Efek Samping Minum Rebusan Daun Sirsak

Efek samping minum rebusan daun sirsak– Sudah lama daun sirsak digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk mengatasi kanker. Daun sirsak memiliki kandungan senyawa acetogenins yang dipercaya dapat melawan pertumbuhan sel kanker. Bahkan banyak para ahli yang berpendapat bahwa senyawa ini kemampuannya bisa mengalahkan obat kemoterapi.

Selain itu rebusan daun sirsak juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti hipertensi, gejala asam urat, kolestrol, dan masih banyak lagi penyakit yang dapat diobati dengan rebusan daun sirsak. Namun sayangnya pengobatan dengan rebusan daun sirsak ini memiliki beberapa resiko dan efek samping.

Efek samping minum rebusan daun sirsak

Efek samping minum rebusan daun sirsak adalah sesuatu yang perlu diperhatikan karena resikonya yang tidak sepele.

Rebusan daun sirsak via yangdilupa.blogspot.co.id/

Dengan mengulas efek samping minum rebusan daun sirsak kita dapat memastikan apakah benar-benar aman penggunaannya sebagai obat alternatif dari berbagai macam penyakit, sebagaimana obat-obatan lain yang juga memiliki efek samping dalam penggunaannya.

Biasanya daun sirsak ini direbus dan dimanfaatkan airnya. Selain khasiatnya yang dapat dimanfaatkan ada baiknya ketahui juga efek samping yang ditimbulkan dari rebusan daun sirsak ini, agar kita sebagai konsumen mengetahui kadar dan takaran penggunaannya dan lebih berhati-hati lagi.

Berikut adalah efek samping minum rebusan daun sirsak:

Efek Samping Rebusan Daun Sirsak Dapat Menyebabkan Dehidrasi

Dehidrasi adalah salah satu efek samping yang paling sering dirasakan oleh seseorang yang minum rebusan daun sirsak. Hal ini disebabkan karena kandungan senyawa daun sirsak yang masuk kedalam tubuh mengeluarkan semua racun melalui keringat dan air seni. Sehingga keseimbangan cairan dalam tubuh mengalami gangguan dan tubuh butuh cairan yang lebih banyak lagi untuk menggantikan cairan yang telah terbuag lewat keringat dan air seni tadi.

Gangguan ini disebabkan karena cairan yang masuk kedalam tubuh dan keluar tidak seimbang, sehingga menyebabkan tubuh kehilangan air secara berlebihan. Jika hal ini terjadi, atasilah dengan banyak minum air putih, jika tidak tubuh bisa menjadi lemah dan pingsan karena kekurang cairan.

Efek Samping Rebusan Daun Sirsak Dapat Menyebabkan Gangguan Asam Lambung

Salah satu fungsi dari lambung adalah sebagai saluran pencernaan dalam tubuh. Pada bagian dalam lambung berperan menghasilkan asam yang berguna untuk membantu pencernaan. Sedangkan kandungan senyawa dari daun sirsak justru akan membuat asam lambung naik sampai ke kerongkongan.

Selain itu, otot yang berbentuk seperti cincin dibagian kerongkongan yang berguna untuk mencegah makanan masuk ke lambung kembali naik. Dan saat asam lambung naik semua makanan justru kembali ke bagian kerongkongan sehingga menyebabkan kondisi asam yang berlebihan. Hal ini ditunjukkan dengan terjadinya gejala asam lambung yang naik.

Jika asam lambung naik maka atasilah segera dengan memperbanyak konnsumsi makanan untuk penderita asam lambung seperti wortel, brokoli, kunyit, kacang hijau, susu kambing, mentimun, pisang, mangga, semangka, air kelapa, lidah buaya, kentang, jahe, apel, dan oatmeal.

Berikut adalah tips-tips untuk menghindari gangguan asam lambung:

  • Olahraga secara rutin dan teratur.
  • Memperbanyak minum air putih.
  • Hindari minum kopi yang terlalu kental.
  • Kurang minum teh dan kopi.
  • Kurangi makanan pedas dan yang mengandung pepsin.
  • Hindari makanan yang mengandung asam tinggi seperti mie instan, ketan, kangkung, sayur nangka, sayur daun singkong, durian, dan makanan yang mengandung kol.
  • Istirahat yang cukup

Efek Samping Rebusan Daun Sirsak Dapat Menyebabkan Sembelit

Biasanya sembelit atau susah BAB itu disebabkan karena tubuh kekurangan makanan yang banyak mengandung serat. Namun bagi seseorang yang melakukan pengobatan alternatif dengan meminum rebusan daun sirsak besar kemungkinan terjadinya sembelit.

Hal ini terjadi karena senyawa yang terkandung dalam daun sirsak banyak mempengaruhi lendir di dalam usus yang menyebabkan usus menjadi terkendala dalam menyerap sari makanan.  Oleh sebab itu sangat disarankan untuk banyak-banyak mengkonsumsi makanan berserat saat terapi dengan air rebusan daun sirsak.

Efek Samping Rebusan Daun Sirsak Dapat Menyebabkan Otot dan Sendi Terganggu

Banyak orang yang merasakan otot dan persendiannya sakit setelah melakukan terapi atau pengobatan alternatif dengan rebusan daun sirsak meski hal ini belum ada penjelasan ilmiyahnya. Gejala seperti ini paling sering terjadi pada orang dewasa dan lanjut usia yang sebelumnya memang sudah memiliki gangguan otot dan nyeri sendi.

Kejadian ini bisa menarik kesimpulan bahwa kandungan senyawa dalam daun sirsak bisa memperparah jenis-jenis penyakit tertentu seperti asam urat, nyeri sendi, dan rematik tulang bagi penderita rematik. Hal ini semakin dipertegas dengan hilangnya gejala dan efek tersebut saat tubuh tidak mengkonsumsi rebusan daun sirsak.

Efek Samping Rebusan Daun Sirsak Dapat Menyebabkan Gangguan Fungsi Ginjal

Banyak orang yang mengatakan fungsi ginjalnya terganggu setelah mereka mengkonsumsi rebusan daun sirsak. Gejala ini akibat dari terganggunya fungsi ginjal yang bekerja terlalu keras karena rebusan daun sirsak yang masuk kedalam tubuh.

Fungsi ginjal adalah menyaring semua cairan yang masuk kedalam tubuh termasuk diantaranya adalah bahan kimia dari obat-obatan dan senyawa dari bahan-bahan lain. Fungsi ginjal menjadi terganggu karena ginjal terus-terusan menyaring  semua zat asing yang terkandung dalam rebusan daun sirsak dalam tubuh.

Efek Samping Rebusan Daun Sirsak Dapat Menyebabkan Gangguan Fungsi Hati

Fungsi hati juga bisa terganggu karena mengkonsumsi air rebusan daun sirsak yang berlebihan. Fungsi hati adalah menyaring dan menangkal semua racun dan zat kimia yang masuk kedalam tubuh.

Fungsi hati menjadi terganggu karena hati bekerja terlalu keras dalam menyaring zat dan senyawa yang terkandung dalam rebusan daun sirsak dan kerjanya pun menjadi kurang maksimal. Hal ini perlu diperhatikan agar fungsi hati tidak terganggu yang bisa menyebabkan terjadinya komplikasi penyakit lain.

Kandungan Daun Sirsak

Kandungan daun sirsak via artikelsiana.com

Rebusan daun sirsak dapat menimbulkan berbagai reaksi dan efek samping karena adanya senyawa atau zat kimia yang terkandung dalam daun sirsak tersebut. Efek samping yang ditimbulkan rebusan daun sirsak berbeda pada setiap orang karena kondisi fisiknya pun berbeda.

Daun sirsak mengandung senyawa tannin dan asam tinggi yang merupakan menjadi salah satu sebab timbulnya efek samping pada terapi ini. Efek samping tersebut merupakan sebuah sinyal bahwa tubuh telah menerima zat asing yang masuk kedalam tubuh dan sebagai pertanda bahwa zat tersebut telah bekerja dan bereaksi di dalam tubuh.

 Cara Mengatasi Efek Samping Minum Rebusan Daun Sirsak

Ilustrasi gambar efek samping minum rebusan daun sirsak via WARUNG OBAT HERBAL - WordPress.com

Ilustrasi gambar efek samping minum rebusan daun sirsak via WARUNG OBAT HERBAL – WordPress.com

Untuk mengatasi efek samping minum rebusan daun sirsak bisa mengkombinasikannya dengan herbal lain, yaitu herbal yang memiliki kandungan bisa mengatasi efek samping yang ditimbulkan oleh kandungan tannin dan asam yang tinggi pada daun sirsak.

Untuk meminimalisir efek samping minum rebusan daun sirsak bisa juga dengan memperkuat ketahanan tubuh sebelum mengkonsumsinya, yaitu dengan cara mengkonsumsinya sesudah makan atau mengkonsumsinya setelah BAB. Selain itu juga perbanyak minum air putih yang lebih banyak dari biasanya. Dengan begitu efek sampingnya dapat diminimalisir dan kandungan rebusan daun sirsak dapat diambil manfaatnya.

Add Comment