farmers insurance progressive insurance car insurance health insurance nationwide insurance erie insurance travelers insurance american family insurance state farm insurance progressive car insurance dental insurance renters insurance insurance aaa insurance auto insurance mercury insurance geico insurance life insurance progressive auto insurance travel insurance car insurance quotes allstate insurance pet insurance homeowners insurance auto insurance quotes insurance quotes usaa insurance progressive insurance login cheap car insurance safeco insurance the general insurance general insurance nationwide pet insurance national general insurance farm bureau insurance infinity insurance usaa car insurance health insurance marketplace liberty mutual insurance foremost insurance insurance companies geico car insurance allianz travel insurance delta dental insurance hartford insurance auto owners insurance amica insurance usaa auto insurance cobra insurance cheap auto insurance

Ragam Ikan Cupang Hias dan Cara Merawatnya

Salah satu jenis ikan yang gampang dipelihara adalah ikan cupang hias. Anda tidak memerlukan lahan atau tempat yang luas untuk memeliharanya. Anda juga bisa memeliharanya di rumah. Bahkan Anda juga bisa mengembangkan hobi cupang hias sebagai bisnis yang menjanjikan.

Ikan cupang adalah salah satu ikan yang hidup di perairan air tawar dan hidup di daerah tropis. Itu sebabnya ikan cupang ini ada di Indonesia. Salah satu ciri ikan cupang adalah suka hidup di air tenang. Itu sebabnya ikan cupang hias ini sangat cocok untuk dipelihara di rumah.

Daya tahan hidup ikan cupang juga terbilang tinggi, sehingga bisa hidup di tempat yang minim oksigen atau akuraium tanpa oksigen tambahan. Anda bisa memelihara ikan cupang di toples kecil dan meletakkannya di meja kerja. Ikan cupang hias tentunya berbeda dengan ikan cupang adu.

Ikan cupang hias biasa dipelihara sebagai hiasan dan disukai karena warna tubuhnya yang cantik dan bentuknya yang unik. Untuk membedakan antara ikan cupang hias dan ikan cupang adu biasanya dilihat dari gerakan mereka. Ikan cupang adu gerakannya lebih gesit ketimbang ikan cupang hias.

Ikan cupang hias juga bisa dilihat dari variasi warna yang lebih cerah ketimbang cupang aduan. Misalnya saja berwarna merah cerah, biru terang, ungu, dan juga paduan warnanya. Selain itu ikan cupang hias juga memiliki ekor dan sirip yang sangat khas dan unik.

Berbeda dengan cupang aduan, gerakan ikan cupang hias ini cenderung lebih lamban. Sepertinya si ikan cupang hias ini suka menunjukkan kecantikannya. Ketika berenang dia akan sangat suka mengibaskan ekor dan siripnya yang indah. Lalu apakah ikan cupang hias ini bisa diadu?

Tetap bisa, akan tetapi sirip dan ekornya bisa rontok dan tentu saja akan mengurangi kecantikannya.

BACA:

Jenis-Jenis Ikan Cupang Hias

1. Ikan Cupang Hias Halfmoon

Ikan Cupang Hias Halfmoon

bahasikan.com

Jenis ikan cupang ini paling banyak diminati atau paling banyak dicari oleh pecinta ikan.  Sirip dan ekornya menyatu berbentuk mirip bulan setengah atau sepotong.Itu sebabnya disebut ikan cupang halfmoon. Pecinta ikan cupang hias, sering mengawinkan ikan dengan warna berbeda sehingga menghasilkan ikan cupang hias dengan kombinasi warna yang cantik. Ikan cupang jenis ini diminati karena memiliki warna yang cantik seperti merah, biru, ungu, hijau yang tentunya jika dikawin silang bisa mendapatkan ikan cupang hias yang lebih menarik lagi.

2. Ikan Cupang Crown Tail

Ikan Cupang Crown Tail

student-betta.blogspot.com

Ini adalah salah satu ikan cupang hias yang sangat cantik. Ciri khasnya terletak pada bagian ekor dan sirip yang menyerupai serit mahkota. Bahkan ada ikan cupang yang memiliki serit ganda, pastinya memiliki sirip dan ekor yang lebih indah lagi. Harganya pun cukup fantastis lho.

Anda bisa mendapatkan ikan cupang ini mulai dari harga hanya Rp5.000-an saja sampai dengan Rp450.000. Tentunya semakin mahal, ikan cupang hias crown tail ini juga memiliki penampilan yang menarik.

3. Ikan Cupang Double Tail

Ikan Cupang Double Trail

cupanghiasgrosir.blogspot.com

Sekilas ikan cupang ini mirip dengan ikan cupang halfmoon. Hanya saja yang membedakan adalah bagian ekornya yang terbelah. Sama dengan ikan cupang halfmoon, ikan jenis ini memiliki warna yang cantik dan beragam. Akan tetapi, masih sangat langka sehingga akan jarang ditemukan di pasaran.  Harga jualnya pun terbilang mahal bisa mencapai Rp500.000.

4. Ikan Cupang Giant

Ikan Cupang Giant

idungbetta.blogspot.com

Sesuai namanya ikan cupang ini berukuran raksasa alias lebih besar ketimbang ikan cupang lainnya. Ikan cupang giant adalah hasil persilangan antara jenis ikan cupang halfmoon, double trail, ataupun ikan cupang tail crown. Tentu saja bentuknya sangat unik dan warnanya pun eksotis.

Kolektor ikan cupang banyak juga yang memburu ikan cupang jenis ini. Ukurannya bisa mencapai 12 cm, atau sekitar 2-3 kali lipat dari ikan cupang biasa. Tak heran jika harga jualnya pun lebih mahal ketimbang ikan cupang biasa.

Cara Merawat Ikan Cupang Hias

Memelihara ikan cupang memang mudah.Pertama, karena bisa dipelihara ditoples kaca atau gelas air mineral bekas. Kedua, ikan cupang hias tergolong ikan yang kuat tanpa tambahan oksigen. Namun demikian Anda tak bisa mengabaikan begitu saja perawatannya. Apalagi jika Anda ingin membuka usaha budidaya ikan cupang. Artinya Anda juga harus memperhatikan perawatannya. Lalu, apa saja yang harus diperhatikan?

Pertama, Anda perlu memperhatikan kondisi air. Perhatikan dengan betul kondisi air, bukan hanya kebersihannya akan tetapi juga kualitasnya. Anda bisa memasang filter air dan mengganti air secara berkala. Ibi bertujuan agar kualitas dan kebersihan air tetap terjaga.

Jika kualitas dan kebersihan air terjaga dengan baik akan berpengaruh pula pada kondisi ikan. Misal geraknya juga tidak terganggu kondisi air yang kotor dan warnanya juga akan terlihat cerah dan eksotis. Selain itu Anda juga bisa ikut serta dalam kompetisi ikan hias yang sering diadakan.

Selain kebersihan dan kualitas air, hal lain yang harus diperhatikan adalah pakan yang diberikan. Ikan cupang sangat suka makan jentik nyamuk, cacing sutera, dan juga kutu air. Anda bisa memberi makan tiga atau empat kali sehari dan jangan terlalu banyak karena akan berpengaruh pada kualitas air dan kesehatan ikan cupang nantinya.

Apa Makanan Ikan Cupang Hias?

Berikut ini adalah jenis makanan ikan cupang yang bisa Anda berikan.

1. Jentik Nyamuk

Jentik nyamuk adalah makanan yang cenderung mudah diberikan untuk ikan cupang. Pertama karena mudah ditemukan di sekitar kita. Asal ada air tergenang maka nyamuk akan suka ria bertelur di sana. Anda pun bisa ‘memproduksi’ jentik nyamuk di rumah. Caranya dengan menyediakan air dalam wadah dan menyimpannya di tempat tertutup. Nyamuk akan dengan senang hati bertelur di sana. Anda pun cukup memamann jentik dan memberikannya ke ikan cupang kesayangan Anda.

2. Cacing Sutera

Sebetulnya tidak sulit mencarinya. Akan tetapi jika Anda tidak suka dengan sesuatu yang kotor, karena mengambilnya haruslah di selokan kotor, maka Anda dapat membelinya di penjual ikan cupang. Harganya pun tak begitu mahal. Cacing sutera ini mengandung protein sehingga bagus untuk pertumbuhan ikan cupang.

3. Cacing Darah

Ada juga yang menyebutnya larva nyamuk. Anda dapat membelinya di penjual ikan dalam keadaan beku. Jadi Anda harus menyimpannya di freezer. Namun ini bukanlah jenis makanan yang disukai dan tidak disarankan untuk diberikan ke ikan cupang setiap hari. Anda bisa memberikannya sebagai makanan selingan setiap dua atau tiga hari sekali.

4. Microworms

Ikan cupang sangat suka makanan jenis ini. Mengembang bikannya pun tak susah. Ada bisa membeli bibit microworms dan menyimpannya di toples. Sebagai makanan Anda cukup memasukkan roti tawar saja. Akan tetapi hal yang perlu diperhatikan adalah suhu udara di sekitarnya minimal 26 derajat. Kurang dari tersebut maka akan menganggu perkembangbiakannya.

Bagaimana, tertarik untuk memelihara ikan cupang hias ini?

Category:
General
Tags: