Logo Koperasi Indonesia Lama dan Baru Beserta Penjelasan Artinya

Koperasi – Logo adalah suatu lambang yang memiliki makna mendalam untuk sebuah instansi yang diwakilinya. Logo juga digunakan sebagai identitas sebuah perusahaan, organisasi, daerah atau instansi lain. Dalam sebuah logo terdapat simbol yang mengilustrasikan motto dan tujuan suatu instansi tersebut.

Tak terkecuali logo koperasi Indonesia. Logo koperasi juga memiliki makna yang mendalam yang mewakili visi dan misinya. Dalam perkembangannya, logo koperasi telah mengalami perubahan. Meskipun begitu bukan berarti menghilangkan visi dan misi yang terdapat dalam logo koperasi yang lama.

Untuk lebih jelasnya, lihat perubahan logo koperasi lama dan logo koperasi baru di bawah:

Logo Koperasi Lama

lambang koperasi lama

Di atas adalah gambar logo koperasi lama sebelum adanya perubahan. Pada tahun 2012 lalu, logo koperasi tersebut dirubah oleh Menteri Koperasi Syarif Hasan dari hasil kongres Tasikmalaya 1947. Dengan Permen No. 02/Per/M.KUKM/IV/2012.

Dalam logo koperasi lama itu mengandung banyak elemen dan unsur seperti pohon beringin, kapas, padi, rantai, neraca, bintang, gear dan warna merah putih.

Sedangkan penggantian logo itu bertujuan untuk meningkatkan citra koperasi kepada masyarakat luas. Sedangkan logo yang baru adalah berupa simbol dari bunga teratai dengan warna hijau sebagai warna utamanya.

Namun setelah berlalu selama tiga tahun, dikeluarkan suratSKEP/03/Dekopin-E/I/2015 melalui Munas Dekopin (Dewan Koperasi Indonesia) 2014 yang menyatakan kembali pada logo koperasi lama yang berupa pohon beringin. Dan Dekopin pun membatalkan penggunaan untuk logo koperasi baru yang berupa bunga teratai.

Perubahan logo ini pun menjadi dinamika bagi perkembangan koperasi Indonesia. Karena bukanlah suatu yang mudah untuk mendeskripsipkan sebuah lembaga yang jangkauannya adalah tingkatan nasional.

Di sinilah terjadi kres antara ingin untuk menjadi suatu lembaga yang adaptif terhadap perkembangan zaman dan mempertahankan tradisi lama yang telah terlanjur melekat sejak dulu kala, sehingga seakan tak rela untuk melepasnya begitu saja.

Arti Lambang Koperasi Lama

Seperti yang telah diuatarakan dimuka, logo atau lambang adalah suatu identitas untuk mewakili sebuah lembaga. Dalam setiap lambang atau logo tersebut pasti memiliki makna dan arti untuk tujuan dan visi misi lembaga yang diwakilinya.

Tidak terkecuali untuk lambang koperasi Indonesia, arti lambang koperasi Indonesia memiliki arti yang mendalam untuk tujuan dan kemaslahatan koperasi demi kemajuan bersama. Filosofi Lambang koperasi Indonesia terwakili dalam setiap elemen yang menjadi bagian dalam logo tersebut.

Yaitu terwakli pada pohon beringin, padi, kapas, neraca, rantai, gear, bintang satu serta warna merah putih. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah arti lambang koperasi Indonesia:

1. Bintang Satu Dalam Perisai

Arti lambang bintang tersebut adalah bahwa Pancasila adlah sebagai ideologi koperasi. Dengan diwakili oleh bintang dalam perisai tersebut secara tidak langsung juga mewakili sila yang lain.

2. Pohon Beringin

Pohon beringin adalah pohon yang kuat dan kokoh serta berakar kuat. Hal ini untuk melambang kepribadian diri masyarakat Indonesia yang mau bergerak dan bergabung dengan koperasi. Diharapkan, masyarakat yang mau bergabung dan bergerak di bidang koperasi akan kuat ekonominya, tidak goyah dengan berbagai cobaan yang menghadangnya, dan siap untuk bersaing dengan luar negeri dalam bidang ekonomi.

3. Kapas dan Padi

Kapas dan padi adalah lambang atau simbol untuk sebuah kemakmuran. Dengan bergabung dengan koperasi diharapkan rakyat bisa menjadi lebih makmur dan sejahtera.

4. Rantai

Rantai adalah suatu pengikat yang sangat kokoh. Arti lambang koperasi rantai menunjukkan kokohnya persahabatan, artinya, masyarakat yang mau bergabung dengan koperasi akan saling terhubung sehingga terjalin sebuah ikatan kekeluargaan dan persahabatan yang kuat dan kokoh seperti rantai.

5. Roda Bergerigi

Roda bergerigi adalah melambangkan kerja keras yang dilakukan secara konsisten dan terus menerus. Dengan begitu, masyarakat yang mau bergabung dengan koperasi adalah manusia-manusia yang selalu gigih dan bekerja keras.

6. Neraca

Neraca atau timbangan adalah suatu alat untuk menakar sesuatu dengan tepat. Dengan begitu, arti lambang koperasi timbangan adalah keadilan sosial bagi seluruh masyarakat yang terdaftar dalam keanggotaan koperasi.

7. Tulisan Koperasi Indonesia

Tulisan tersebut adalah sebagai identitas koperasi Indonesia, sekaligus menunjukkan jatidirinya sebagai lembaga besar Indonesia.

8. Warna Merah Putih

Warna merah putih adalah warna bendera Indonesia. Dengan begitu setiap anggota koperasi adalah orang-orang yang cinta tanah air dan memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi.

Logo Koperasi Baru

lambang koperasi baru

Gambar di atas adalah logo koperasi yang baru. Bagaimana menurut Anda? Berbeda jauh dengan yang lama, namun sama-sama memiliki makna yang mewakili lembaganya. Jika yang dulu memiliki banyak unsur yang terkandung di dalamnya. Dalam logo yang baru ini lebih simpel karena hanya mengandung dua unsur saja, yaitu bunga teratai serta bentuk empat sudut.

Meskipun begitu logo koperasi baru ini memiliki filosofi dan prinsip yang dalam. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan arti lambang koperasi baru:

Arti Lambang Koperasi Baru

Lambang koperasi baru juga memiliki arti yang dalam. Logo koperasi baru adalah terdiri dari bunga teratai dan empat sudut pandang serta warna hijau putih sebagai warna dasarnya. Berikut adalah penjelasan arti lambang koperasi baru:

1. Bunga Teratai

Bunga teratai mengandung arti perkembangan, berwawasan, inovatif, kreatif dan produktif untuk koperasi Indonesia. Dengan begitu, koperasi Indonesia diharapkan bisa menjadi lebih maju dan berkembang lagi serta siap menghadapi perkembangan zaman.

2. Bentuk Empat Sudut Pandang

Lambang empat sudut pandang tersebut merupakan simbol empat arah mata angin. Yang mana maksudnya adalah sebagai berikut:

  • Gerakan koperasi Indonesia adalah untuk menyalurkan aspirasi rakyat.
  • Dasar perekonomian yang pro rakyat.
  • Menjunjung tinggi prinsip sosial, demokrasi, mandiri dan adil.
  • Menuju kemenagan dalam persaingan tingkat global.

Itulah logo koperasi Indonesia yang lama dan yang baru beserta arti lambang koperasi yang penuh dengan filosofi dan makna. Semoga artikel ini dapat membantu bagi Anda yang sedang mencari informasi tentang logo koperasi Indonesia.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: