Doa Sholat Tahajud yang Shahih dari Rasulullah SAW

SHOLAT TAHAJUD – Doa adalah perisai bagi seorang Muslim. Dengan doa, takdir dapat diubah atas izin Allah. Sedangkan waktu tahajud adalah waktu yang paling mustajab untuk berdoa. Pada waktu itu, gelombang spiritual sedang tinggi-tingginya.

Barangsiapa berdoa di waktu itu Allah akan mengabulkannya. Ada beberapa waktu yang memang Allah khususkan untuk berdoa. Barangsiapa berdoa di waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Beberapa di antaranya Allah buka, dan beberapa lainnya Allah rahasiakan.

Di antara waktu yang Allah buka adalah waktu Tahajud, pada waktu tersebut, Allah akan mengabulkan doa hambanya. Allah ampuni dosa hambanya yang meminta ampun. Di saat yang lain terelap. Dan waktu yang paling mustajab untuk berdoa adalah pada 1/3 malam yang akhir. Berdoa pada waktu ini sangat mustajab.

Doa Sholat Tahajud Arab

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Doa Rasulullah SAW ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim. Doa ini juga dicantumkan oleh Imam Nawawi dalam kitab karyanya Al-Adzkar.

Saat memanjatkan doa di atas awali terlebih dahulu dengan Basmalah, hamdalah dan sholawat Nabi. Dan juga di akhiri dengan sholawat Nabi dan hamdalah. Karena mengawali dan mengakhiri doa dengan hamdalah dan sholawat Nabi adalah termasuk adab berdoa dan menjadi salah satu sebab diterimanya doa.

Doa sholat tahajud

Doa Sholat Tahajud Latin Bahasa Indonesia

Allaahumma Rabbanaa Lakal_Hamdu Anta Qoyyimus_Samaawaati wal ardhi waman fiihinn. Walakal hamdu anta mulkus_Samaawaati wal ardhi waman fiihinn. Walakal hamdu anta nuurus_samaawaati wal ardhi waman fiihinn. Walakal hamdu antal haq, wawa’dukal haq, waliqoo_uka haq, waqouluka haq, wal jannatu haq, wannaaru haq, wannabiyyuuna haq, wa Muhammadun shalallahu alaihi wasallama haq, was_saa’atu haq.

Allaahumma laka aslamtu, wabika aamantu, wa’alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wabika khooshomtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu wamaa akh_khortu, wamaa asrortu, wamaa a’lantu. Antal muqoddimu wa antal muakh_khiru, laailaahaillaa anta. Walaa haula walaa quwwata illaa billaah.

Arti Doa Sholat Tahajud Bahasa Indonesia

Ya Allah Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.”

Semoga doa sholat Tahajud ini bermanfaat. Yang belum terbiasa bangun malam semoga dimudahkan. Yang sudah terbiasa semoga bisa Istiqomah. Yang sudah Istiqomah semoga dimudahkan urusannya. Yang sudah dimudahkan urusannya semoga menjadi hamba yang senantiasa bersyukur. Dan tiada habis mengharap rahmat Allah.

Category:
Dzikir & Doa
Tags:

, ,