Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli + Tujuan dan Manfaatnya

Pengertian Organisasi – Sering dijumpai banyak organisasi namun bagi Anda yang mau masuk organisasi sebelumnya harus mengetahui seluk beluk organisasi tersebut agar sesuai dengan bakat dan minat.

Usahakan untuk memilih organisasi yang akan memberikan perubahan yang lebih baik pada Anda. Sebelum dibahas lebih lanjut, apakah pengertian organisasi itu?

A. Pengertian Organisasi Secara Singkat

pengertian organisasi singkat

Organisasi adalah suatu tempat bertemunya sekelompok orang dalam rangka untuk membentuk adanya kerja sama yang baik sesama anggota. Kerja sama yang dibuat secara sistematis dan terencana dengan baik sehingga apa yang menjadi tujuan organisasi dapat secara berbarengan untuk diwujudkan. (BACA: Contoh Struktur Organisasi Perusahaan dan Tugasnya Masing-masing)

B. Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

pengertian organisasi menurut para ahli

Ada baiknya kita melihat pengertian organisasi berdasarkan pendapat para ahli sehingga pemahaman Anda terhadap organisasi bisa lebih menambah wawasan.

1. Pengertian Organisasi Menurut Drs. H. Malayu S,P, Hasibuan

Berdasarkan Drs. H. Malayu S,P, Hasibuan, pengertian organisasi yaitu adanya suatu perubahan untuk bisa menentukan adanya perkembangan di dalam kelompok organisasi. Sehingga dengan model kerja yang baik dan sistematis dalam rangka untuk meraih apa yang menjadi tujuan sebuah organisasi.

2. Pengertian Organisasi Menurut Prof. Dr. Sondang P. Siagian

Berdasarkan Prof. Dr. Sondang P. Siagian pengertian organisasi ialah adanya kerja sama diantara beberapa orang di mana anggota di dalam perkumpulan tersebut mempunyai tujuan yang hendak diraih.

Di mana organisasi tersebut memiliki struktur sistem instruksi antara seorang atasan dengan orang yang ada di bawahnya di mana aturan-aturan untuk mengaturnya pun di buat secara tertulis sehingga satu sama lain saling mengetahui hak dan kewajibannya.

3. Pengertian Oraganisasi Menurut Max Weber

Berdasarkan Max Weber pengertian organisasi yaitu suatu kerangka dari hubungan yang sudah terstruktur yang di dalamnya memiliki wewenang, dan tanggung jawab serta adanya pembagian kerja untuk menjalankan suatu fungsi yang telah ditentukan.

4. Pengertian Organisasi Menurut James D. Mooney

Berdasarkan James D. Mooney pengertian organisasi yaitu bentuk dari perserikatan yang dilakukan manusia dalam mewujudkan tujuan dari bersama.

5. Pengertian Organisasi Menurut Chester I. Bernard

Berdasarkan Chester I. Bernard pengertian organisasi yaitu suatu sistem dari aktivitas kerja bersama-sama yang dilakukan setidaknya oleh dua orang ataupun lebih.

6. Pengertian Organisasi Menurut Stoner

Berdasarkan Stoner pengertian organisasi yaitu sebuah pola hubungan-hubungan melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan untuk mencapai tujuan bersama.

Itulah di antaranya arti organisasi menurut pendapat para ahli. Di mana dari semua pendapat para ahli tersebut bisa dikatakan apapun bentuknya, suatu organisasi sama-sama berusaha mewujudkan tujuan yang hendak diraih.

Sehingga pada akhirnya yang menjadi tujuan organisasi bisa berjalan dengan baik dan terkendali untuk bisa meraih tujuan strategisnya.

C. Tujuan Organisasi

Tujuan organisasi

Adapun tujuan organisasi umumnya terbagi menjadi tiga bagian, yaitu:

1. Tujuan Jangka Pendek

Tujuan jangka pendek bisa dilihat dari pencapaian yang hendak diraih organisasi dalam waktu yang cepat dan singkat umumnya tujuan tersebut harus dapat diraih dalam waktu di bawah satu tahun.

Tantangan bagi suatu organisasi apabila bisa berhasil dalam waktu yang singkat efeknya akan terlihat  pada tujuan organisasi berikutnya. Kondisi ini akan menjadi patokan organisasi dalam rangka untuk mewujudkan tujuan organisasi di priode berikutnya.

2. Tujuan Jangka Menengah

Ini menjadi lanjutan tujuan yang hendak diraih suatu organisasi untuk dapat secara berbarengan meraih tujuannya. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan berkisar antara rentang waktu tiga tahun sampai dengan lima tahun.

Sehingga dalam priode ini semua anggota harus sama-sama melaksanakan organisasi dengan sebaik-baiknya. Ini akan menjadi patokan organisasi untuk meraih tujuan jangka panjang.

3. Tujuan Jangka Panjang

Jangka panjang adalah menjadi tujuan akhir dari sebuah organisasi karena organisasi sudah semakin mapan untuk bisa menentukan arah tujuannya. Baik tujuan jangka pendek dan jangka menengah menjadi modal suatu organisasi untuk dapat mewujudkan tujuan jangka panjang.

Tujuan jangka panjang yang hendak diraih suatu organisasi  bukanlah waktu yang pendek. Namun organisasi akan diuji dengan berbagai kendala maupun kondisi anggotanya. Meraih tujuan tersebut antara jangka waktu 3 tahun sampai dengan 5 tahun membuat organisasi harus lebih membenahi diri.

Waktu yang panjang bisa menjadi suatu tolak ukur perkembangan organisasi di masa yang akan datang. Apabila pada priode ini suatu organisasi sudah mapan maka akan lebih mudah berkembang di tingkat nasional.

D. Manfaat Organisasi

Manfaat Organisasi
Manfaat Organisasi

Organisasi banyak memberikan manfaat bagi para anggotanya karena itu sebagai generasi muda sebaiknya mengikuti organisasi yang sesuai dengan minat dan bakat Anda.

Habiskan masa muda untuk lebih banyak menambah wawasan dan keilmuan. Jangan sampai masa muda hanya habis untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Di antara manfaat organisasi adalah:

1. Mencapai Tujuan Bersama

Dengan berkumpulnya banyak orang di dalam organisasi akan lebih banyak sumbangsih pemikiran yang bisa diberikan setiap anggota. Banyak ide yang membangun sehingga pada akhirnya akan lebih mudah dalam rangka menggapai dari tujuan organisasi itu sendiri.

2. Menambah Ilmu dan Wawasan

Ini menjadi bagian yang terpenting dari organisasi agar setiap anggota secara berbarengan bisa saling berbagi untuk memberikan keilmuannya pada anggota yang lain. Dengan bersama-sama saling menimba ilmu akan membuat wawasan semakin berkembang.

3. Melatih Jiwa Kepemimpinan

Banyak pemimpin yang hari ini sering kita lihat bisa tampil dengan baik dan mampu memimpin dalam jumlah anggota yang besar adalah hasil didikan dari organisasi.

Seorang pemimpin tidak akan lahir secara instant bahkan kehadiran seorang pemimpin adalah hasil gemblengan banyak organisasi hingga pada akhirnya lambat laun jiwa kepemimpinan seseorang bisa semakin terasah dengan baik.

Apalagi jika menjadi pemimpin sebuah negara maka akan lebih banyak lagi tanggung jawab yang ada di pundaknya. Memberikan keamanan, kedamaian, dan juga kesejahteraan pada seluruh warga negara.

Semua itu bukanlah perkara yang mudah sehingga dibutuhkan pemimpin yang benar-benar teruji kemampuannya.

4. Menambah Pergaulan

Dengan berkumpul dengan banyak orang yang berbeda-beda baik dari segi keilmuan, usia, pendidikan, dan lain-lain akan membuat hidup semakin berwarna.

Kehadiran banyak orang tersebut akan membuat pergaulan pun semakin luas hingga pada akhirnya bisa membuka peluang-peluang lainnya. Pergaulan pun akan membawa pengaruh yang besar pada kehidupan Anda dengan bertambahnya teman dan kolega. Dan juga dapat memberikan pengaruh yang luar biasa pada diri Anda.

5. Melatih Mental dan Membentuk Karakter

Di dalam organisasi mental seseorang benar-benar diuji sehingga tidak ada istilah anak manja atau anak mama karena semakin baiknya didikan di dalam organisasi akan membuat mental pun menjadi lebih teruji.

Dari sinilah karakter seseorang bisa jadi akan mengalami perubahan menjadi lebih baik dan lebih mandiri. Dalam organisasi biasanya setiap anggota ditanamkan agar mampu bertanggung jawab tidak hanya untuk dirinya tetapi juga untuk orang banyak.

Nah, dengan mengetahui pengertian organisasi maka diharapkan akan membuat Anda lebih tertarik untuk terjun ke dalamnya. Bersama-sama saling bahu membahu bekerja sama agar dapat mewujudkan tujuan bersama.

Alangkah baiknya bila organisasi tersebut bisa juga memberikan manfaat yang sebesar-besarnya terhadap kemajuan bangsa dan negara.

Loading...

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: