Keunikan Indonesia yang Tidak Dimiliki Negara Lain

Keunikan indonesia yang Tidak Dimiliki Negara Lain – Selama ini kita mengenal bahwa populasi yang paling banyak tersebar diseluruh dunia adalah bangsa China, hampir disetiap negara ada bangsa China. Bangsa China sangat terkenal dengan naluri bisnis dan dagangnya yang kuat.

Di Indonesia ada juga lho yang sebagian besar masyarakatnya gemar sekali untuk merantau berbisnis, jangakauannya ada yang sampai tingkat nasional, ada juga yang hanya lintas Provinsi, tapi tetap dalam tingkat penyebaran yang besar.

Berikut adalah orang-orang perantauan yang hampir selalu ada di sekitar kita:

1. Orang Minang – Keunikan Indonesia yang Tidak Dimiliki Negara Lain

Orang Minang adalah orang yang paling banyak penyebarannya di nusantara dengan bisnis Rumah makannya, hampir disetiap daerah terdapat rumah makan padang, penyebarannya hampir merata di seluruh tanah air, bahkan telah sampai pula ke mancanegara.

Diantara keunikan dari rumah makan Padang ini adalah cara penyajiannya, yakni dengan cara menumpuk hidangannya pada satu tangan.

Di sana juga tidak ada daftar menu, cara pemesanannya ada yang menggunakan sistem prasmanan,  atau dengan cara menghidangkan lauk seluruhnya ke meja pelanggan.

Keunikan lain dari rumah makan ini adalah, kalau beli nasinya dibungkus pasti porsinya lebih banyak, sampai ada ungkapan, “kalau makannya diwarung kurang, tapi kalau dibungkus kebanyakan”. Ada lagi, kalau di pulau Jawa, pasti ada daun singkong dan gulai nangka dalam setiap menunya.

Dan yang paling membanggakan adalah, Rendang sebagai salah satu menu dari Rumah Makan Padang ini telah menjadi makanan terlezat di dunia .

Selain Padang, kota Palembang juga menjadi salah satu ikon dari pulau Sumatera. Kota Palembang ini terkenal dengan pempek dan songket nya. Songket Palembang ini banyak digemari oleh masyarakat luas karena kualitasnya yang begitu bagus.

2. Orang Tegal – Keunikan Indonesia yang Tidak Dimiliki Negara Lain

Selain orang Minang, orang-orang Tegal juga banyak tersebar di berbagai daerah di Indonesia dengan bisnis warung makannya Warteg. Menu-menu yang disajikan pada umumnya bersifat sederhana dan beraneka ragam. Harganya pun relatif murah dan terjangkau.

Oleh sebab itu Warteg menjadi banyak pilihan bagi orang-orang yang sedang bepergian atau dalam perjalanan jauh, sebab harganya tidak mengagetkan. Dan harga di semua Warteg itu rata-rata hampir sama.

Dan untuk masalah pengelolaan, Warteg ada yang dikola oleh orang Tegal sendiri atau orang dari tempat warteg berada.

3. Orang Madura – Keunikan Indonesia yang Tidak Dimiliki Negara Lain

Orang Madura juga tersebar dimana-mana kaya orang Minang dan Tegal. Bisnisnya yang sangat terkenal ada dua, yaitu Sate Madura dan Potong Rambut Madura. Logat bahasa Maduranya yang khas menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelanggan.

Di antara ciri khas Sate Madura adalah bumbunya yang berupa campuran kacang yang ditumbuk halus menjadi petis. Dan cara membakarnya menggunakan batok kelapa yang sudah dihanguskan terlebih dahulu.

Potong Rambut

Selain Sate Madura, Potong Rambut Madura juga ramai digemari banyak orang. Selain rapi dan up to date, Potong Rambut Madura juga terkenal cepat dalam memangkas rambut.

4. Orang Kudus – Keunikan Indonesia yang Tidak Dimiliki Negara Lain

Orang Kudus juga tersebar dimana-mana dengan Soto Kudusnya, Pak Dahlan Iskan pun tak ketinggalan untuk meramaikannya.Tuh liat di atas.

Soto Kudus ini biasanya disajikan di mangkuk kecil, nasinya pun dicampurkan.Selain itu biasanya terdapat pelengkap berupa perkedel, tempe goreng, dan aneka sate seperti sate ati ampela, sate usus, sate kerang, dan sate telur puyuh.

5. Orang Wonogiri – Keunikan Indonesia yang Tidak Dimiliki Negara Lain

Orang-orang Wonogiri memiliki hasrat merantau yang tinggi, tak heran jika banyak tersebar orang Wonogiri dimana-mana. Yang terkenal dari usaha orang-orang Wonogiri adalah bakso dan jamu.

Orang Wonogiri memang pintar membuat bakso dan jamu. Bakso buatan orang Wonogiri sudah terkenal enaknya. Jadi jika anda penggemar bakso dan bingung mau milih warung bakso yang enak, Bakso Wonogiri bisa menjadi alternatifnya.

Jamu

Jamu juga menjadi salah satu ciri khas Wonogiri, keahliannya dalam membuat jamu banyak membuat orang-orang Wonogiri sukses di perantauan.

Kita patut berterimakasih kepada orang-orang Wonogiri, karena dengan adanya mereka jamu tredisional masih tetap eksis sampai sekarang. Tuh liat, Ibu Ani Yudhoyono juga ikut mengapresiasi kan.

Selain lima orang di atas, masih ada lagi orang-orang yang banyak tersebar di sekitar kita meskipun tingkat penyebarannya tak sebanyak yang di atas.

 

Itulah keunikan Indonesia yang tidak dimiliki negara lain, orang-orang perantauan itu hampir selalu ada di sekitar kita, kita patut mengapresiasi atas kehadirannya.

Add Comment