Fakta Menarik Manfaat Kulit Jeruk yang Selama Ini Sering Dianggap Sampah

Ensiklopedia – Kandungan kulit jeruk serta kegunaannya untuk kesehatan tubuh yang begitu banyak ternyata belum banyak diketahui oleh orang pada umumnya. Seperti halnya manfaat kulit pisang, kandungan kulit singkong dll. Ya, selama ini yang kita tahu adalah kandungan dan kegunaann dari jeruknya, bukan kandungan dan kegunaan dari kulitnya.

Salah satu kandungan dari kulit jeruk adalah minyak atsiri. Minyak atsiri adalah minyak jenis nabati yang bisa berubah mengental jika ditempatkan pada suhu suatu ruangan. Bau dari minyak ini benar-benar khas, minyak ini juga biasa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan minyak gosok alami untuk berbagai pengobatan dan penyembuhan.

Manfaat Kulit Jeruk

Manfaat Kulit Jeruk
ilustrasi kulit jeruk (shutterstock).

Kulit jeruk juga biasa digunakan sebagai pembuatan bibit minyak wangi. Minyak atsiri yang terkandung dalam kulitnya ini juga berguna untuk menstabilkan sistem syaraf sehingga bagi siapa saja yang menghirupnya akan merasakan ketenangan.

Selain itu, senyawa limonen yang terkandung dalam minyak atsiri ini juga dapat melancarkan peredaran darah, mengatasi rasa sakit pada tenggorokan karena radang atau batuk serta mencegah berkembang biaknya sel kanker dalam tubuh.

Zat lain yang terkandung dalam kulit jeruk adalah lonalol, linalil dan terpinol yang bermanfaat sebagai penenang. Kulit jeruk juga mengandung senyawa yang dapat digunakan sebagai zat anti nyamuk yaitu sitronela. Aroma dari minyak atsiri yang menyengat juga dapat mengusir nyamuk.

Sebagai Campuran Air Mandi

Karena kulit jeruk ini memiliki aroma Wangi natural, jadi sangat baik digunakan untuk campuran air mandi. Cukup campurkan kulit jeruk yang masih segar ke dalam air hangat yang akan digunakan untuk mandi. Kulit jeruk ini akan bermanfaat untuk membuat tubuhmu Wangi natural, otomatis juga akan menghilangkan bau badan tak sedap.

Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut memang seringkali mengganggu kenyamanan kita dalam berinteraksi. Selain tidak nyaman, bau mulut juga menyebabkan kurang PD-nya kita dalam memulai aktifitas, apalagi aktifitas yang berkaitan dengan orang lain, hal ini benar-benar sangat mengganggu kenyamanan.

Salah satu manfaat dari kandungan kulit jeruk adalah dapat mengatasi bau mulut yang menyengat. Cukup kunyah sepotong/sedikit saja kulit jeruk beberapa saat. Bau mulut itu akan segera mereda.

Mengatasi Alergi

Kulit jeruk juga berguna untuk mengatasi alergi. Bagi orang tertentu, memakan makanan laut seperti udang, ikan, kerang dsb dapat memicu terjadinya alergi berupa gatal-gatal pada kulit mereka. Untuk mengatasinya, rebuslah kulit jeruk lalu minum airnya. Air rebusan dari kulit jeruk ini berguna untuk mengatasi alergi.

Mengobati Sakit Perut dan Mengatasi Muntah

Selain mengatasi alergi, rebusan dari kulit jeruk juga dapat berguna untuk mengobati perut kembung dan mengatasi muntah-muntah. Jika Anda adalah orang yang memiliki masalah dengan mabuk perjalanan, cobalah untuk melakukan cara ini. Sebelum berangkat melakukan perjalanan, cobalah untuk merebus potong-potongan kulit jeruk kemudian minumlah airnya. Rasakanlah perbedaannya dengan perjalanan Anda yang dulu-dulu.

Mengatasi Sesak Nafas dan Radang Tenggorokan

Manfaat dan kegunaan dari kulit jeruk yang lain adalah dapat mengatasi sesak nafas dan gangguan radang tenggorokan. Ambil lah kulit jeruk lalu potong-potong, masukkan kedalam gelas dan tambahkan gula, kemudian tuangkan air mendidih/panas. Diamkan kurang lebih selama 10 menit dalam keadaan tertutup. Setelah selesai minumlah airnya. Air dari seduhan kulit jeruk ini berguna untuk mengobati sesak nafas dan radang tenggorokan.

Mengobati Radang Pankreas

Manfaat dari kulit jeruk selanjutnya adalah berguna untuk mengobati radang pankreas. Tidak banyak orang yang tahu akan hal ini. Caranya adalah dengan merebus kira-kira sebanyak 30 gr kulit jeruk yang masih segar dicampur dengan akar manis sebanyak 10 gr. Setelah selesai minumlah air rebusannya. Air rebus campuran kulit jeruk dan akar manis ini berguna untuk mengobati radang pankreas.

Mengobati Bronkitis

Kulit jeruk juga bermanfaat untuk mengobati penyakit bronkitis. Bronkitis adalah penyakit radang kronis pada saluran paru-paru atau pernafasan. Penyakit ini dapat diobati dengan seduhan kulit jeruk seperti diatas. Seduhlah kira-kira 5 – 10 gr kulit jeruk dalam gelas. Setelah itu diamkan lah beberapa saat dan minum airnya. Untuk hasil yang maksimal lakukan lah secara rutin.

Mengobati Batuk

Mengobati batuk dengan cara tradisional biasanya adalah dengan menggunakan perasan jeruk nipis dicampur dengan kecap. Selain itu juga bisa menggunakan rebusan kulit jeruk kering. Caranya adalah dengan merebus kira-kira 5 gram kulit jeruk yang sudah dikeringkan dengan dua gelas air. Rebuslah antara 10 – 15 menit, setelah itu tambahkanlah gula merah atau jahe yang sudah dikupas. Minumlah rebusan ini untuk mengobati batuk secara teratur.

Mengobati Sembelit

Manfaat dan kegunaan kulit jeruk juga dapat mengobati sembelit atau susah BAB. Caranya adalah dengan merebus 6 – 12 gram kulit jeruk segar kurang lebih selama 10 – 15 menit. Setelah selesai minumlah air rebusannya. Untuk hasil yang lebih maksimal bisa melakukannya secara rutin sehari dua kali masing-masing minum satu gelas.

Itulah beberapa kandungan kulit jeruk serta kegunaannya yang sangat bermanfaat untuk pengobatan ataupun yang lainnya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: