Contoh Kata Pengantar Makalah dengan Susunan yang Baik dan Benar

MAKALAH – Berikut adalah contoh kata pengantar makalah atau pendahuluan makalah serta cara membuatnya. Kata pengantar, daftar isi dan penutup adalah bagian penting dalam pembuatan makalah, skripsi, laporan atau proposal. Bagian-bagian tersebut menjadi penting karena merupakan pokok dari isi makalah, skripsi, laporan atau proposal itu sendiri.

Kata pengantar merupakan sebuah kata pembuka yang mengawali suatu pembahasan. Kata pembuka tersebut mewakili sebuah isi bahasan atau pokok permasalahan sebuah karya ilmiah, laporan atau proposal. Kata pengantar yang baik adalah kata yang dapat mengantarkan pembaca menuju inti pembahasan dengan sebaik-baiknya.

Secara sederhana, cakupan kata pengantar adalah mengandung hal-hal berikut:

  • Ucapan syukur dan pujian kepada Tuhan yang Maha Esa.
  • Keterangan dan penjelasan dari maksud penulisan karya ilmiah, laporan atau proposal.
  • Keterangan dan penjelasan mengenai pelaksanaan penulisan karya ilmiah, laporan atau proposal.
  • Keterangan dan penjelasan mengenai bantuan dari berbagai pihak serta ucapan terimakasih terhadapnya.
  • Menyebutkan tempat, waktu (tanggal, bulan dan tahun) dan nama lengkap penulis tanpa tanda tangan.
  • Harapan penulis atas karya ilmiah, laporan atau proposal yang dibuat.
  • Manfaat dari karya ilmiah serta ketersediaan menerima kritik dan saran.

BACA: Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Contoh Kata Pengantar Makalah Lingkungan Hidup

Contoh kata pengantar

Agar lebih mudah dalam mebuat kata pengantar, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu bagaimana cara membuat kata pengantar yang baik dan benar. Hal ini bertujuan agar kita memiliki gambaran dasar mengenai contoh kata pengantar yang baik dan benar.

Sebagai pengetahuan dasar pembuatan kata pengantar perhatikanlah hal-hal berikut:

  • Awali Kata Pengantar dengan Ucapan Syukur
  • Kata Pengantar Berisikan Ringkasan dari Karya Tulis
  • Ucapan Terimakasih Kepada Berbagai Pihak yang Membantu
  • Harapan dari Penulisan Karya Ilmiah
  • Permintaan Maaf dan Keterbukaan Menerima Saran dan Kritik

BACA: Contoh Surat Pengunduran Diri

Kata Pengantar

Dengan menyebut nama Allah-SWT yang Maha-Pengasih lagi Maha-Panyayang, segala puji bagi Allah Tuhan semesta-alam. Sehingga makalah lingkungan hidup yang kami buat ini dapat selesai tanpa halangan yang berarti. Makalah ini saya beri judul “Menjaga Bumi dari Pemanasan Global”.

Karya ilmiah ini kami buat dan susun dengan usaha maksimal juga atas bantuan dari berbagai pihak yang berkenan meluangkan waktu, tenaga dan fikirannya untuk menyelesaikan makalah ini. Oleh karenanya kami sampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pihak yang telah ikut serta dalam menyelesaikan karya ilmiah ini.

Terlepas dari itu semua kami menyadari masih banyak kekurangan dalam karya ilmiah yang kami buat. Mungkin dari segi bahasa, susunan kalimat atau hal lain yang tidak kami sadari. Oleh karenanya kami sangat mengharapkan kritik dan saran sebagai sarana perbaikan karya ilmiah yang lebih baik.

Dan semoga makalah tentang lingkungan hidup ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan masyarakat luas. Akhir kata kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas perhatiannya.

Semarang, September 2017

Penulis

Arifuddin

Cara Membuat Kata Pengantar yang Baik dan Benar

cara membuat kata pengantar

Agar lebih mudah dalam mebuat kata pengantar, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu bagaimana cara membuat kata pengantar yang baik dan benar. Hal ini bertujuan agar kita memiliki gambaran dasar mengenai contoh kata pengantar yang baik dan benar.

Hasil dari kata pengantar yang dibuat oleh seseorang yang mengetahui dasar pembuatan kata pengantar akan lebih bagus dan menarik daripada yang hanya membuat dengan mencontoh. Hal ini perlu diperhatikan mengingat kata pengantar merupakan wakil daripada karya tulis yang kita buat.

BACA: Contoh Surat Keterangan Kerja

Oleh karenanya kita perlu membuat kata pengantar dengan sebaik-baiknya agar setiap pembaca semangat dalam membaca isi dari karya tulis yang kita buat. Sebagai pengetahuan dasar pembuatan kata pengantar perhatikanlah hal-hal berikut:

1. Awali Kata Pengantar dengan Ucapan Syukur

Awalilah kata pengantar dengan ucapan syukur, yaitu untaian kata syukur yang ditujukan kepada Tuhan YME. Misalnya seperti ucapan hamdalah, segala puji bagi Tuhan, atas segala ni’mat dan rahmat Allah, atas pertolongan Allah YME, dll.

2. Kata Pengantar Berisikan Ringkasan dari Karya Tulis

Kata pengantar berisikan suatu gambaran atau ringkasan dari karya tulis yang kita buat dan tujuan dari pembuatan karya tulis. Kata pengantar yang baik adalah yang mampu menggambarkan isi karya tulis dengan ringkas namun jelas.

3. Ucapan Terimakasih Kepada Berbagai Pihak yang Membantu

Sertakan juga ucapan terimakasih kepada segenap pihak yang telah ikut membantu dalam menyelesaikan karya tulis yang kita buat, baik itu guru, pembimbing, doa dan dukungan dari orangtua dan keluarga, dukungan sahabat, dll.

4. Harapan dari Penulisan Karya Ilmiah

Tuliskan juga sebuah harapan dari dibuatnya karya tulis. Tujuan dari penyebutan harapan ini adalah agar karya tulis yang kita buat ini benar-benar bisa memberikan manfaat bagi pembaca.

5. Permintaan Maaf dan Keterbukaan Menerima Saran dan Kritik

Dan yang terakhir adalah sebuah permintaan maaf atas segala kekurangan dari karya tulis yang kita buat. Selain itu juga keterbukaan menerima kritik dan saran demi penyempurnaan karya tulis yang kita buat.

BACA: Contoh CV Lamaran Kerja dan 7 Situs Pembuat CV Gratis

*****

Demikian contoh kata pengantar untuk makalah lingkungan hidup yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Loading...

2 pemikiran pada “Contoh Kata Pengantar Makalah dengan Susunan yang Baik dan Benar

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: