Keutamaan Bulan Ramadhan

Ramadhan – Bulan Ramadhan adalah bulan yang diberkahi dan penuh rahmat. Keutamaan bulan Ramadhan banyak sekali disebutkan dalam A Qur’an maupun Hadits Nabi.

Oleh sebab itulah banyak sekali orang berlomba-lomba mencari referensi amalan bulan Ramadhan demi mendulang pahala sebanyak-banyaknya.

Pada bulan Ramadhan juga banyak sekali bermunculan kajian-kajian sunnah di berbagai tempat dan daerah. Ceramah singkat atau kultum Ramadhan mulai teragendakan dibeberapa masjid dan beberapa tempat lainnya.

Semua itu tidak lain hanyalah untuk mendulang pahala sebanyak-banyaknya di bulan Ramadhan ini. Yaitu bulan yang penuh berkah, ampunan, rahmat dll. Pada bulan ini juga semua amal kebaikan pahalanya dilipat gandakan.

Bulan Ramadhan Adalah Bulan Diturunkannya Al Qur’an

Bulan diturunkannya Al Quran
ardan7779.web.id

Diantara keutamaan bulan Ramadhan yang istimewa adalah, diturunkannya Al Qur’an pada bulan ini. Al Qur’an adalah kitabullah dan kalamullah, dengan memilih Ramadhan sebagai bulan diturunkannya menunjukkan betapa istimewanya bulan ini.

Maka sangat keliru jika ada orang yang mengatakan diturunkannya Al Qur’an pada bulan Ramadhan ini hanyalah sebuah kebetulan. Sebab, semua yang ada di dunia ini terjadi atas taqdir dan kehendak Allah, tidak ada yang namanya kebetulan.

Allah SWT berfirman:

Adalah bulan Romadlon, bulan dimana diturunkannya (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk (Hidayah) bagi manusia, penjelasan (bayan) mengenai petunjuk tersebut dan merupakan pembeda;furqon (antara yang haq dan yang bathil). Karena itu, barang siapa diantara kamu berada ditempat tinggalnya di bulan itu, maka hendaknya berpuasa”. (Q.S Al Baqarah:185)

Pintu-pintu Surga Dibuka, Pintu-pintu Neraka Ditutup dan Setan-setan Dibelenggu Pada Bulan Ramadhan

Keutamaan bulan ramadhan

Diantara keutamaan bulan Ramadhan yang lain adalah, pada bulan ini pintu-pintu surga akan dibuka lebar-lebar, pintu-pintu neraka ditutup rapat-rapat dan setan-setan dibelenggu.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ

Apabila Ramadhan tiba, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan pun dibelenggu.”

Maksud dari pintu-pintu surga dibuka ini adalah, karena pada bulan Ramadhan Allah memudahkan berbagai amal sholeh dan ketaatan pada hambanya seperti puasa dan sholat malam, pahalanya dilipat gandakan, dll.

Sedangkan maksud pintu-pintu neraka ditutup adalah, dengan dimudahkannya berbagai amal sholeh dan ketaatan, maka secara otomatis juga mempersempit ruang gerak untuk maksiat serta kemudahan untuk menjauhinya.

Hal ini sebagaimana penjelasan dari Ulama’ Salafus Sholih Al Qodhi ‘iyadh:

“Hadits diatas bisa bermakna bahwa, terbukanya pintu-pintu surga, tertutupnya pintu-pintu neraka dan terbelenggunya setan-setan adalah sebagai tanda masuknya bulan Romadlon dan betapa mulianya bulan tersebut.

Juga bisa bermakna bahwa terbukanya pintu surga itu karena Allah telah memudahkan berbagai ketaatan pada bulan Ramadhan ini, ketaatan itu berupa puasa dan sholat malam. Hal ini berbeda dengan bulan-bulain lain selain Ramadhan.

Di bulan Ramadhan, orang-orang akan lebih sibuk untuk melakukan kebaikan daripada bermaksiat. Hal ini jugalah yang menyebabkan seseorang lebih mudah untuk menjauhi maksiat”.

Demikianlah penjelasan dari Al Qadhi ‘Iyadh.

Terdapat 1 Malam yang Keutamaannya Melebihi 1000 Bulan

Terdapat malam lailatul qadar
rumahkitab.com

Keutamaan bulan Ramadhan yang lain adalah terdapat malam yang lebih baik dari 1000 bulan didalamnya. Malam ini hanya terdapat di bulan Ramadhan dan tidak ada selain di bulan Ramadhan.

Malam itu adalah Malam Lailatul Qadar, yaitu malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Keberadaannya pun dirahasiakan, Allah sengaja merahasiakan agar orang-orang konsisten dalam beribadah dan mencarinya.

Sebab jika malam lailatul qadar itu diberitahukan kapan waktunya, orang-orang hanya akan beribadah pada malam itu saja. Sebab itulah, hanya orang-orang yang konsisten dan sungguh-sungguhlah yang akan mendapatkannya.

Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ [1] وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ [2] لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ [3]

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar. Dan tahukah kamu, apakah malam lailatul qadar itu? Lailatul Qadar itu lebih baik daripada seribu bulan.” (QS. Al Qadr: 1-3).

Keutamaan Bulan Ramadhan adalah Memiliki Waktu yang Mustajab Untuk Berdoa

waktu mustajab berdoa

Ada beberapa waktu yang mustajab untuk berdoa. Salah satunya adalah pada bulan Ramadhan. Bisa dibayangkan, bulan yang pada siang harinya semua orang muslim di dunia berpuasa, dan malam harinya digunakan untuk sholat malam, hari-harinya penuh dengan hiasan lantunan Al Qur’an.

Maka, berdoa di bulan ini sangat mustajab. Sebagaimana Sabda Nabi:

إِنَّ لِلّهِ فِى كُلِّ يَوْمٍ عِتْقَاءَ مِنَ النَّارِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ ,وَإِنَّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةً يَدْعُوْ بِهَا فَيَسْتَجِيْبُ لَهُ

Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a, maka pasti dikabulkan.”

I’tikaf di Bulan Ramadhan

Keutamaan bulan Ramadhan

I’tikaf adalah berdiam diri di masjid dengan syarat dan ketentuan yang berlaku semata-mata hanya karena Allah Ta’ala. Mungkin i’tikaf ini adalah suatu ritual ibadah yang paling mudah dalam prakteknya.

Yaitu cukup dengan bersuci (suci dari najis & hadats) kemudian berdiam diri di masjid dan berniat karena Allah. Namun jangan remehkan pahala dari I’tikaf ini.

Dengan i’tikaf dosa-dosa yang telah lewat bisa diampuni oleh Allah. Sebagaimana Sabda Nabi:

من إعتكاف إيمانا واحتسابا غفر له ما تدم من ذنبه

“Barangsiapa ber-i’tikaf karena iman dan semata-mata mencari ridho Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.

Diatas adalah pahala dari i’tikaf di hari-hari biasa. Sedangkan pahala i’tikaf di bulan Ramadhan lebih dahsyat lagi. Nabi Bersabda:

“Barangsiapa ber-i’tikaf 10 hari di bulan Romadlon, maka (pahalanya) seperti halnya beribadah haji & umroh sebanyak dua kali”.

Dalam Hadits yang lain disebutkan:

“Orang yang ber-i’tikaf dapat mencegah perbuatan dosa, dan ia mendapatkan pahala seperti halnya melakukan seluruh kebaikan”.

Itulah beberapa keutamaan bulan Ramadhan yang dapat kami sampaikan. Masih banyak keutamaan bulan Ramadhan yang belum tersampaikan, oleh karenanya, atas segala kekurangan mohon maaf sebesar-besarnya.

Marhaban Yaa Ramadhan

Loading...

Satu pemikiran pada “Keutamaan Bulan Ramadhan

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: