Contoh Daftar Isi Makalah yang Baik dan Benar

Daftar isi menjadi bagian yang sangat penting dari sebuah penulisan baik itu untuk karya tulis dalam bentuk skripsi, karya ilmiah, makalah, dan lain-lain. Sebelum dibahas contoh daftar isi makalah ini, maka tentunya akan lebih baik apabila kita mengetahui apakah pengertian dari daftar isi dan makalah itu:

Daftar Isi

Pengertian dari daftar isi yaitu menjadi salah satu dari bagian dari pembuatan sebuah karya tulis yang terdiri dari bab dan subbab secara lengkap beserta dengan halaman yang telah tercantum dengan jelas dan detail.

Makalah

Makalah merupakan karya tulis yang dibuat secara ilmiah dengan disertai adanya suatu permasalahan yang harus dibahas dengan baik. Di mana proses pembahasanya bisa melalui kajian teori yang bisa diperoleh dari literatur dan bacaan yang terkait. Atau turun langsung ke lapangan untuk melakukan penelitian, wawancara, dan lain-lain.

Dari pembahasan tersebut bisa diperoleh hasil dan kesimpulan yang akan lebih mendalam. Makalah dibuat umumnya menjadi tugas baik dalam bidang:

  1. Akademik
  2. Nonakademik

Dengan adanya daftar isi diharapkan makalah bisa dengan baik dipahami maksud dan tujuannya sehingga fungsi makalah yang harus diketahui oleh penulis adalah:

  1. Bisa menjadi sumber pemikiran baik dari segi teori dan segi praktis.
  2. Bisa lebih menambah ilmu pengetahuan tidak hanya untuk penulis tetapi juga untuk pembaca.
  3. Bisa membuat penulis lebih detail dan cermat saat menyusun karya tulis dengan mengikuti kaidah penulisan yang ada.
  4. Dapat diperoleh manfaat dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan wawasan.

Dalam pembuatan makalah Anda harus mencari topik pembahasannya terlebih dahulu. Setelah itu pasti dari topik tersebut akan banyak ditemui permasalahan yang bisa dibahas. Dengan adanya permasalahan maka akan lebih memudahkan Anda untuk mebuat pembahasannya. Sebelumnya cobalah buat susunan yang terdiri dari:

  1. Judul
  2. Bab
  3. Subbab

Daftar pustaka pun harus Anda perhatikan untuk mendapatkan pembahasan yang lebih detail dan terperinci sesuai dengan topik yang sedang dibuat. Di bawah ini, salah satu contoh daftar isi makalah yang bisa Anda buat untuk menjadi acuan penulisan. Silakan untuk dilihat ya.

Contoh Daftar Isi Makalah Urbanisasi

Daftar Isi

HALAMAN JUDUL ………………………………………………. i

KATA PENGANTAR ……………………………………………… ii

DAFTAR ISI …………………………………………………………. iii

BAB I PENDAHULUAN …………………………………….. 1

  • A. Latar Belakang ………………………………………….. 2
  • B. Rumusan Masalah ……………………………………… 2
  • C. Tujuan Penulisan ……………………………………….. 3
  • D. Manfaat Penulisan ……………………………………… 3

BAB II PEMBAHASAN ………………………………………. 4

  • A. Pengertian Urbanisasi …………………………………… 4
  • B. Penyebab Urbanisasi…………………………………….. 8
  • C. Dampak Urbanisasi………………………………………. 20
  • D. Mengatasi Urbanisasi ………………………………..… 24
  • E. Contoh Kasus Urbanisasi ………………………………..30
  • F. Upaya Pencegahan Urbanisasi………………………. 35

BAB III PENUTUP ……………………………………………… 36

  • A. Kesimpulan …………………………………………………… 36
  • B. Saran ……………………………………………………………. 38

DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………. 40

Dari masalah terkait urbanisasi di atas bisa dibuat pembahasan yang baik, detail dan lebih sistematis. Batasan masalah yang ada akan lebih memudahkan dalam proses pembahasan sehingga cobalah cari yang sesuai dengan bakat, minat, dan juga pendidikan Anda.

Semua itu pastinya akan lebih membantu dalam pembuatan makalah yang menjadi tugas Anda. Daftar isi yang sudah dibuat dengan baik dan adanya literatur yang lebih memadai akan lebih memudahkan penyelesaian makalah yang sedang dibuat.

Fungsi Daftar Isi

Sehingga dari pembuatan makalah tersebut memiliki fungsi daftar isi berikut:

  1. Agar makalah bisa lebih rapih sehingga pembaca bisa lebih mudah untuk memahami terkait isi materi yang dibahas oleh penulis.
  2. Pembaca bisa lebih jelas mengetahui maksud dari penulis terkait informasi yang ada di dalam makalah tersebut.

Pembaca biasanya akan kesulitan apabila harus membaca makalah secara keseluruhan namun dengan adanya daftar isi akan lebih membantu untuk mengetahui maksud dari penulis. Pembaca pun bisa lebih menghemat waktu untuk lebih memahami isi dari sebuah tulisan.

Tidak kalah penting adalah daftar pustaka harus sesuai dengan pembahasan. Dari pemilihan daftar pustaka yang bisa diperoleh dari berbagai buku yang terkait tidak hanya bermanfaat untuk penulis namun juga untuk pembaca makalah Anda. Adapun manfaat dari daftar pustaka adalah:

  1. Menjadi bahan atau sumber untuk menulis makalah.
  2. Menjadi rujukan penting sehingga dapat dipakai untuk menulis karya ilmiah lainnya.
  3. Menjadi bahan pembuktian keaslian makalah yang telah dibuat dengan melihat sumber buku.
  4. Menjadi sumber yang lebih dapat dipertanggungjawabkan.

Demikianlah artikel contoh daftar isi makalah yang sudah dibahas di atas. Adapun untuk makalah yang sedang Anda buat cobalah cari topik yang lebih sesuai dengan tugas Anda karena itu akan sangat berpengaruh terutama bagi Anda yang saat ini sedang mengeyam pendidikan di bangku perguruan tinggi. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat untuk pendidikan Anda dan masa depan.

Category:
General
Tags:

,