7 Inspirasi Dekorasi Pernikahan Untuk Hari Bahagiamu

PERSIAPAN PERNIKAHAN – Pernikahan merupakan salah satu momen yang paling berharga dalam hidup seseorang. Bagaimana tidak? Pernikahan menjadi pintu gerbang untuk memasuki kehidupan baru yang cukup berbeda dengan kehidupan sebelumnya. Salah satu cara untuk membuat pesta pernikahan menjadi lebih meriah dan berkesan adalah dengan memilih dekorasi pernikahan yang sesuai dengan konsep acara.

Berbicara mengenai dekorasi untuk pesta pernikahan, setiap orang mempunyai pilihan yang berbeda. Ada dekorasi pernikahan dengan konsep minimalis, tradisional, internasional, dan lain sebagainya. Kali ini Anda akan menemukan beberapa inspirasi dekorasi pesta pernikahan yang mengusung berbagai tema seperti adat maupun modern yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

7 Dekorasi Pernikahan yang Paling Diminati

Memperhatikan dekorasi pesta memang hal yang sangat penting. Dekorasi menjadi pemandangan pertama yang menjadi pusat perhatian tamu-tamu undangan. Ingin tahu inspirasi dekorasi yang disukai oleh banyak orang? Di bawah ini 7 konsep dekorasi yang layak untuk Anda pertimbangkan demi mendapatkan pernikahan yang tak terlupakan.

BACA:

1. Dekorasi Klasik

dekorasi pernikahan klasik
pinterest.com

Di urutan pertama terdapat dekorasi yang mengusung tema klasik. Dekorasi klasik ini dipilih oleh begitu banyak mempelai karena beberapa alasan. Selain memancarkan kesan sakral pada pesta pernikahan, dekorasi klasik ini juga terlihat elegan dengan perpaduan latar belakang ukir-ukiran dan berbagai jenis bunga. Anda juga bisa menambahkan taman kecil pada bagian depan panggung.

Dekorasi dengan tema klasik memberikan kesan formal, apalagi jika dipadukan dengan jenis busana pengantin berkonsep tradisional. Warna-warna yang dihadirkan merupakan warna dasar sehingga tidak memberikan kesan berlebihan pada keseluruhan dekorasi.

Namun jika Anda menginginkan dekorasi klasik-modern, berbagai jenis modifikasi siap untuk memenuhi permintaan. Alih-alih menggunakan latar belakang dengan tema ukiran khas Jawa dan tempat duduk kayu yang terlihat natural, Anda bisa memilih latar belakang berwarna putih yang dipadukan dengan tempat duduk berkonsep serupa.

Untuk budget, Anda tidak perlu khawatir. Dekorasi dengan model klasik seperti ini mempunyai harga yang sangat bervariasi tergantung ukuran serta dekorasi tambahan yang diinginkan. Jika Anda mempunyai anggaran terbatas di bawah Rp 10 jutaan, dekorasi ini tetap bisa menjadi pilihan yang cocok untuk acara pernikahan Anda.

2. Dekorasi Adat Sunda

dekorasi pernikahan adat sunda
pinterest.com

Pilihan dekorasi untuk pernikahan yang paling banyak diminati selanjutnya adalah dekorasi adat Sunda. Dekorasi dengan tema adat ini biasanya didominasi oleh warna emas dan perak dengan perpaduan unsur alam. Tambahan ornament seperti bambu, kayu dan bunga menjadi paduan yang sangat khas dari dekorasi Sunda tersebut.

Pelaminan khas Sunda biasanya menggunakan gapura dan kursi yang terbuat dari bambu sehingga menonjolkan kesan alami dan menenangkan. Ditambah lagi dengan hiasan bunga serta dedaunan yang menjuntai membuat dekorasi tersebut nampak begitu indah, baik dilihat secara langsung maupun melalui foto.

3. Dekorasi Adat Batak

dekorasi pernikahan adat batak
youtube.com

Dekorasi selanjutnya yang banyak digunakan dalam acara pernikahan adalah dekorasi khas Batak. Pelaminan dengan konsep Batak terlihat begitu otentik dengan pernak-pernik yang menjadi ciri khas Batak Toba. Yang paling menonjol dari desain dekorasi Batak adalah desain rumah-rumah pada bagian atas tempat duruk. Digunakan pula ukiran khas yang dikenal sebagai gorga.

Gorga tersebut biasanya dibuat dengan motif pakis, garis geografis atau rotan berduri. Dengan ornament tersebut, Anda dapat mengenali konsep yang digunakan secara sekilas. Ditambah lagi dengan pilihan warna yang khas yaitu perpaduan antara warna emas dan sedikit merah. Pelaminan sendiri didesain menyerupai rumah panggung dengan penyangga yang kuat.

4. Dekorasi Adat Jawa

dekorasi pernikahan adat jawa

Jika Anda berencana untuk menggunakan dekorasi yang mengusung adat Jawa, dekorasi yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Dekorasi dengan adat Jawa menggunakan gebyok yang sangat khas di pelaminan. Gebyok tersebut memberikan kesan sakral dan klasik pada keseluruhan dekorasi pelaminan.

Pernikahan adat Jawa tidak pernah bisa dilepaskan dari janur kuning. Demikian pula dekorasi yang mengusung tradisi Jawa ini. Dengan tambahan ornamen tersebut, pernikahan seolah-olah menjadi lebih lengkap.

5. Dekorasi Konsep Glamour

dekorasi pernikahan konsep glamour

Beralih ke pernikahan dengan nuansa modern, Anda bisa menggunakan konsep glamour sebagai alternatif dekorasi. Jika Anda mempunyai budget yang cukup longgar dan ingin menciptakan suasana tak terlupakan pada pesta pernikahan, dekorasi glamour bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Sesuai dengan namanya, dekorasi glamour identik dengan pernak-pernik yang terlihat berkelas.

Digelar di dalam ruangan, dekorasi yang dipilih biasanya bernuansa megah dengan atap tinggi dan ruangan yang cukup luas. Berbagai aksesoris akan ditambahkan untuk menambah kesan glamor pada acara pernikahan tersebut. Beragam jenis hiasan meja juga menjadi ciri khas pernikahan glamor.

Selain ornamen dan aksesoris, pencahayaan juga menjadi kunci penting dalam menciptakan nuansa pernikahan yang mewah. Dengan efek pencahayaan khusus, ornament yang ada akan terlihat begitu indah terutama jika Anda menggunakan ornamen-ornamen dari kristal serta rangkaian bunga yang mahal.

Bagaimana dengan pemilihan warna? Pernikahan berkonsep glamor biasanya menggunakan warna tertentu seperti silver, putih, dan gold. Namun Anda bisa memilih warna lain sesuai dengan selera dan keinginan Anda.

6. Dekorasi Konsep Pantai

dekorasi pernikahan konsep pantai

Anda yang merencanakan pernikahan outdoor, dekorasi pantai bisa menjadi pilihan yang layak diprioritaskan. Banyak selebritis yang menyelenggarakan pernikahan di daerah pantai dengan konsep beachy wedding atau kasual. Anda pun bisa merencanakan konsep pernikahan yang unik dengan mengumpulkan teman dan kerabat di bibir pantai untuk menyaksikan prosesi pernikahan.

Dekorasi untuk pernikahan pantai cukup sederhana dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Biasanya hanya terdapat hiasan-hiasan berupa karangan bunga pada setiap tempat duduk atau selasar menuju lokasi ijab qabul. Pada musim panas, tidak perlu menambahkan dekorasi atap sehingga Anda bisa menikmati cahaya matahari pantai.

Warna yang biasa digunakan untuk konsep pernikahan ini adalah warna putih, tosca, atau biru laut. Dengan pemilihan warna tersebut, konsep beach wedding menjadi lebih sempurna. Namun Anda perlu mempertimbangkan berbagai kemungkinan, terutama jika rencana pernikahan telah memasuki musim penghujan.

7. Dekorasi Pesta Kebun

dekorasi pernikahan konsep pesta kebun

Siapa yang tidak suka dengan pernikahan berkonsep luar ruangan? Selain dekorasi pantai, Anda juga bisa memilih dekorasi pesta kebun untuk pernikahan Anda. Apabila memiliki halaman rumah yang cukup luas, Anda bisa menggunakan lokasi tersebut sehingga menghemat pengeluaran untuk sewa gedung.

Dekorasi pernikahan pesta kebun mempunyai ciri khas yang unik, yaitu pemilihan warna putih yang mengesankan alami. Selain itu, pemasangan berbagai ornament serta hiasan bunga menjadi pelengkap konsep pernikahan yang satu ini. Anda bisa menggunakan pergola yang dipenuhi dengan bunga untuk menambah kesan elegan pada pesta tersebut.

Sama halnya dengan konsep beach wedding, pesta kebun juga bisa menjadi alternatif untuk Anda yang ingin menghemat biaya pernikahan. Tanpa memerlukan pelaminan yang besar, Anda bisa membuat seluruh tamu terkesan dengan konsep garden party tersebut. Biaya yang cukup besar mungkin hanya dikeluarkan untuk membeli rangkaian bunga serta dekorasi tambahan lainnya.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: