Contoh Latar Belakang Makalah dengan Susunan yang Baik dan Benar

Contoh Latar Belakang Makalah – Ketika Anda menyusun makalah maka latar belakang menjadi inti pembicaraan atau pembahasan yang sangat penting. Jadi usahakanlah untuk bisa memilih topik yang sebaik-baiknya agar Anda tertarik untuk membahasnya untuk tulisan yang sedang dibuat. Apakah latar belakang masalah itu?

Latar Belakang Masalah

Isinya berupa uraian yang seharusnya dibahas di dalam makalah sehingga Anda saat menyusun karya tulis memerlukan adanya baik literatur ataupun penelitian yang kemudian disusun atau dipaparkan dalam bentuk uraian.

Bagian-Bagian

  1. Masalah

Harus ada permasalahan yang sudah Anda pilih sebagai bahan tulisan di dalam makalah. Lebih baik masalah yang dipilih adalah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Kemampuan yang baik akan membuat tulisan menjadi lebih mudah Anda pahami dan akan lebih mempermudah penyelesaiannya.

  1. Daftar Pustaka

Bahan buku bacaan yang sesuai dengan topik yang dibahas akan sangat pendukung proses penyusunan makalah. Kini untuk daftar pustaka tidak hanya melalui literatur tetapi melalui media online pun sudah banyak ditemui. Bagaimanapun cobalah untuk mencari bahan bacaan yang valid.

  1. Penelitian

Di dalam pembahasan makalah seorang penulis pun membutuhkan adanya penelitian secara langsung di lapangan. Bisa dalam bentuk wawancara ataupun survei sehingga tidak hanya teori namun dari sisi praktisnya pun bisa diperoleh. Makalah akan menjadi lebih sempurna dengan adanya penelitian karena ini adalah realita yang ada di masyarakat.

  1. Perumusan Masalah

Dalam latar belakang maka usahakan dalam membuat perumusan masalah dengan adanya pertanyaan yang sudah dibuat. Pertanyaan yang ada akan lebih mudah untuk merumuskannya di dalam bentuk tulisan.

Pentingnya Latar Belakang Makalah

Pentingnya penulis saat memilih bahasan masalah di dalam makalah, ada beberapa alasan yang mendasar, di antaranya adalah:

  1. Sesuai Bakat Dan Minat Penulis

Ini menjadi bagian penting karena penulis akan lebih bersemangat untuk menyusun makalah. Tulisan yang dibuat penulis disertai dengan penelitian akan lebih membuat latar belakang masalah menjadi lebih berisi.

  1. Sesuai Dengan Kemajuan Zaman

Adanya masalah yang dari segi pembahasan bisa dijawab melalui penelitian di lapangan. Di masa sekarang atau masa yang akan datang bisa jadi tulisan tersebut akan memberikan sumbangsih yang sangat berarti untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

  1. Belum Ada Yang Membahas

Masalah yang dibahas apabila tergolong masih baru akan lebih memudahkan penulis untuk membuat tulisan begitupun dengan penelitiannya. Penulis bisa saja akan mendapatkan hipotesis baru yang kemudian diberikan pada khalayak melalui tulisannya.

Oleh karena itulah, pentingnya Anda harus mencari pokok permasalahan yang akan ditulis. Dari permasalahan yang ada inilah yang nanti akan menjadi latar belakang terutama saat penelitian. Ada beberapa latar belakang masalah yang bisa dibuat, seperti:

  1. Latar Belakang Karya Ilmiah
  2. Latar Belakang Laporan Magang
  3. Latar Belakang Proposal Usaha
  4. Latar Belakang Tugas Akhir
  5. Latar Belakang Makalah

Sebelum membuat latar belakang masalah ada beberapa aspek yang harus Anda perhatikan ketika membuat tulisan, di antaranya adalah:

  1. Sosial
  2. Ekonomi
  3. Budaya
  4. Keamanan Negara
  5. Ideologi, dan lain-lain

Saat Anda hendak menyelesaikan tulisan Anda maka cobalah membuat apa yang mendasari penulis agar segera meneliti permasalahan yang ada di dalam tulisannya. Buatlah latar belakang masalah yang lebih proporsional jangan sampai melebihi isi dari tulisan yang Anda buat.

Setelah mengetahui kaidah-kaidah penulisan danĀ  pentingnya memilih latar belakang yang sesuai dengan Anda. Kini coba kita bahas latar belakang makalah agar lebih mempermudah Anda saat menyusun makalah.

Contoh Latar Belakang Makalah Tentang Sampah

Sampah adalah barang yang sudah tidak digunakan lagi oleh pemiliknya. Sampah-sampah tersebut dibuang oleh pemiliknya pada tempat sampah. Tempat sampah akan lebih baik apabila bisa dipisahkan antara sampah organik dan sampah an organik.

Sampah yang dibuang sembarangan akan banyak menimbulkan masalah seperti bau yang tidak sedap, sumber penyakit, membuat got tersumbat, pada musim hujan yang terjadi adalah banjir di mana-mana.

Kurangnya kesadaran membuang sampah pada tempatnya tentu akan berakibat fatal tidak hanya untuk Anda tetapi lingkungan sekitar. Sampah bahkan menjadi masalah nasional karena semakin lama sampah semakin menumpuk dan tidak dapat diberdayakan ataupun dikurangi.

Padahal kehadiran pemulung bisa jadi mengurangi sampah terutama untuk sampah plastik karena jenis sampai yang satu ini sangat sulit diuraikan. Berbeda dengan sampah organik yang bisa diolah menjadi kompos.

Sampah apabila bisa dikelola dengan baik bisa memberikan tambahan penghasilan. Pengelolaan sampah yang baik dibutuhan dukungan dari banyak pihak terutama pemerintah agar bisa lebih mendukung program masyarakat.

Bank Sampah yang kini mulai dikelola masyarakat di beberapa daerah menjadi program yang bisa mengurangi sampah masyarakat. Dukungan dari pemerintah akan membuat bank sampah bisa semakin berkembang apabila dikelola dengan baik.

Category:
General
Tags:

,