Manfaat Kerupuk Kulit Bagi Kesehatan Tubuh Serta Kegunaannya Sebagai Makanan/ Obat

Manfaat kerupuk kulit – Kerupuk merupakan satu diantara beberapa jenis camilan yang bukan hal asing lagi bagi telinga masyarakat Indonesia. Bahkan sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia tidak akan nikmat makan jikan tanpa ada kerupuk. Oleh sebab itu, pasaran kerupuk pun laris manis di Indonesia. Saat ini banyak sekali produsen kerupuk yang telah sukses dan berhasil dalam bisnisnya menyuplai kebutuhan kerupuk.

Salah satu kerupuk yang menjadi primadona dan favorit bagi masyarakat Indonesia adalah kerupuk kulit. Sesuai namanya, kerupuk kulit tidak sama dengan kerupuk lainnya. Kerupuk ini diolah dari bahan dasar kulit hewan. Umumnya kulit yang digunakan adalah kulit kerbau dan kulit sapi.

Tekstur dari kerupuk kulit sendiri yaitu garing dan renyah, biasanya berbentuk kotak dengan rongga. Pengolahan kerupuk ini umumnya digoreng dan dapat langsung dimakan karena rasanya lezat dan gurih. Selain itu kerupuk ini juga memiliki harga jual yang relative murah, sehingga cocok untuk kantong masyarakat kelas menengah kebawah.

Manfaat Kerupuk Kulit

manfaat kerupuk kulit

caramembuatmu.com

Berbeda dengan kebanyakan kerupuk lainnya. Jika kerupuk yang lain kebanyakan hanya sebagai cemilan dan lauk, kerupuk kulit justru memiliki manfaat yang terkandung didalamnya. Ya, selain rasanya yang enak, kerupuk kulit ini ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah ulasannya

1. Manfaat Kerupuk Kulit untuk Menyembuhkan Maag

Diantara salah satu manfaat dari kerupuk kulit ini adalah bisa menyembuhkan gejala mual-mual dan perih di lambung akibat gangguan maag. Jadi kerupuk kulit ini sangat cocok untuk Anda yang sering mengalami gangguan tersebut. Cobalah untuk mengkonsumsi kerupuk kulit ini sebagai pengobatan rasa sakit dan perih di lambung.

2. Manfaat Kerupuk Kulit untuk Mengobati Rasa Pedas

Rasa pedas memang menjadi favorit bagi beberapa orang. Namun tentunya dengan tingkat dan level yang berbeda-beda. Tak jarang juga orang memesan makanan dengan selera pedas yang berlebihan. Nah, jika hal ini terjadi pada Anda, dengan kerupuk kulit ini dapat mengobati rasa pedas yang Anda rasakan. Karena kerupuk ini mengandung minyak tinggi dari capcaisin pada cabai yang berguna untuk menetralisir rasa pedas.

3. Sebagai camilan dan teman makan

Selain kedua manfaat diatas, tentunya ini yang paling banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Yaitu menjadikan kerupuk kulit ini sebagai cemilan atau lauk untuk makan. Rasanya yang enak dan gurih mampu meningkatkan selera makan, karena beberapa produsen kerupuk kulit juga menambahkan bumbu tertentu sebagai penyedap kerupuk.

4. Manfaat Kerupuk Kulit Sebagai Sumber Protein

Selain sebagai pengobatan sakit maag, mengobati rasa pedas dan sebagai lauk makan. Kerupuk kulit juga sebagai bahan sumber protein  yang tinggi. Asupan gizi berupa protein yang dibutuhkan tubuh dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi kerupuk kulit ini. Yang mana protein sendiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, berikut adalah manfaat dari protein:

  • Mampu meningkatkan massa otot
  • Menjaga pertumbuhan serta regenerasi sel-sel tubuh
  • Membantu meningkatkan pembentukan energi tubuh
  • Menjaga kekebalan dan kesehatan tubuh
5. Baik untuk Pembentukan dan Pertumbuhan Tulang

Manfaat dari kerupuk kulit yang lain adalah mampu membantu pembentukan dan pertumbuhan tulang serta menjaganya agar tetap sehat. Hal ini dikarenakan kerupuk kulit mengandung kalsium dan fosfor yang lumayan tinggi.

Dampak Berlebihan Mengkonsumsi Kerupuk Kulit

Meskipun begitu, bukan berarti kerupuk kulit ini tidak ada kelemahannya. Terlalu banyak dan berlebihan dalam mengkonsumsi kerupuk kulit juga tidak baik untuk kesehatan. Karena pada dasarnya kerupuk kulit mempunyai kandungan lemak yang cukup tinggi dan masih ditambah lagi dengan proses penggorengannya.

Kandungan lemak yang sangat tinggi ini dapat mengakibatkan obesitas serta meningkatkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh. Selain kandungan lemak yang tinggi, kerupuk kulit biasanya juga mengandung MSG yang cukup tinggi. Konsumsi MSG yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

 

Add Comment