Lakukan 10 Hal Ini Untuk Desain Rumah Minimalis Sederhana Anda

RUMAH MINIMALIS – Rumah memiliki fungsi utama yaitu untuk melindungi kita dari segala cuaca, baik panas maupun hujan. Selain itu, rumah juga memiliki desain yang beragam. Mulai dari rumah minimalis sederhana hingga jenis rumah mewah kini telah banyak desain yang dapat jadi referensi bagi Anda yang ingin mendekorasi hunian.

Nah, buat Anda yang memiliki hunian mungil nan sederhana jangan pesimis dulu. Justru ini akan meminimalkan budget yang perlu dikeluarkan. Terlebih hunian satu lantai. Kali ini ada tips desain rumah minimalis sederhana yang dapat jadi inspirasi Anda yang ingin mempercantik hunian.

Interior Rumah Minimalis Sederhana

Dalam mengatur rumah sederhana dengan ruangan minimalis, kunci utamanya adalah mengatur denah interior ruangan dan perabotan yang ada di dalam rumah tersebut. Tata letak dan penempatan barang-barang perlu diposisikan dengan sesuai, warna cat rumah dan hiasan dinding juga perlu menjadi perhatian.

  1. Warna Cerah untuk Interior

warna cat rumah cerah
rumahterupdate.com

Jangan takut bermain warna. Terlebih warna-warna cerah. Bereksperimen dengan pilihan warna cerah bukan hal yang salah. Namun, pengaplikasiannya harus tepat dan tidak berlebihan. Aplikasikan warna cerah pada ruangan agar dapat menghadirkan kesan luas pada ruangan.

Warna-warna cerah seperti putih, kuning, oranye, biru langit, hijau dapat digunakan sebagai dominasi warna cat dinding Anda. Gunakan pula palet warna yang pada interior rumah yang minimalis.

  1. Pilih wallpaper dengan patern yang sederhana

wallpaper rdinding rumah sederhana
trenggalekwallpaper.blogspot.com

Jika Anda memilih wallpaper sebagai penghias dinding rumah, maka pilihlah wallpaper yang memiliki patern yang simple dan tidak terlalu ramai. Wallpaper dengan patern yang ramai dapat memberi kesan murah dan sangat kontras dengan konsep kesederhanaan yang diharapkan.

Pilihlah wallpaper dengan motif yang simpel dengan warna-warna netral untuk membuat rumah Anda tetap sederhana, tampak lebih luas dan manis.

  1. Hindari Tabrak Motif

wallpaper dinding rumah sederhana

Kalau wallpaper di ruang tamu Anda bermotif polkadot, maka jangan meletakkan bantal warna-warni dengan motif yang heboh seperti tribal atau garis-garis. Sebab, akan memberi kesan ‘nabrak’, sehingga ruangan terkesan norak. Jika Anda pecinta motif-motif monokrom, usahakan untuk menyelaraskan motif.

Bukannya menggunaksn ketiganya dalam satu ruangan. Dengan padu-padan yang tepat itulah, ruangan Anda yang mulanya biasa saja terkesan mewah dan modern.

  1. Pilih perabotan yang sesuai

penataan perabotan rumah minimalis

Jangan sampai kalap saat Anda berbelanja perabotan rumah jika rumah anda mungil. Karena bila Anda terlalu banyak membeli perabotan, hanya akan memberi kesan sempit pada ruangan. Beli barang-barang yang sekiranya dibutuhkan dan memiliki peranan penting untuk kehidupan rumah tangga.

Jika hanya ingin memberi fungsi dekoratif seperti rak buku unik, maka beli ukuran yang sedang hingga kecil agar tak memakan banyak tempat.Cermin juga dapat dipilih karena memberikan kesan luas pada ruangan. Pasanglah cermin besar secara vertikal di ruang tamu sehingga ruangan yang tadinya sempit terkesan lebih luas.

  1. Pencahayaan yang tepat

pencahayaan rumah yang baik

Jendela-jendela dapat dijadikan alternatif untuk menghemat biaya listrik harian. Sebab cahaya yang masuk dari luar jendela sudah cukup terang sehingga meminimalisasi penggunaan lampu di siang hari. Jendela besar dan pemilihan lampu yang tepat sangat berperan penting dalam desain rumah minimalis sederhana.

Tujuannya untuk memberi kesan luas, segar, dan terbuka. Maka pilih jendela dengan bingkai simple yang berukuran agak besar dan lampu sebagai kombinasi sempurna untuk memberi kesan luas pada ruangan Anda.

  1. Pintu Kaca

pintu kaca rumah minimalis

Selain jendela besar, Anda juga bisa pilih pintu dengan material kaca untuk memberi kesan luas. Penggunaan pintu kaca sering diterapkan pada desain-desain rumah minimalis modern. Sehingga penggunaan pintu kaca ini dapat memberi kesan mewah dan modern pada hunian sederhana milik Anda.

Aplikasikan pintu kaca pada ruangan yang berbatasan langsung dengan area hijau maupun area bermain anak. Ketika Anda ingin menenangkan diri maka area hijau dapat menjadi alternatif pelepas penat, dan bagi Anda yang ingin memantau aktivitas anak di area bermain.

  1. Dapur minimalis

Desain Dapur Minimalis
rooang.com

Jika Anda gemar memasak, maka keberadaan dapur menjadi hal yang vital. Selain itu dapur yang baik akan memberi mood yang baik pula. Sehingga makanan yang tersaji terasa lezat. Namun, yang perlu diingat adalah jangan memajang seluruh peralatan makan pada dinding kitchen set Anda.

Manfaatkan lemari-lemari kecil sebagai tempat penyimpanan perabotan masak Anda. Jika rumahmu cukup luas, pilihlah sebuah meja makan yang diletakkan berdampingan dengan dapur minimalis. Namun jika rumah Anda benar-benar kecil, maka pilihlah meja makan yang menyatu dengan area dapur. Ingat perhatikan pula kebersihan dapur Anda juga ya!

  1. Pembagian ruang yang baik

desain ruang tamu minimalis ukuran 3x3
interior-minimalish.blogspot.com

Manfaatkan seluruh ruangan yang ada di rumahmu. Jangan sia-siakan sama sekali, ya! Usahakan setiap ruangan dalam rumah memiliki fungsi yang jelas.

  1. Pilih lantai keramik tanpa corak

lantai keramik polos

Jika Anda tipikal orang yang senang bersih-bersih, maka Anda sering beranggapan bahwa keramik putih polos itu mudah terlihat kotor. Namun tanpa sadar, hal itu justru dapat menjadi ‘alarm’ untuk bersih-bersih, lho. Jika Anda menggunakan keramik corak, Anda akan merasa bahwa lantai masih bersi padahal tidak.

Pemilihan keramik polos juga memberi kesan netral pada ruangan. Sehingga bagaimanapun corak wallpaper maupun warna cat dinding pada suatu ruangan, lantai berkeramik polos tak memberi kesan berat pada ruangan Anda.

  1. Pajangan dinding

Hiasan ruang tamu minimalis

Pilihlah lukisan, foto keluarga ataupun quotes yang bisa Anda pajang pada dinding rumah. Mulai tentukan fokus utama pada suatu ruangan pada satu objek saja, sehingga pandangan tamu yang datang ke rumah Anda tersita oleh obyek tersebut. Dengan begitu fokus mereka teralihkan, bukan lagi fokus kepada kesederhanaan rumah.

Misalnya, pajang salah satu foto keluarga Anda atau pilih sebuah lukisan terbaik versi Anda, kemudian pajang pada dinding ruang tamu. Ingat, foto atau lukisan tersebut adalah bintang utama dalam ruangan tersebut, maka jangan pasang aksesoris dinding lain di sekitar obyek tersebut. Semoga mengispirasi desain rumah minimalis sederhana Anda ya!

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: