Doa Bangun Tidur dan Adab-adab Setelah Bangun Tidur

Sebagaimana halnya doa sebelum tidur. Doa bangun tidur juga diajarkan dan dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Maka sebagai seseorang yang mengaku sebagai umatnya. Sudah seharusnya kita mengikuti dan mengamalkan apa-apa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Rasulullah telah memberi contoh yang baik mengenai adab-adab tentang tidur. Termasuk hal-hal yang perlu dilakukan sebelum tidur, doa saat terbangun dari tidur karena mimpi, entah mimpi baik atau mimpi buruk, dan doa setelah bangun tidur.

Adanya anjuran mengenai doa dan adab-adab tentang tidur ini. Menunjukkan betapa pentingnya kita menjaga setiap amalan yang kita lakukan. Juga menunjukkan adanya sebuah rahasia tersendiri dalam tidur.

Rahasia dalam mimpi misalnya. Adakalanya mimpi itu hanya sebagai bunga tidur. Namun juga tidak menutup kemungkinan dalam mimpi itu ada sebuah pesan yang disampaikan kepada kita. Namun yang terpenting, apapun yang terjadi dalam tidur kita. Yang utama adalah mengamalkan apa yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Doa bangun tidur

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

(ALHAMDULILLAAHILLADZII AHYAANAA BA’DAMAA AMAATANAA WA ILAIHINNUSYUUR)

“Segala puji bagi Allah Dzat yang menghidupkan kami setelah kami mati (tidur) dan kepadanyalah kami kembali”

Melihat dari arti doa bangun tidur di atas. Seakan-akan menunjukkan bahwa kita baru saja mati. Memang demikian. Sebagaimana ungkapan Imam Ghozali: “Tidur itu menyerupai mati”. Dan dihidupkan kembali oleh Allah. Yaitu terbangun dari tidur. Karena itulah kita bersyukur dengan memuji Asma Allah.

Adab-adab Bangun Tidur

Di bawah ini adalah adab-adab ketika bangun tidur. Keterangan dan dalil belum lengkap. Insya Allah menyusul. Isi tetap bisa dipertanggung jawabkan. Sumber diambil dari Hadits dan Kitab Salaf.

  • Membaca doa bangun tidur seperti di atas
  • Mengi’tiqadkan dalam hati untuk berbuat kebaikan sampai menjelang tidur lagi. Bermanfaat bagi orang sebanyak-banyaknya. Dan mencegah berbuat buruk atau kerusakan sampai menjelang tidur lagi (Nashoihul Ibad)
  • Mencuci tangan. Karena ada hadits yang menerangkan demikian
  • Bersiwak
  • Bersuci menghilangkan hadats. Berwudhu jika tidak junub. Dan segera melaksanakan mandi wajib jika junub.
  • Bersegera melaksanakan sholat sunnah (Sebelum melaksanakan sholat Subuh)
  • Membaca Doa Al Ma’tsur

Demikian keterangan mengenai doa bangun tidur ini. Semoga bisa istiqomah dalam mengamalkannya. Jangan lupa juga membaca doa sebelum tidur ketika hendak tidur.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: