farmers insurance progressive insurance car insurance health insurance nationwide insurance erie insurance travelers insurance american family insurance state farm insurance progressive car insurance dental insurance renters insurance insurance aaa insurance auto insurance mercury insurance geico insurance life insurance progressive auto insurance travel insurance car insurance quotes allstate insurance pet insurance homeowners insurance auto insurance quotes insurance quotes usaa insurance progressive insurance login cheap car insurance safeco insurance the general insurance general insurance nationwide pet insurance national general insurance farm bureau insurance infinity insurance usaa car insurance health insurance marketplace liberty mutual insurance foremost insurance insurance companies geico car insurance allianz travel insurance delta dental insurance hartford insurance auto owners insurance amica insurance usaa auto insurance cobra insurance cheap auto insurance

Sejarah Koperasi Indonesia yang Perlu Untuk Kamu Ketahui

Sejarah Koperasi Indonesia – Koperasi adalah salah satu tonggak perekonomian Indonesia. Ada banyak jenis koperasi yang dikenal, mulai dari koperasi siswa, koperasi pegawai, koperasi karyawan, sampai koperasi unit desa (KUD). Namun sudahkah mengetahui sejarah koperasi Indonesia? Kapan pertama kali koperasi itu berdiri di Indonesia dan bagaimana perkembangannya?

Pengetahuan sejarah koperasi ini penting diketahui agar ketika menjadi anggota koperasi bukan hanya mendapatkan keuntungannya saja. Akan tetapi, juga mengetahui latar belakang sejarah berdirinya koperasi di Indonesia.

Selain itu agar ketika menjadi anggota koperasi semakin paham dan bisa sepenuhnya menjadi anggota. Artinya tidak mengundurkan diri sebagai anggota, kecuali karena sesuatu hal misalnya saja pindah ke luar kota atau berpindah pekerjaan.

Awal Berdirinya Koperasi di Indonesia

Mohammad Hatta, memang dikenal sebagai Bapak Koperasi. Namun, bukan Bung Hatta yang pertama mendirikan koperasi di Indonesia. Koperasi di Indonesia awal mulanya ada pada abad ke-20. Ide awalnya berasal dari R. Aria Wiraatmadja, pada tahun 1896 mendirikan bank yang diperuntukkan bagi para pegawai negeri.

Semangat untuk mendirikan koperasi Aria Wiraatmadja tersebut kemudian diteruskan oleh De Wolf Van Westerrode dengan mendirikan “Hulp-en Spaarkbank di Purwokerto, Jawa Tengah. Kemudian diubah menjadi Poerwokertosche Hulp. Ketika  itu para petanilah yang menjadi anggotanya.

Kemudian pada tahun 1908, Dr. Soetomo mendirikan Budi Oetomo di sinilah awal mula gerakan koperasi untuk memperbaiki dan mensejahterakan kehidupan rakyat.

Berdirinya Serikat Dagang Islam pada 1927 juga merupakan tonggak berdirinya koperasi di Indonesia. Karena tujuan awal berdirinya SDI adalah untuk memperjuangkan kedudukan ekonomi para pengusaha pribumi. Semangat koperasi juga disebarkan melalui Partai Nasional Indonesia yang didirikan pada 1929.

Pada masa kependudukan Jepang, ada koperasi yang didirikan oleh Jepang yang dikenal dengan Koperasi Kumuyai. Pada 12 Juli 1947, diselenggarakanlah Kongkres Koperasi Pertama di Indonesia yang kemudian diperingati sebagai hari koperasi sampai sekarang.

Kongres  tersebut diadakan di Tasikmalaya, Jawa Barat. Dalam kongres tersebut disepakat beberapa hal, antara lain berdirinya sentral organisasi Koperasi Rakyat Indonesia (SOKRI), koperasi berasaskan gotong royong.

Mohammad Hatta Sebagai Bapak Koperasi Indonesia

Kongres kedua digelar di Bandung, Jawa Barat pada 1953. Pada kongres tersebutlah Mohammad Hatta ditunjuk sebagai Bapak Koperasi Indonesia karena kiprah dan semangatnya menyebarkan virus berkoperasi. Hatta juga sering mengisi berbagai seminar juga menulis berbagai buku tentang koperasi dan berbagai artikel ilmiah tentang ekonomi dan koperasi di Indonesia juga ditulisnya ketika itu.  

Pada kongres kedua, juga disepakati pembentukkan Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN) sebagai pengganti SOKRI.  Kongres kedua tersebut juga menyepakati untuk menyusun undang-undang koperasi yang baru dan memasukkan koperasi ke kurikulum pendidikan di sekolah.

Koperasi di Indonesia memang bener-benar ditujukan untuk menggitakan perekonomian rakyat. Melalui kongres kedua itulah penyebaran virus pendidikan koperasi semakin diperluas cakupannya. Dari situ juga dimulai untuk pemberian kredit kepada pelaku usaha dan industri, baik mereka yang bergerak di bidang pertanian maupun industri barang dan jasa namun mereka terkendala masalah modal.

Koperasi di Indonesia Dari Masa Ke Masa

Pastinya ada perjalanan panjang yang ditempuh oleh koperasi di Indonesia. Ada perubahan kebijakan dan peraturan yang dialami. Misal pada masa ekonomi terpimpin, peraturan dan pengembangan koperasi adalah alat untuk melaksanakan ekonomo terpimpin berdasarkan sosialisme ala Indonesia. Kehidupan perekonimian Indonesia digunakan untuk mencapai taraf hidup yang layak dalam masyarakat yang adil makmur dan demokratis.

Pemerintah punya peran untuk aktif dalam gerakan komerasi dengan menumbuhkan, mendiring, membimbing, melindungi, dan mengawasi perkembangan gerakan koperasi. Pada masa tersebut koperasi bertujuan untuk membedung arus kapitalisme dan liberalisme. Pada masa ini belum diterapkan asas kekeluargaan.

Kemudian aturan perundangan koperasi berubah pada masa order baru. Kendati sempat ada perubahan, namu pada masa order baru disepakati bahwa perekonomian Indonesia disusun sebagai usaha bersama berdasarkan azas kekeluargaan dan koperasi adalah salah satu dari tongak perekonomian di Indonesia.

Pemerintah, ketika itu punya peran untuk membina perkoperasian di Indonesia dengan prinsip yang digagas oleh KI Hajar Dewantara, yaitu Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karso, dan Tut Wuri Handayani.

Koperasi Indonesia juga satu-satunya sarana untuk menyusun perekonomian rakyat berasaskan kekeluargaan dan kegotongroyongan. Prinsip lain yang dianut adalah perekonomian kekeluargaan dan gotong royong tersebut juga tanpa memandang status golongan, aliran, dan kepercayaan yang dianut seseorang.

Aturan tentang koperasi tertuang dalam undang-undang no 12 tahun 1967 pasal 3. Dalam undang-undang tersebut dijelaskan bahwa koperasi adalah organisasi ekonomi kerakyatan yang berwatak sosial, dan beranggotakan sekelompok orang atau badan hukum dan berasaskan kekeluargaan. Mereka bekerja untuk kepentingan ekonomi individu dan masyarat. Artinya tidak hanya mengejar laba atau keuntungan kelompok atau koperasi.

Koperasi di Masa Reformasi

Tak dipungkiri reformasi adalah masa yang tak bisa dihilangkan dari sejarah Indonesia. Ada banyak perubahan terutama di bidang ekonomi dan politik pada masa tersebut. Lalu, bagaimana dengan koperasi yang merupakan bagian dari perekonomian Indonesia? Kendati perekonomian Indonesia carut marut ketika itu, namun pada masa tersebut koperasi merupakan lembaga yang otonomo.

Hanya saja perlu ditata pada jenis bisnis yang dijalankan. Misalnya jasa keuangann atau penyediaan kebutuhan sehari-hari. Penataan koperasi danlebih diarahkan ke jasa keuangan digenjot oleh pemerintah daerah. Tujuannya agar lebih seimbang dan kebutuhan daerah tersebut terpenuhi.

Koperasi juga berfungsi untuk memainkan peran pengawasan dan perbaikan manajemen. Misalnya saja mengintegrasikan sistem asuransi berskala nasional. Koperasi juga menjadi bagian dari lembaga keuangan yang kompetitif dan membentuk karakter mereka sendiri.

Hanya saja sekarang ini ada banyak muncul koperasi yang justru merugikan anggotanya. Itu sebabnya perlu kehati-hatin dan mengetahui latar belakang koperasi tersebut berdiri. Termasuk juga trackrecord mereka dalam mengelola koperasi.

Unit usaha simpan pinjam menjadi andalan koperasi pada masa ini. Tujuannya tidak jauh berbeda dengan sebelumnya yaitu untuk memperkuat perekonomian masyarakat ekonomi bawah dan memperdayakan kemampuan masyarakat dalam menggerakkan perekonomian.

Penataan koperasi ini menjadi penting bagi usaha ekonomi mikro agar perkonimian rakyat terus berjalan. Keberadaan koperasi pun membantu untuk menangkal pengaruh maasuknya barang-barang import, dengan mengkampanyekan produk lokal untuk digunakan masyarakat Indonesia.

Bagaimana Cara Menjadi Anggota Koperasi?

Jika Anda karyawan atau pegawai pemerintah pastilah ada koperasi di lingkungan kantor. Biasanya setiap karyawan akan ditawari untuk menjadi anggota koperasi. Selain memberikan pinjaman, mereka juga akan menyediakan layanan seperti cicilan tiket pesawat atau usaha lainnya yang mempermudah Anda.

Tidak rugi sepertinya jika ikut terlibat, karena setiap jangka waktu tertentu koperasi akan membagikan sisa hasil usaha. Sebagai Anggota tentu Anda akan mendapatkan bagian SHU tersebut. Koperasi karyawan juga biasanya akan memberikan fasilitas simpan pinjam. Cicilannya akan dibayarkan melalui potong gaji setiap bulan.

Category:
General
Tags: