daftar riwayat hidupnya dalam bentuk kreatif.

Di sisi lain juga ada beberapa perusahaan atau instansi yang menginginkan calon pekerjanya mengirimkan CV nya dalam bentuk tulisan tangan. Intinya adalah setiap perusahaan atau instansi memiliki ketertarikan tersendiri terhadap CV yang dikirimkan calon pekerjanya. Oleh sebab itu hendaknya carilah info terlebih dahulu CV atau resume yang bagaimana yang diinginkan oleh perusahaan yang dituju.

Dalam pembuatan CV kretaif, jangan sampai melupakan unsur utama yang harus ada dalam daftar riwayat hidup itu sendiri. Keduanya tetap harus saling melengkapi, yaitu dengan mendesain daftar riwayat hidup yang kreatif namun juga tidak menghilangkan unsur utamanya yang harus ada dalam daftar riwayat hidup.

Cara Membuat CV Kreatif

Jika kamu ingin membuat CV Kreatif sendiri. Kamu bisa belajar desain untuk membuatnya di beberapa website berikut:

Canva adalah situs rekomendasi untuk belajar desain, bahkan belajar desain mulai awal dan belum bisa apa-apa.

Selain canva masih ada banyak situs yang memudahkan dalam pembuatan CV kreatif, bahkan beberapa di antaranya ada yang memberikan layanan secara gratis. Silahkan googling sendiri.

Sebelum membuat contoh CV kreatif ada baiknya kita ketahui hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan CV kreatif. Hal ini bertujuan agar CV yang kita buat maksimal dan tidak sia-sia.  Untuk lebih jelasnya simak ulasan dibawah:

1. Riset Perusahaan Tujuan

Sebelum membuat resume kreatif ada baiknya lebih dulu meriset perusahaan yang akan dituju, apakah perusahaan tersebut menerima daftar riwayat hidup kreatif atau tidak. Karena ada beberapa perusahaan yang menuntut konsep daftar riwayat hidupnya tidak dibuat dengan kreatif dan ada juga yang menuntutnya harus dibuat dengan kreatif.

Perusahaan yang tidak menuntut daftar riwayat hidupnya dibuat dengan kreatif adalah perusahaan milik negara dibidang pelayanan masyarakat atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti perbankan dan asuransi.

Oleh sebab itu, sesuaikanlah konsep desain daftar riwayat hidup sesuai dengan ketentuan perusahaan yang dituju. Perusahaan yang menginginkan calon-pekerjanya membuat resume dengan format kreatif biasanya adalah perusahaan yang bergelut dibidang desainer grafis.

2. Menggunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Jangan karena terlalu fokus dalam pembuatan konsep kreatifitas daftar riwayat hidup menjadikan tata bahasa, ukuran, dan jenis hurufnya menjadi sulit dimengerti. Oleh karenanya gunakanlah bahasa-baku supaya mudah dipahami, buatlah dengan menggunakan konsep yang tidak berlebihan dan terlihat lues.

3. Uji Daftar Riwayat Hidup ke Orang Lain

Cobalah untuk menunjukkan daftar riwayat hidup yang sudah jadi itu ke orang lain, mintakan pendapat dan penilaian kepada mereka, apa yang kurang dan apa yang perlu ditambah, jika hasil penilaian mereka positiv maka daftar riwayat hidup siap untuk dikirimkan.

Kesalahan yang Sering Terjadi Dalam Membuat CV Kreatif

  • Menggunakan font yang tidak nyaman untuk dibaca, jenis serta ukuran font-nya tidak sesuai dengan konsep desain daftar riwayat hidup. Oleh sebab itu gunakanlah font yang sudah umum digunakan, font yang yang biasa digunakan adalah font Arial/Calibri dengan ukuran 11.
  • Menggunakan warna yang terlalu mencolok, warna yang terlalu mencolok akan membuat pembaca lelah serta sungkan dalam menyelesaikan bacaannya.
  • Membuat layout terlalu penuh dan ramai, layout yang terlalu penuh dapat mengakibatkan informasi yang penting tidak terbaca serta terlewatkan oleh HRD. Oleh sebab itu buatlah layout yang sederhana dan buatlah ruang kosong untuk menyuguhkan informasi yang jangan sampai terlewatkan.
  • Ejaan typo, jangan sampai saat daftar riwayat hidup sudah terkirim baru menyadari terdapat tulisan yang typo. Oleh karenanya disarankan untuk memperlihatkan kepada teman dan minta penilaiannya agar kesalahan yang ada dapat terkoreksi serta dapat segera diperbaiki.

Contoh CV Kreatif

Ada banyak sekali model dan design CV kreatif yang sangat menarik. Mereka yang ahli dalam hal desain banyak membuat sampel dan contoh cv kreatif yang telah tersebar di internet.

Untuk beberapa contoh CV kreatif seperti pada gambar di bawah.

Contoh CV Kreatif Fresh Graduate

contoh cv kreatif fresh graduate
bro.web.id

Contoh CV Kreatif Fresh Graduate di atas terlihat menarik meski menggunakan desain yang simpel. Desain tidak terlalu rumit, sehingga memudahkan HRD untuk membaca data diri Anda. Meski menggunakan konsep yang sederhana, CV kreatif di atas tetap terkesan elegan.

Contoh CV Kreatif Dalam Bahasa Inggris

contoh cv kreatif bahasa inggris
mashable.com

Di atas adalah contoh CV kreatif dalam bahasa Inggris. Kamu bisa menirunya untuk membuat CV bahasa Inggris yang kamu inginkan. Desainnya menarik meski hanya dengan konsep yang sederhana. Memang harusnya begitu, CV yang desainnya terlalu rame akan terkesan rumit sehingga HRD pun akan sulit untuk membaca data dirimu.

Contoh CV Kreatif Mahasiswa

contoh cv kreatif mahasiswa
kerjayuk.com

Sebagai contoh CV kreatif mahasiswa, kamu bisa melihatnya seperti gambar di atas. Akan lebih baik cantumkan fotomu di bagian atas agar terlihat lebih menarik. Dalam membuat CV kreatif usahakan bahwa setiap tulisan dan data diri yang kamu buat dapat terbaca dengan baik.

Contoh CV Kreatif Formal

contoh cv kreatif formal
pinterest.com

Di atas adalah contoh CV kreatif formal, artinya, kamu dapat menggunakannya untuk hal-hal yang bersifat formal. Buatlah CV formal dengan desain semenarik mungkin dengan tampilan yang elegan. Namun kamu juga tetap perlu memperhatikan jangan sampai karena keinginan membuat desain yang menarik menyebabkan data dirimu tidak bisa terbaca.

Tips Mengirim CV ke HRD Perusahaan

  • Jika daftar riwayat hidup dikirim melalui email, sesuaikan format dokumen yang digunakan. Hindari pengiriman dalam bentuk documen, karena desain resume atau CV akan menjadi berantakan jika HRD membuka dengan versi Microsoft Word yang tidak sama. Akan lebih baik jika daftar riwayat hidup disimpan menggunakan format PDF atau JPG agar desainnya tetap aman serta tidak mengalami perubahan ataupun berantakan.

Tips Dalam Membuat CV Kreatif

Ada banyak perusahaan yang melihat surat lamaran kerja atau cover letter menjadi bagian paling penting dibanding semua dokumen surat lamaran yang ada. Oleh sebab itu penting untuk diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja. Berikut adalah beberapa tips membuat surat lamaran kerja yang baik:

1. Kesan Individual

Apabila berencana ingin mengirim lamaran kerja ke banyak perusahaan, jangan lupa untuk menuliskan nama perusahaan yang dituju dengan benar. Jika Anda kenal dengan HRD di perusahaan tersebut Anda bisa menujukan langsung surat lamaran yang dibuat dengan menuliskan langsung namanya. Gunakan lah nama serta jabatan dengan spesifik. Lebih khusus, surat yang ditujukan kepada seorang perempuan menggunakan awalan Ms jika tidak tahu tentang status perkawinannya. Contoh: Ms. Suryanegara.

2. Singkat dan Padat

Jangan menggunakan penulisan yang terlalu bertele-tele. Tulis lah surat lamaran dengan padat dan singkat. Gunakan juga bahasa yang mudah dipahami. Gunakan kata yang sudah biasa digunakan. Tidak perlu untuk berusaha mengesankan HRD dengan memakai kata-kata sulit yang kurang bisa dipahami.

Jangan menuliskan surat lamaran melebihi satu halaman. Sangat mungkin perusahaan menerima puluhan surat lamaran kerja. Sebab Surat lamaran kerja yang terlalu panjang kurang efektif.

3. Rapi dan Bersih

Anda bisa menggunakan program komputer dalam penulisan surat lamaran kerja. Dengan demikian Anda bisa menulis surat lamaran kerja dengan bersih dan rapi yang mudah dibaca.

4. Proof Read

Proof read adalah membaca ulang seluruh tulisan yang sudah jadi dan memastikan semua sudah benar. Pastikan bahwa tidak terdapat kesalahan yang menyalahi EYD, tidak ada kata yang bersifat repetitif atau berulang-ulang serta tata bahasa (grammar) yang sesuai. Pada program MS Word bisa menggunakan spell & grammar checker.

Itulah beberapa contoh CV Kreatif dan menarik yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Satu pemikiran pada “Contoh CV Kreatif dan 7 Situs Pembuat CV Kreatif Gratis

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: