farmers insurance progressive insurance car insurance health insurance nationwide insurance erie insurance travelers insurance american family insurance state farm insurance progressive car insurance dental insurance renters insurance insurance aaa insurance auto insurance mercury insurance geico insurance life insurance progressive auto insurance travel insurance car insurance quotes allstate insurance pet insurance homeowners insurance auto insurance quotes insurance quotes usaa insurance progressive insurance login cheap car insurance safeco insurance the general insurance general insurance nationwide pet insurance national general insurance farm bureau insurance infinity insurance usaa car insurance health insurance marketplace liberty mutual insurance foremost insurance insurance companies geico car insurance allianz travel insurance delta dental insurance hartford insurance auto owners insurance amica insurance usaa auto insurance cobra insurance cheap auto insurance

Mengenal Seni Grafis: Pengertian dan Ragam Jenisnya

KARYA SENI Seni grafis mungkin tidak sepopular cabang seni lainnya seperti seni kriya, seni musik, seni lukis, seni tari, dan seni lainnya. Namun cabang seni ini mulai banyak diminati dan banyak yang tertarik untuk mengembangkannya. Apalagi di Indonesia, cabang seni ini mulai dilirik generasi muda. Semakin kreatif hasil dari seni grafis yang dibuat oleh anak-anak muda Indonesia.

Hal ini tentu membuat cabang ini juga semakin menjanjikan secara ekonomi. Jika Anda ingin mulai menggeluti cabang seni yang satu ini, maka Anda perlu mulai untuk mempelajari beragam informasi terkait dengan pengertian seni grafis yang ada dan berkembang pesat di Indonesia.

Pengertian Seni Grafis

pengertian seni grafis

www.makintahu.com

Cabang seni yang satu ini adalah karya seni rupa dua dimensi yang cara pembuatannya harus melalui sebuah proses yang disebut dengan proses teknik cetak. Istilah grafis sendiri terbentuk dari bahasa asing yaitu bahasa Inggris dari kata “graphic” atau “graph” yang berarti dapat berarti tulisan, gambar, atau lukisan dengan cara di toreh atau di gores.

Grafis juga dapat diartikan sebagai gambaran yang nyata, meskipun begitu seni ini membutuhkan medium. Sedangkan untuk mediumnya bisa terbuat dari apa saja seperti kanvas, papan, dan sebagainya. Seni ini merupakan kategori seni rupa dua dimensi.

Sejarah Seni Grafis Masuk ke Indonesia

Pada awalnya seni ini lebih popular dan mengalami banyak kemajuan di negara China. Hal ini karena cabang seni yang satu ini ikut terlibat dalam unsur keagamaan dan digunakan untuk menggandakan tulisan-tulisan keagamaan. Tulisan tersebut diukir pada sebuah bidang papan yang berbahan kayu serta di cetak diatas kertas.

Di Indonesia seni grafis adalah media alternatif bagi seniman yang telah mengerjakan bidang lain seperti melukis ataupun mematung. Seni grafis di Indonesia muncul sekitar tahun 1950-an, tokohnya bernama Suromo dan Abdul Salam di Yogyakarta yang membuat karya dengan teknik cukil kayu (woodcut) dan kebanyakan karya nya adalah poster perjuangan. Tokoh lainnya yaitu Marasutan dari Jakarta dan Mochtar Apin dari Bandung.

Ragam Jenis Seni Grafis

Seni yang satu ini tidak terbatas hanya pada satu ragam saja. Ada beragam karya seni yang bisa masuk ke dalam kategori seni grafis, yaitu sebagai berikut :

  1. Cetak Tinggi

seni grafis cetak tinggi

Metrobali.com

Cetak tinggi merupakan salah satu ragam karya seni yang proses pembuatannya melalui tahapan pembuatan cetakan terlebih dahulu. Cetakan yang digunakan ini terbuat dari bahan yang dicukil sehingga permukaannya menjadi tinggi dan rendah atau relief.

Tak cukup hanya satu alat, ada berbagai alat yang digunakan dalam proses cetak tinggi antara lain adalah kayu lapis triplek, metal, harboard, papan kayu, dan karet atau linoleum. Untuk teknik cetak tinggi yang paling populer atau terkenal adalah seni cukil kayu atau yang lebih dikenal dengan nama teknik woodcut.

Awal mula teknik ini dikenal oleh masyarakat luas kurang lebih pada abad ke-14 M oleh orang Koptia di Mesir. Salah satu tokoh yang berpengaruh dalam penemuan teknik ini yaitu bernama Johanes Gutenberg (1400-1468) berkebangsaan Jerman.

Sedangkan pada orang-orang Eropa menggunakan teknik ini guna membuat hiasan yang dipasang pada kain tenun. Seni grafis cetak tinggi juga digunakan pada media cetak lain seperti huruf dan buku.

Tidak semua seniman sepakat untuk dapat menguasai teknik cetak ini. Biasanya seorang seniman akan lebih cenderung menguasai salah satu teknik cetak. Untuk teknik cetak yang satu ini, beberapa seniman yang dikenal ahli antara lain adalah H. Holbein, Albrecht Durer, L. Granach, HB. Grien (Jerman), Kastuhista Hukosai, Ando Hirosige (Jepang), Edi Sunaryo, Kaboel Suadi, dan Andang Supriadi (Indonesia).

  1. Cetak Saring

seni grafis cetak saring

Aktual.Com

Cetak saring atau yang lebih sering disebut dengan screen printing adalah salah satu ragam karya grafis yang proses pembuatannya harus melalui tahapan pembuatan cetakan dari bahan secreen atau kain yang dilapisi bahan peka cahaya. Cetak saring juga memiliki istilah yang lebih membumi disebut dengan sablon. Masyarakat indonesia akan lebih popular dengan istilah tersebut.

Untuk proses cetak saring, alat yang biasa digunakan adalah cetakan yang terbuat dari bahan kasa atau screen dengan karakteristik tertentu seperti elastis, lentur, dan halus. Selain berfungsi untuk sablon, cetak saring juga digunakan untuk membuat poster, spanduk, kaos, dan berbagai hal lainnya.

Beberapa tokoh seniman yang sudah terkenal menggunakan teknik cetak saring dalam membuat karya seni adalah Chuck Close, Joseft Albert, Ralston Crawford, Robert Indiana, Julia Opie, Bridge Riley, Edward Ruscha, dan Andy Warhol.

  1. Cetak Dalam

seni grafis cetak dalam

notesmultimedia.blogspot.com

Cetak dalam memiliki istilah lain yaitu intaglio print adalah ragam seni grafis yang dibuat dengan cetakan yang bahan pembuatnya adalah plat alumunium. Plat ini kemudian ditoreh dengan alat tajam sehingga membentuk goresan dengan kedalaman tertentu.

Beberapa nama seniman yang menggunakan teknik cetak datar ini untuk menghasilkan karya seni mereka adalah Pierre Bonnard, M.C Escher, George Bellows, Joan Miro, Honore Daumier, Ellsworth Kelly, Willem de Kooning, Edvard Munch, Pablo Picasso, Emil Nolde, Odilon Redon, dan Stow Wengenroth.

  1. Cetak Foto (Fotografi)

seni grafis cetak foto

Fotografi atau cetak foto ini pasti sudah tidak asing di telinga Anda. Cetak foto menjadi salah satu ragam dalam cabang seni ini yang proses pembuatannya melalui pemrotetan dengan menggunakan alat bernama kamera, kemudian dilakukan pencucian film, dan pencetakan gambar foto.

Alat-alat yang perlu dipersiapkan untuk proses teknik ini antara lain adalah kertas dan tinta dengan menggunakan alat kamera digital, komputer, dan printer.

  1. Engraving

desain grafis engrafing

Harrania.com

Dalam proses teknik engraving, seorang seniman yang ingin melakukannya harus mempunyai keterampilan karena teknik ini menggunakan alat khusus yang diberi nama burin. Burin merupakan alat yang digunakan untuk mengukir logam dengan tekstur yang keras.

Proses dalam membuat karya seni ini pertama-tama seluruh permukaan cat logam diberi tinta, setelah itu tinta dibersihkan hingga yang tersisa hanya tinta yang berada pada garis yang sudah direncanakan untuk diukir. Kemudian plat logam tersebut diletakkan pada alat pres bertekanan tinggi di atas lembaran kertas. Pada langkah terakhir, cukup mengambil tinta dari garis engraving dan akan menghasilkan sebuah karya cetak.

  1. Drypoint

seni grafis drypoint

youtube.com

Drypoint adalah variasi lain dari teknik cetak engraving yang telah dibahas sebelumnya. Teknik ini juga biasa disebut sebagai goresan langsung dengan menggunakan alat yang runcing. Goresan ini akan menghasilkan kesan kasar pada tepian garis.

Yang perlu digarisbawahi adalah drypoint ini hanya bisa digunakan untuk jumlah cetakan yang kecil, sekitar sepuluh sampai dua puluh karya saja, lebih dari itu kemungkinan tidak akan berhasil

  1. Etsa (Etching)

Etsa adalah teknik cetak seni yang dalam pembuatannya memerlukan sebuah media berupa lempeng tembaga. Untuk dapat menghasilkan sebuah acuan cetak atau klise seniman harus melakukannya dengan cara menggunakan larutan asam nitrat (HNO3) yang bersifat korosit terhadap logam tembaga yang digunakan.

  1. Mezzotint

Mezzotint adalah teknik cetak dalam yang prosesnya juga menggunakan plat logam. Langkah pertama Anda perlu terlebih dahulu membuat kasar permukaannya secara merata. Alat yang digunakan dalam teknik ini disebut dengan rocker. Sketsa atau rancangan gambar dibuat dengan mengerok halus permukaan logam dengan menerapkan efek gelap terang.

Category:
Art
Tags:

,