Contoh Makalah yang Baik dan Benar Sesuai Kaidah dan EYD

Contoh Makalah – Makalah adalah salah satu tugasyang sering dijadikan nilai akhir dalam ujian sekolah maupun universitas. Dan anda yang sedang bergulat dengan waktu untuk menyusun makalah demi nilai terbaik.

Ada baiknya mengikuti contoh makalah yang baik dan benar supaya bisa menyelesaikan tugas dengan baik serta mendapatkan nilai yang bisa membawa anda untuk lulus mata kuliah tersebut.

Untuk membuat makalah yang benar, maka anda harus memastikan menulis makalah sesuai dengan EYD atau menggunakan tata bahasa yang baku. Format halaman dan format gambar yang sesuai, susunan kerangka makalah yang tepat.

Bahkan penyusunan daftar pustaka pun harus sesuai dengan kaidah yang berlaku. Memang sedikit rumit, tetapi untuk mendapatkan yang terbaik anda harus melakukan sesuai peraturannya.

A. Petunjuk Pembuatan Makalah yang Baik dan Benar

Contoh makalah yang Baik dan Benar

Berikut ini adalah petunjuk untuk membuat makalah. Sesuai dengan contoh makalah yang baik dan benar untuk tugas kampus, maupun untuk tugas sekolah yang biasa anda ikuti.

1. Pemilihan Topik Makalah

Yang dimaksud topik adalah tema pembuatan makalah itu sendiri. Diperoleh dari uraian latar belakang masalah yang akan diangkat. Harus menarik dan menjangkau semua kajian ilmu yang umum di masyarakat sehingga bisa sesuai dengan para pembaca dan bisa diambil manfaatnya.

2. Pemilihan Bahasa

Anda bisa menulis makalah dalam berbagai bahasa, sesuai dengan kebutuhan anda. Umumnya menggunakan Bahasa Indonesia, dan pastikan semua tulisan menggunaan bahasa baku. Yang sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan atau EYD.

B. Contoh Makalah yang Baik dan Benar

contoh pembuatan makalah yang Benar

Menulis makalah yang benar dimulai dari susunan kerangka yang benar pula. Sebab jika sudah salah dari awal, maka jangan harapkan hasil akhirnya akan memuaskan dan sesuai dengan kaidah yang berlaku. Maka karena itu, jika ingin menulis makalah yang benar untuk tugas kampus, sebaiknya mengikuti susunan kerangkanya seperti berikut ini.

1. Cover Makalah

Ini adalah halaman pertama yang akan membuat makalah anda terlihat sesuai dengan kaidah penyusunannya atau tidak. Di dalam cover atau sampul makalah harus memuat nama penulis makalah, sisipkan logo universitas, tempat dan juga tuliskan tahun terbit.

Pastikan anda menulis nama dengan jelas dan tanpa menggunakan singkatan, juga tak perlu sebuah penulisan gelar pendidikan. Kemudian untuk judul menggunakan huruf kapital yang ditebalkan. Adapun font-nya adalah Times New Roman, font 14 dan gunakan layout rata tengah atau center.

Sementara itu, untuk nama penulis tak perlu dijadikan kapital. Cukup pada awal kata saja. Walau begitu, untuk nama universitas harus gunakan huruf kapital yang ditebalkan (bold). Pastikan judul yang ditulis di cover merupakan judul yang informatif, singkat dan jelas bagi pembaca makalah.

2. Abstrak

Dalam menulis makalah, anda juga harus menyertakan halaman abstrak. Untuk abstrak ini ada dua bahasa, yakni menggunakan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Bagi yang ingin menggunakanBahasa Inggris tidak boleh menulisnya lebih dari 200 kata.

Namun untuk Bahasa Indonesia, abstrak dibatasi sebanyak 250 kata. Yang ditulis dalam abstrak itu sendiri adalah sebuah rangkuman dari hasil penelitian. Dengan hipotesa atau bahasan pokok dari masalah yang sedang diteliti

Hal yang perlu diperhatikan, apabila makalah yang akan diterbitkan itu adalah makalah skala internasional, maka abstrak Bahasa Inggris harus anda letakkan sebelum abstrak dalam Bahasa Indonesia. Pun demikian jika makalah skala Nasional, maka letakkan abstrak Bahasa Indonesia di depan abstrak Bahasa Inggris.

3. Daftar Isi

Dalam contoh makalah yang baik dan benar, daftar isi juga harus dikerjakan dengan tepat. Itu karena daftar isi memiliki manfaat untuk memberikan informasi dari isi makalah yang sedang dibaca tersebut.

Pada setiap bab dan juga sub bab akan diberikan semacam nomor di  sudut halamannya untuk mempermudah pencarian. Bahkan ada juga daftar isi yang menggunakan daftar tabel atau daftar gambar. (BACA: Contoh Daftar Isi Makalah yang Baik dan Benar)

4. Kata Pengantar

Di dalam halaman kata pengantar harus ditulis bahasan isi makalah secara lengkap namun umum saja. Ini dilakukan untuk membuat pembaca memiliki gambaran seperti apa arah penelitian yang ada dalam makalah yang anda buat.

Di dalam kata pengantar, selalu dicantumkan ucapan syukur pada Tuhan Yang Maha Esa dan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyusun makalah.

Di akhir kata pengantar, anda bisa meminta saran dan masukan dari pembaca untuk pengembangan penulisan makalah dimasa yang akan datang. (BACA: Contoh Kata Pengantar Makalah dengan Susunan yang Baik dan Benar)

5. Pendahuluan

Untuk pendahuluan, berisi bahasan awal dari topik penelitian yang disusun berdasarkan sudut pandang penulis. Jelaskan dengan singkat dan umum, namun memiliki makna dan tujuan yang jelas.

Di dalam pendahuluan juga bisa memaparkan masalah yang membuat anda menyusun makalah tersebut. Selain itu juga ada sub bab yang akan mencakup semua bab dalam penelitian. Adapun sub-bab yang biasa disertakan adalah Latar Belakang, kemudian Rumusan Masalah serta Tujuan Pembahasan.

6. Isi

Dalam contoh makalah yang baik dan benar, untuk bagian ini berisi uraian pokok dari topik makalah yang sedang dibuat. Permasalahan, kemudian berbagai penelitian yang telah dilakukan, metode penelitiannya, tempat dan saran penelitian.

Juga termasuk penjabaran hasil data yang telah diperoleh di lapangan. Adapun jenis data yang dicantumkan bisa berupa data kualitatif, bisa juga kuantitatif dan bisa pula mixed methods atau keduanya.

Anda bisa memilih metode penelitian yang berupa wawancara, survey, pengamatan dan juga pengambilan data secara langsung di lapangan. Singkatnya, isi merupakan penjelasan dari definisi dan landasan teori, mengulas materi, penyelesaian masalah dan juga solusi penelitian atau hasil.

7. Kesimpulan

Untuk bab ini merupakan penjabaran dari semua hasil yang anda peroleh dari analisis rumusan masalah. Ada kesimpulan yang sesuai dengan hipotesa, namun ada juga yang tak sesuai denganhipotesa awal dan akhirnya memunculkan kesimpulan baru.

Kemudian dalam kesimpulan juga dicantumkan apakah penelitian tersebut mampu menjawab rumusan masalah ataukah dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut lagi.

8. Saran

Bab ini ditujukan untuk pembaca makalah. Adapun saran diperoleh setelah membuat kesimpulan dari makalah yang telah selesai ditelaah lagi. Dan harapannya hasil dari penelitian tersebut bisa diterapkan oleh masyarakat, baik itu secara praktis maupun teoritis.

9. Penutup

Harapan penulis yang diberikan pada pembaca. Supaya hasil penelitian diharapkan bisa bermanfaat. Di sini anda juga bisa memberikan pesan, kesan, juga ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pembuatan makalah penelitian. Jangan lupa untuk mejelaskan kelebihan dan kekurangan penulisan makakah tersebut. (BACA: Contoh Penutup Makalah Sesuai Kaidah yang Benar)

10. Daftar Pustaka

Bagian terakhir dari makalah ini berisi daftar referensi-referensi yang digunakan untuk menyusun makalah. Biasanya minimal sebanyak 25 referensi yang berasal dari buku, maupun dari jurnal. Penulisannya harus sistematis, dan diurutkan sesuai alfabetis nama pengarang.

Contoh makalah yang baik dan benar dalam daftar pustaka adalah nama pengarang dan diikuti oleh tahun terbit, judul, kemudian tempat terbit (kota)dan penerbitnya. (BACA: Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Buku, Jurnal dan Koran).

Category:
Literatur
Tags:

,