Contoh Penutup Makalah Sesuai Kaidah yang Benar

Contoh penutup makalah – Pada saat membuat makalah sudah seharusnya mengikuti kaidah yang berlaku sehingga makalah yang dibuat sudah sesuai dengan ketentuan. Untuk mempermudah membuat makalah maka buatlah terlebih dahulu kerangkanya, adapun kerangka makalah itu terdiri dari:

Kerangka makalah yang baik akan lebih membantu Anda bisa menyelesaikannya dengan cepat dan tepat sesuai dengan yang diharapkan. Makalah yang baik harus memenuhi ciri-ciri di bawah ini, di antaranya adalah:

  1. Di dalam makalah bisa dibuat data yang valid yang bisa diperoleh terutama dari penelitian di lapangan. Keakuratan data haruslah sesuai dengan kondisi yang ada pada saat itu.
  2. Harus memenuhi kaidah kejujuran sehingga data yang ditampilkan dalam makalah haruslah data konkrit dengan menyebutkan sumber data tersebut diperoleh.
  3. Bahasa yang digunakan dalam makalah haruslah singkat, jelas, dan padat.
  4. Makalah dibuat secara sistematis dan tidak mengabaikan kaidah penulisan yang berlaku.

A. Unsur Penutup Makalah

Makalah yang baik dan benar tidak bisa mengabaikan penutup agar hasilnya bisa lebih maksimal.  Penutup makalah adalah kerangka makalah yang ada pada akhir makalah yang biasanya dibuat sebelum Anda menyertakan daftar pustaka. Penutup makalah terdiri dari:

1. Kesimpulan

Penulis akan membuat kesimpulan atau intisari dari makalah yang sudah ia tulis terkait pembahasannya. Dari kesimpulan ini diharapkan pembaca bisa mendapatkan jawaban dari pembahasan yang sudah ditulis di dalam makalah.

2. Saran

Berisi rekomendasi yang hendak disampaikan penulis terkait pembahasan yang sudah ia buat di dalam makalah. Saran ini bisa menjadi masukan untuk persoalan yang ada sehingga ini bisa menjadi bahan masukan agar di masa yang akan datang ada perubahan yang lebih baik.

B. Kaidah Membuat Penutup Makalah yang Benar

Kerangka makalah tersebut mempunyai peranan penting yang harus Anda perhatikan. Dalam hal ini penutup makalah tidak boleh diabaikan begitu saja. Adapun saat akan membuat penutup makalah, perhatikanlah beberapa kaidah di bawah ini:

1. Kalimat yang Dibuat Harus Ringkas Dan Padat

Penutup makalah yang Anda buat kalimatnya harus tutup poin sehingga bisa dikatakan tidaklah boleh bertele-tele. Buatlah seringkas mungkin namun harus tetap sesuai dengan isi makalah sehingga pembaca lebih mudah memahami isi makalah.

2. Berisi Rangkuman dari Sebuah Makalah yang Dibuat

Anda harus bisa membuat rangkuman secara keseluruhan dari makalah tersebut. Intinya adalah Anda harus benar-benar paham akan isi makalah yang sudah ditulis karena pada bagian penutup ini adalah berisi poin atau inti dari tema yang sudah dibahas satu persatu di dalam makalah. Jika Anda tidak paham inti dari pembahasan makalah maka akan kesulitan untuk membuat daftar penutupnya.

3. Buatlah Saran Sesuai dengan Topik Makalah

Penutup makalah harus disertai juga saran penulis terkait topik yang dibahas dalam makalah. Buatlah saran yang masih ada kaitannya dengan isi makalah tidak perlu panjang tetapi harus pada inti yang Anda bahas di dalam makalah.

Sehingga saran ini tidaklah boleh dipandang sebelah mata karena pentingnya di dalam bagian pembuatan makalah. Jadi penulisan saran di dalam makalah harus benar-benar dibuat sebagai masukan yang membangun.

Seteleh poin-poin penting di atas diketahui, maka saatnya contoh penutup yang bisa Anda buat untuk makalah. Seperti apakah contoh  penutup makalah yang bisa digunakan.

C. Contoh Penutup Makalah

BAB III

PENUTUP

1. Kesimpulan

Perekonomian saat ini bisa dikatakan kurang stabil dan terjadi penurunan. Kondisi ini bisa dilihat dari harga yang makin naik di pasaran. Meski harga kebutuhan pokok yang dijumpai di pasar tradisional antara satu pedagang dengan pedangang lainnya tidaklah jauh berbeda.

Dari pengamatan dan pembelian yang dilakukan terhadap 8 pedagang harga kebutuhan pokok hampir sama. Adapun yang membuat daya beli masyarakat menurun karena kenaikan pendapatan tidak seimbang dengan tingkat harga kebutuhan.

Inilah yang membuat tidak hanya menurunnya daya beli masyarakat tetapi pedagang pun akhirnya harus menurunkan harga jual yang berimbas pada penurunan laba yang diperoleh.

2. Saran

Pedagang telah berupaya menurunkan harga sehingga keuntungan mereka berkurang namun daya beli masih menurun. Kondisi ini diharapkan adanya peran aktif dari pemerintah untuk bisa membantu meningkatkan daya beli masyarakat.

Diantaranya adalah mengurangi angka pengangguran di masyarakat dengan menciptakan dan membuka lapangan kerja tidak hanya di perkotaan, tetapi di seluruh Indonesia.

Demikianlah contoh penutup makalah yang bisa digunakan dengan baik dan benar. Gunakanlah bahasa yang lugas dan singkat tidak perlu bertele-tele. Bagian penutup semacam membuat rangkuman dari sebuah makalah yang sudah Anda tulis dan jangan lupa untuk memberikan saran dari pembahasan topik atau tema yang sudah dibuat sebelumnya.

Category:
General
Tags:

,