Persiapan Pernikahan: Tips Sukses Menyelenggarakan Pernikahan

PERNIKAHAN – Anda sedang mempersiapkan pernikahan? Sejauh mana persiapan yang Anda lakukan? Karena pernikahan adalah momen berharga yang terjadi sekali seumur hidup, sudah sepantasnya jika Anda mempersiapkan acara tersebut dengan maksimal. Dengan persiapan pernikahan yang matang, diharapkan acara tersebut bisa berjalan dengan lancar pada keseluruhan prosesinya.

Perlu Anda tahu bahwa mempersiapkan acara pernikahan bukanlah hal yang mudah. Ada begitu banyak aspek penting yang perlu diperhatikan seperti pemilihan konsep, penentuan jumlah undangan, pemilihan lokasi dan lain sebagainya. Apabila Anda sedang merencanakan pernikahan, simak tips jitu berikut ini yang sayang untuk dilewatkan.

9 Persiapan Pernikahan yang Layak Untuk Kamu Tahu

Sebelum membahas mengenai tips merencanakan pernikahan, perlu Anda ingat bahwa persiapan tidak hanya melulu pada biaya. Meskipun biaya mempengaruhi pemilihan konsep, persewaan, dan lain sebagainya, bukan berarti Anda menjadikan biaya sebagai tumpuan utama. Di bawah ini tips mempersiapkan pernikahan yang layak Anda coba:

1. Diskusikan dengan keluarga

diskusi pernikahan dengan keluarga
pernikahan.asia

Mengingat pernikahan merupakan acara yang menyangkut keluarga besar, ada baiknya untuk melakukan diskusi dengan keluarga. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam mengambil keputusan yang tepat setelah mendengar pertimbangan dari pihak keluarga. Jangan ragu untuk berkata jujur perihal anggaran yang Anda miliki, karena bisa jadi ada anggota keluarga yang justru bersedia memberikan bantuan.

Ada begitu banyak hal yang bisa Anda dapatkan ketika berdiskusi dengan keluarga. Selain mendapatkan masukan yang bagus, Anda juga bisa mempersiapkan pernikahan secara lebih matang karena keluarga tentunya lebih berpengalaman.

Meskipun demikian, bukan berarti Anda harus menuruti semua keinginan dan masukan dari keluarga. Ada prinsip-prinsip tertentu yang harus Anda pegang meskipun tidak sesuai dengan keinginan keluarga. Terkadang hal semacam ini menimbulkan gangguan kecil, namun seharusnya Anda bisa mengatasi dengan berbicara secara baik-baik.

2. Menentukan rincian biaya pernikahan

rincian biaya pernikahan

Setelah berdiskusi dengan keluarga, buatlah rincian daftar anggaran yang akan dikeluarkan. Pastikan daftar pengeluaran tersebut sesuai dengan anggaran yang telah ditentukan sebelumnya. Selalu ingat bahwa perlengkapan yang berkualitas tidak harus mahal. Jika jeli, Anda bisa mendapatkan kebutuhan pernikahan yang berkualitas dengan harga terjangkau.

Sebagai tips tambahan, ada baiknya jika Anda meluangkan sedikit waktu untuk membandingkan berbagai kebutuhan pernikahan di berbagai tempat. Apabila membutuhkan persewaan, cari informasi detail mengenai harga serta paket yang tersedia. Dengan mengumpulkan informasi tersebut, Anda bisa mendapatkan paket harga yang lebih murah.

3. Memilih lokasi pernikahan

lokasi pernikahan

Memilih lokasi pernikahan harus disesuaikan dengan jumlah tamu yang Anda undang. Oleh karena itu, tahap yang satu ini harus dilakukan setelah Anda selesai membuat daftar tamu undangan. Banyak calon mempelai yang melakukan kesalahan dengan membooking lokasi sebelum memastikan jumlah tamu undangan. Hal ini berdampak pada ketidaksesuaian lokasi dengan jumlah tamu.

Apabila Anda memilih lokasi yang terlalu besar namun jumlah tamu relatif sedikit, maka hal ini menjadi sesuatu yang sia-sia terutama mengenai biaya yang terlanjur Anda keluarkan. Sebaliknya jika Anda terlanjur memilih lokasi yang sempit namun jumlah tamu undangan melebihi kapasitas, hal semacam ini bisa menimbulkan ketidaknyamanan bagi Anda dan para tamu.

Jika Anda mempunyai rumah dengan halaman yang cukup luas, menyelenggarakan pernikahan di rumah adalah ide yang bagus. Dengan demikian, Anda bisa mengalokasikan anggaran sewa gedung untuk keperluan lainnya seperti sewa dekorasi atau rias pengantin. Anda juga bisa mengusung konsep pesta kebun untuk menghemat lebih banyak biaya.

4. Hitung konsumsi

catering pernikahan

Setelah mendapatkan rincian tamu undangan, hal yang tak kalah penting adalah menghitung konsumsi yang akan Anda pesan. Selalu ingat untuk melebihkan jumlah konsumsi agar tidak terjadi kekurangan ketika acara berlangsung. Meskipun mempunyai dana yang tergolong pas-pasan, Anda tidak boleh menyepelekan masalah konsumsi karena bisa berdampak buruk pada penilaian orang.

5. Memilih gaun pengantin

gaun pengantin

Salah satu hal yang sering menjadi dilema bagi calon mempelai adalah ketika harus menentukan antara membuat atau menyewa gaun pengantin. Banyak yang memilih untuk membuat gaun pengantin dengan alasan bisa menyesuaikan dengan desain yang diinginkan. Selain itu, memiliki gaun pengantin sendiri juga bisa menjadi kenang-kenangan untuk Anda simpan seumur hidup.

Di sisi lain, membuat gaun pengantin memerlukan dana yang cukup besar. Apalagi jika Anda mempunyai budget terbatas, pilihan ini dirasa kurang tepat karena bisa menghabiskan dana yang banyak. Namun jika Anda tetap ingin memiliki gaun pengantin sendiri, pilih bahan yang berkualitas namun tetap terjangkau. Dengan demikian, Anda bisa menghemat pengeluaran.

Apabila Anda memutuskan untuk menyewa gaun pengantin, pastikan Anda memilih persewaan yang bagus. Cari informasi sebanyak-banyaknya melalui rekan atau kerabat yang pernah menggunakan jasa persewaan tersebut. Lakukan pemilihan gaun pengantin beberapa bulan sebelum hari H agar Anda mempunyai cukup waktu apabila gaun yang tersedia membutuhkan sedikit penyesuaian.

6. Buat checklist

check list persiapan nikah
baleomah.wordpress.com

Penting bagi Anda yang tengah melakukan persiapan pernikahan untuk membuat checklist. Checklist tersebut berfungsi untuk memastikan bahwa tidak ada detail yang terlewat. Sangat mungkin jika Anda melewatkan beberapa detail karena ada begitu banyak hal yang harus Anda pikirkan. Oleh karena itu, checklist sangat bermanfaat agar tidak ada detail yang terlewat.

Buatlah checklist pada awal-awal persiapan pernikahan. Jika membuat checklist ketika Anda berada di tengah-tengah proses persiapan, besar kemungkinan Anda akan melupakan suatu detail yang mungkin penting untuk kelancaran acara pernikahan. Periksa checklist secara rutin. Jika perlu, Anda bisa membuat catatan-catatan kecil mengenai beberapa kekurangan.

7. Lakukan perawatan diri

perawatan diri pra nikah

Mempersiapkan pernikahan adalah hal yang melelahkan. Oleh karena itu, jangan paksakan diri Anda untuk terus menerus bergelut dalam persiapan tersebut. Luangkan sedikit waktu karena tubuh Anda mempunyai hak untuk mendapatkan istirahat. Pilih satu hari untuk memanjakan diri agar Anda bisa tampil optimal dengan stamina yang baik ketika prosesi pernikahan berlangsung.

Sebaiknya pilih waktu mendekati hari H agar perawatan tersebut terasa lebih optimal. Anda bisa mengunjungi klinik spa atau refleksi untuk mengembalikan energi tubuh yang terkuras. Anda juga bisa menjadwalkan kunjungan ke klinik kecantikan agar wajah Anda terlihat segar dan terbebas dari jerawat. Cara ini sangat dianjurkan agar Anda terlihat lebih cantik saat hari H.

8. Hindari stress

mempersiapkan diri sebelum nikah

Hal yang satu ini mungkin cukup sulit untuk dilakukan. Siapapun yang sedang mempersiapkan pernikahan sangat mungkin mengalami stress. Bagaimana tidak? Ketika hari H semakin dekat dan persiapan belum juga selesai, siapa saja bisa jadi stress dibuatnya. Tapi tunggu dulu. Memaksakan diri untuk tetap memikirkan seluruh persiapan seorang diri bukanlah hal yang bijak.

Apabila Anda mulai merasa kewalahan untuk mempersiapkan pernikahan seorang diri, minta bantuan saudara atau sahabat Anda. Dengan senang hati mereka akan memberikan bantuan. Anda juga tidak boleh lupa bahwa persiapan pernikahan merupakan tanggung jawab Anda dan pasangan. Oleh karena itu, selalu libatkan pasangan Anda agar energi dan pikiran tidak terkuras untuk mempersiapkan pernikahan.

9. Mempelajari ilmu yang berkaitan dengan pernikahan

Yang terakhir ini adalah hal terpenting dalam persiapan pernikahan. Selain hal-hal yang kasat mata sebagaimana di atas, kita juga perlu mempersiapkan hal-hal yang tak kasat mata. Yaitu mempelajari ilmu yang berkaitan dengan seluk beluk pernikahan dan membangun rumah tangga. Sebab hal inilah yang berperan utama dalam membina keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah.

Ada banyak referensi untuk belajar tentang ilmu pernikahan. Kamu bisa mempelajarinya melalui buku, seminar, atau menonton video ceramah dari para Ustadz. Ustadz yang yang sering membahas tentang ilmu pernikahan ini adalah Ustadz Salim A. Fillah. Berikut adalah salah satu kajiannya:

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: