Contoh Proposal Skripsi yang Benar Sesuai Kaidah Kepenulisan

Sebagai mahasiswa yang mendekati semester akhir, alangkah lebih baiknya untuk lebih sering membaca contoh proposal skripsi yang benar. Supaya mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai tugas akhir yang akan disusun untuk mendapatkan gelar sarjana.

Jauh lebih baik jika dilakukan di semester awal. Supaya kelak di semester akhir tak sampai kewalahan dalam menyusun laporan yang satu itu. Yang dimaksud dengan proposal skripsi itu sendiri adalah laporan usulan penelitian akhir mahasiswa atau yang lebih dikenal sebagai skripsi.

Untuk sistematika penulisan skripsinya itu sendiri berbeda setiap kampus. Sesuai dengan kebijakan internal. Maksudnya tak lain untuk mencegah terjadinya plagiasi.

Saat mahasiswa selesai membuat laporan proposal. Maka seminar Uji Proposal atau UP akan datang dan dihadiri oleh mahasiswa semester 7 beserta beberapa dosen penguji.

Jika sang mahasiswa berhasil dalam uji proposal. Maka bisa langsung lanjut untuk tugas akhirnya. Namun jika ia gagal maka harus memperbaiki laporan proposal skripsinya dan melakukan UP susulan di gelombang berikutnya.

Contoh Proposal Skripsi Sesuai Bentuknya

contoh proposal skripsi

Jika dilihat dari bentuknya, proposal skripsi itu sendiri terbagi menjadi dua. Yakni proposal skripsi mini dan juga proposal skripsi penuh. Adapun lebih lengkapnya lagi anda bisa simak definisinya sebagai berikut.

Proposal Skripsi Mini

Untuk proposal skripsi mini, merupakan sebuah proposal dimana tiga bab skripsi disatukan menjadi satu bab saja. Hanya saja model proposal ini punya beberapa kelemahan yang cukup menyulitkan.

Mahasiswa lebih lama menulis skripsi karena setelah pengajuan proposal disetujui maka mahasiswa harus mengerjakan bab-bab yang telah digabungkan tersebut secara terpisah dalam skripsinya, dan itu bisa memakanwaktu yang lebih lama karena sama saja dengan mengulangnya lagi dari awal.

Proposal Skripsi Penuh

Untuk yang satu ini adalah bentuk proposal skripsi yang memiliki susunan berbentuk bab dengan sistematika yang runut. BAB 1, kemudian berlanjut pada Bab 2 dan Bab 3 serta diakhiri dengan daftar pustaka.

Walau begitu, ada juga yang sampai BAB 4 dan memiliki keuntungan bagi mahasiswa menjadi lebih cepat dalam menyusun skripsi. Sebab proposal itu sendiri bisa dijadikan bab-bab dalam skripsinya.

Tentu saja ada beberapa perubahan atau dilakukan revisi yang sesuai dengan penelitian yang telah dilakukan. Kelemahannya ada pada mahasiswa yang gagal dalam ujiproposal, maka ia harus mengulangnya dengan proposal lain serta harus mengikutiseminar susulan.

Contoh Proposal Skripsi yang Benar

contoh proposal skripsi yang benar sesuai kaidah

Saat mengajukan proposal skripsi, anda harus mengikuti contoh proposal skripsi yang benar supaya ajuan anda diterima dan tidak mengalami penolakan atau revisi. Mengikuti kaidah penulisan proposal skripsi yang tepat tentunya akan membantu anda untuk mengurangi waktu dan tenaga yang terbuang sia-sia karena salah penulisan.

Berikut adalah susunan proposal skripsi yang tepat, silakan disimak.

  • Cover. Merupakan halaman depan dari skripsi yang berisi judul, nama penyusun (mahasiswa), NIM (nomor induk mahasiswa) logo universitas, program study, kemudian jurusan dan nama universitas. Sementara itu tahun pembuatan ditulis paling bawah.
  • Judul Skripsi. Judul yang akan diajukan pada dosen pembimbing anda.
  • Lembar Pengesahan. Pada halaman ini dosen penguji akan membubuhkan tanda tangannya. Secara umum, pengesahan proposal skripsi ini berupa ACC saja dari dosen pembimbing utama pada bagian halaman cover.
  • Daftar Isi. Akan diisi oleh isi proposal dan halaman saja, maksudnya supaya mudah bagi dosen penguji menemukan halaman yang dicari.
  • Kata Pengantar. Isinya berupa tujuan serta maksud dari skripsi yang anda buat.
  • Daftar Tabel. Di sini berisi semua judul tabel yang akan ditemukan dalam proposal skripsi. Fungsinya sendiri supaya pembaca mudah untuk menemukan tabel mana saja yang memiliki kaitan dengan pembahasan skripsi.
  • Daftar Gambar. Memiliki tujuan yang sama dengan daftar tabel, tetapi hanya untuk proposal skripsi yang disertai gambar saja.
  • Daftar Lampiran. Jika anda memiliki lampiran berkas, surat penelitian, dan berbagai lampiran yang digunakan untuk menyelesaikan tugas skripsi, maka anda letakkan di sini.
  • BAB I. Didalamnya berupa bab pendahulu yang memuat latar dan batasan masalah, selain itu tujuan penelitian hingga manfaat penelitian juga tercantum di sini.
  • BAB II. Setelah pendahulu, bab ini ialah isi proposal yang mencantumkan landasan teori di dalamnya.
  • BAB III. Di dalamnya terdapat metode penelitian yang mencakup waktu dan lokasi penelitian, bagaimana teknik pengumpulan datanya dan teknik analisis data, serta analisis data yang anda lakukan.
  • Daftar Pustaka. Pada halaman ini ditulis daftar referensi yang membantu anda menyusun skripsi, literatur, referensi buku, sampai dengan situs web.
  • Lampiran. Halaman terakhir ini memuat data-data pendukung, seperti fotokopi lampiran berkas pendukung, atau scan.

Cara Membuat Proposal Skripsi

lankah-langkah membuat proposal skripsi

Setelah mengetahui susunan contoh proposal skripsi yang benar, maka sekarang saatnya anda untuk menyusun proposal skripsi sendiri. Dalam menyusun proposal skripsi, ada beberapa langkah yang harus diikuti supaya mempermudah anda dalam menyelesaikan proposal tersebut.

Adapun langkah-langkah membuat proposal skripsi tersebut ialah:

Mencari Ide Penelitian

Ini adalah hal pertama yang harus anda lakukan sebelum membuat proposal skripsi, apa yang akan anda teliti dan kemudian jadi pembahasan utuh di dalam skrispsi. Pastikan anda melakukannya jauh-jauh hari, jika perlu dilakukan di semester awal supaya anda bisa mencari lebih banyak ide, dan kemudian menyortirnya untuk mencari yang palingpotensial.

Carilah Referensi

Carilah berbagai referensi sebanyaknya untuk mendukung penelitian kelak. Ada yang berupa buku, media elektronik, jurnal dan banyak lagi. Yang harus diingat adalah referensi tersebut harus sesuai dengan penelitian yang akan diajukan.

Tentukan Rumusan Masalah

Langkah berikutnya adalah dengan menentukan rumusan masalah, yakni latar belakang masalah yang nantinya akan menjadi rumusan dalam BAB 1 Pendahuluan dalam proposal skripsi anda.

Tahapan Penelitian Menggunakan Diagram Alir

Siapkan metode penelitian yang akan digunakan untuk menyelesaikan rumusan masalah yang telah anda buat, lengkap dengan batasan-batasannya.

Judul Skripsi

Setelah langkah di atas dilakukan, buatlah judul skripsi yang akan anda ajukan pada pembimbing. Pastikan judulnya sesuai dengan permasalahan yang anda teliti, jangan terlalu umum dan jangan terlalu sempit juga supaya judul tak berbalik jadi hambatan dalam penyusunan skripsi kelak.

Menyusun BAB 1

Jika sudah selesai rumusan masalahdan dapat judul, maka anda bisa langsung menyusun BAB 1 dengan urutan yang tepat. Contoh proposal skripsi yangbaik memiliki BAB 1 dengan susunan latar belakang sampai dengan tinjauan pustaka secara runut.

Melengkapi Draft BAB

Supaya proposal skripsi selesai tepat waktu dan sesuai harapan, lengkapi semua draft bab yang telah anda susun. sselalu melakukan diskusi dengan dosen pembimbing anda dan jangan malas untukmelakukan revisi selama dibutuhkan.

Selamat menyusun proposal skripsi, semoga sukses!