Doa Sebelum Tidur dan Amalan Menjelang Tidur dari Rasulullah SAW

Selain doa sebelum tidur, ada banyak dzikir, doa atau amalan menjelang tidur yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Semuanya memiliki faedah dan keistimewaan masing-masing. Yang kesemua faedahnya terangkum untuk kebaikan dunia dan akhiran kita.

Tidur adalah salah satu anugerah yang diberikan Allah kepada kita. Ada banyak rahasia dalam tidur, di antaranya adalah mimpi. Dikatakan pula tidur adalah mati kecil (menyerupai mati), dll.

Ada lebih banyak sesuatu yang tidak kita ketahui daripada yang kita ketahui dalam tidur. Oleh karenanya, Nabi mengajarkan tata cara tidur yang baik, dengan pendahuluan amalan, dzikir atau doa menjelang tidur yang diajarkan oleh beliau.

Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur

Dalam kitab Ihya’ Ulumiddin karya Imam Ghozali juga disebutkan. Barangsiapa sebelum tidur membaca istighfar tiga kali, maka dosanya dari bangun tidur sampai menjelang tidur diampuni.

Doa Sebelum Tidur

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

(BISMIKALLAAHUMMA AHYAA WABISMIKA AMUUT)

“Dengan menyebut Namamu Ya Allah Aku Hidup dan dengan menyebut Namamu Aku Mati”

Doa Bangun Tidur

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

(ALHAMDULILLAAHILLADZII AHYAANAA BA’DAMAA AMAATANAA WA ILAIHINNUSYUUR)

“Segala puji bagi Allah Dzat yang menghidupkan kami setelah kami mati (tidur) dan kepadanyalah kami kembali”.

Amalan Menjelang Tidur

doa menjelang tidur

Ada banyak amalan menjelang tidur yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Rasulullah senantiasa membimbing dan mengajarkan adab dan tata krama kepada umatnya tentang segala hal. Termasuk adab dan tata krama sebelum tidur. Berikut adalah di antaranya:

Dzikir Sebelum Tidur

Di antara bacaan dzikir sebelum tidur yang diajarkan Rasulullah adalah 4 amalan yang diwashiyatkan Rasulullah SAW kepada Ummul Mu’minin Sayyidah Aisyah R.a.

Rasulullah saw pernah berkata kepada Aisyah “Janganlah engkau tidur sebelum mengerjakan empat hal: Pertama, menghatamkan al-Qur’an. Kedua, menjadikan para Nabi sebagai pemberi syafaat bagimu. Ketiga, meminta ridha dari semua kaum muslimin. Keempat, melaksanakan haji dan Umrah”.

Kemudian Aisyah menjawab “bagaimana aku bisa melakukan keempat hal tersebut?”

seraya tersenyum Rasulullah saw berkata “Apabila engkau membaca surat al-Ikhlas tiga kali, maka seakan-akan engkau telah menghatamkan al-Qur’an. Dan apabila engkau bershalawat kepadaku dan kepada semua Nabi-Nabi, maka engkau sama dengan menjadikan kami sebagai pemberi syafaatmu. Dan apabila engkau beristighfar untuk kaum muslimin, maka engkau telah menjadikan mereka ridha kepadamu. Dan terakhir apabila engkau membaca tasbih seolah engkau telah melaksanakan haji dan umrah.

Berwudhu

Selain amalan sebelum tidur di atas, sangat dianjurkan untuk berwudhu terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar sesuatu yang terjadi dalam tidur kita benar-benar baik.

Misalnya mimpi, mimpi dari hasil tidur yang tidak diawali dengan wudhu berbeda dengan mimpi yang diawali dengan wudhu. Mimpi yang diawali dari tidur dengan wudhu lebih bersih dari campur tangan syetan dibanding yang tidak berwudhu.

“Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu” (HR. Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710)

Jika ada pertanyaan “Bukankah ketika kita tidur nanti wudhunya batal?”

Iya memang. Karena niat kita wudhu bukan untuk Daimul Wudhu, tapi berwudhu untuk tidur. Seperti halnya kesunnahan berwudhu untuk belajar, dll.

Sholat Sunnah Witir Sebelum Tidur

Dianjurkan juga sebelum tidur untuk melaksanakan sholat witr. Minimal satu rakaat, standar tiga rakaat. Nabi SAW menganjurkan melaksanakan sholat witir ini sebelum tidur.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata:

أَوْصَانِي خَلِيلِي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِصَوْمِ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَبِالْوِتْرِ قَبْلَ النَّوْمِ وَبِصَلَاةِ الضُّحَى فَإِنَّهَا صَلَاةُ الْأَوَّابِينَ

“Kekasihku Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mewasiatkan kepadaku untuk berpuasa tiga hari dari setiap bulan, shalat witir sebelum tidur, dan dari shalat Dhuha, maka sungguh itu adalah shalatnya awwabin (shalatnya orang-orang yang banyak taat kepada Allah).” (HR. Ahmad dan Ibnu Huzaimah. Syaikh al-Albani menshahihkannya dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib).

Sekian dan semoga bermanfaat.

Satu pemikiran pada “Doa Sebelum Tidur dan Amalan Menjelang Tidur dari Rasulullah SAW

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: